#WisataFilipina-Freediving di Pulau Palawan, Cocok untuk Freediver Pemula.

Spot-spot Freediving dan hal-hal menarik di Pulau Palawan

SoHip, ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan ketika traveling ke Filipina. Selain menikmati kuliner, mengenal sejarah dan budaya, dan berpetualang di alam, kita juga bisa mencoba watersports-nya, salah satunya adalah freediving. Negara Filipina ini dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya. 

Makanya, kalau aku traveling ke negara yang dijuluki sebagai 'Pearl of The Orient Seas' ini, tempat pertama yang akan dikunjungi adalah Pulau Palawan. Salah satu provinsi di Filipina ini menawarkan aktivitas freediving yang cocok untuk para freediver pemula. Selain itu,  ada banyak hal menarik lainnya yang bisa aku lihat dan lakukan di sini.

Advertisement

1. Kota terbersih dan terhijau

Kota Puerto Princesa

Kota Puerto Princesa via http://www.tikigo.com

Palawan dijuluki sebagai “kota di tengah hutan.” Ibukotanya adalah Puerto Princesa yang diakui secara internasional atas keunggulannya dalam hal peduli lingkungan. Makanya kota ini masuk ke dalam kota terbersih dan terhijau di Asia Tenggara, juga dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terbersih di Asia Tenggara juga.

Yang menjadi daya tarik di Pulau Palawan adalah wisata pulau ke pulaunya, atau Island Hopping. Kita bisa menaiki perahu boats menuju pulau-pulau di sekitarnya untuk melakukan watersports, seperti ke pulau-pulau yang ada di El Nido, Napsan, Marufinas, dan di ibukotanya sendiri, Puerto Princesa.

Advertisement

2. El Nido, surga tropis terbaik

Nah, kalau aku lebih memilih ke El Nido untuk mencoba freediving. El Nido menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Pulau Palawan. El Nido adalah salah satu municipality atau kotamadya yang ada di Palawan yang menjadi surga tropis terbaik. Bahkan disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Filipina. Kenapa? 

Karena, El Nido ini terdiri dari 45 pulau yang memiliki lebih dari 50 pantai. Municipality ini menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Di setiap sudut pulaunya telah mengembangkan biotop atau ekosistem alam yang mempunyai karakter khususnya sendiri.

Penasaran kan, bagaimana kita dapat melihat warna-warni terumbu karang dan bertemu dengan  berbagai macam spesies ikan seperti ikan pari manta, dan hiu paus? Juga, menemukan gunung laut yang terendam dan bahkan terowongan dan gua bawah laut.

Advertisement

3. Instruktur freediving berpengalaman

Freediving di El Nido

Freediving di El Nido via http://www.boldtravel.com

Makanya kenapa tadi aku bilang bahwa El Nido sangat cocok untuk freediver pemula. Karena, kita akan ditemani oleh instruktur yang berpengalaman saat melakukan freediving. Beberapa instruktur ini juga memiliki perahu sendiri.

Jadi, nantinya kita akan lebih leluasa untuk melakukan freediving seharian. Instrukturnya juga akan menunjukkan spot-spot mana yang sangat menarik dan aman untuk freediver pemula seperti kita. Dan, yang terpenting adalah mereka akan menjaga keselamatan setiap para freediver yang sedang mereka dampingi.

4. Spot-spot foto cantik

Spot foto freediving

Spot foto freediving via http://www.instagram.com

Namanya juga surga tropis terbaik, jadi El Nido pastinya menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah dan sempurna. SoHip yang suka fotografi bisa betah berlama-lama di sini untuk mengabadikan keindahan alam bawah lautnya. Pengalaman kita freediving juga dapat dibagikan ke berbagai  medias yang kita punya dengan background terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik.

Nah, waktu terbaik untuk mengunjungi El Nido adalah pada bulan Januari. Pada bulan ini air lautnya tampak jernih dan ombaknya cukup tenang. Udaranya tidak terlalu panas dan cenderung sejuk. Begitu juga dengan cuacanya yang mulai membaik dengan penurunan intensitas hujan dan badai.

5. Pantai-pantai yang eksotis

Sunset di Pulau Palawan

Sunset di Pulau Palawan via http://www.instagram.com

Pantai-pantai di El Nido ini cukup eksotis. Pasir pantainya putih bersih dan air lautnya berwarna hijau kebiruan. Keuntungan lain adalah beberapa pantai di El Nido ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa pantai yang terkenal di El Nido seperti Pantai Nacpan, Pantai Duli, dan Pantai Balay dapat dijadikan tempat untuk rileksasi dan menikmati sunset setelah melakukan freediving. Kita juga bisa mencicipi makanan ringan khas Filipina di tepi pantai, seperti Pancit Palabok, Banana Que, Vigan Empanada,  dan Muffin Calamansi yang lebih nikmat kalau ditemani dengan kopi hangat atau es campur Halo-halo yang menyegarkan.

SoHip, yuk mengenpersiapkan untuk traveling dan liburan ke  Pulau Palawan. Mencoba freediving dan melihat hal-hal seru lainnya. 

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina.

Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang backpacker yang ingin keliling Indonesia by motorbiking

CLOSE