#WisataFilipina-Jalan-Jalan ke Palawan, Surga Tersembunyi di Filipina dengan Segudang Eksotika Alam

Mimpi jalan-jalan ke Palawan

Dari sekian banyak negara Asia yang masuk dalam daftar rekomendasi, Filipina menjadi salah satu destinasi liburan wajib dalam bucket list. Palawan, salah satu provinsi di negara Filipina menjadi top most wanted place yang sudah jauh-jauh hari ditargetkan untuk kukunjungi di Negeri Lumbung Padi tersebut.

Sayangnya, Covid-19 harus menghentikan langkah sejenak. Tapi keadaan seperti sekarang tidak mampu mematikan mimpi untuk tetap datang ke provinsi yang beribukotakan Puerto Princesa.

Memangnya ada apa aja sih di Palawan? Bagi kamu yang masih asing dengan Palawan, berikut 5 penjelasannya kenapa Palawan bisa masuk dalam bucket list-ku.

Advertisement

1. Surga wisata alam

Gambar oleh  bizarreaudio

Gambar oleh bizarreaudio via https://pixabay.com

Bagi sebagian orang, nama Palawan mungkin masih terdengar asing. Padahal, Palawan menyimpan segudang surga wisata alam yang sangat indah.

Enggak perlu jauh-jauh ke Afrika karena Palawan juga memiliki Calauit Game Preserve and Wildlife Sanctuary of Palawan yang merupakan tempat konservasi habitat satwa liar yang enggak kalah menarik dari Madikwe Game Reserve di Afrika Selatan.

Advertisement

Enggak cuma taman konservasi satwa liar, Palawan juga menyimpan keindahan alam bawah laut. Coron Reefs yang ada di Coron Bay, Busuanga, bisa menjadi tujuan selanjutnya saat berkunjung ke Palawan.

Ber-snorkeling di Coron Reefs bisa jadi pengalaman enggak terlupakan karena kita akan disajikan bentangan luas kecantikan terumbu karang dan fauna yang indah. Wah, pasti seru banget bisa snorkeling di spot yang kece seperti Coron Reefs.

2. Terdapat situs warisan UNESCO

Advertisement
Photo by Jake Irish on Unsplash

Photo by Jake Irish on Unsplash via https://unsplash.com

Sedikit info, Palawan memiliki dua situs warisan yang ditetapkan oleh UNESCO di antaranya Puerto-Princesa Subterranean River National Park dan Tubbataha Reef Natural Park. Puerto-Princesa Subterranean River National Park merupakan sungai bawah tanah yang diapit oleh gua-gua eksotis yang dilengkapi oleh batuan-batuan karst atau kapur yang indah serta keindahan alam serta ekosistem yang masih terjaga kemurniannya, ditambah pula satwa-satwa liar. Enggak heran jika Puerto-Princesa Subterranean River National Park dinobatkan sebagai sungai bawah tanah paling mengesankan di dunia versi UNESCO.

Berbeda dengan Puerto-Princesa Subterranean River National Park, Tubbataha Reef Natural Park melindungi sejumlah jenis terumbu karang dengan kualitas sangat baik di dunia. Kurang lebih ada sekitar 360 spesies karang dari 90% semua jenis karang yang ada di Filipina berlokasi di Tubbataha Reef Natural Park.

Ini sih seperti menyelam minum air. Sekalian jalan-jalan liburan, edukasi dan wawasan pengetahuan juga dapat!

3. Kepulauan Calamian yang wajib dikunjungi

Photo by Alana Harris on Unsplash

Photo by Alana Harris on Unsplash via https://unsplash.com

Kepulauan Calamian terdiri atas sejumlah pulau-pulau kecil nan cantik di antaranya pulau Coron, pulau Busuanga, pulau Culion, pulau Calauit, pulau Malcapuya, pulau Banana, pulau Pass, pulau Calumbuyan, dan pulau-pulau kecil lainnya.

Sejumlah pulau dari kepulauan Calamian memiliki ciri khas masing-masing, seperti pulau Busuanga yang dikenal sebagai pulau terbesar di antara pulau-pulau lain, pulau Coron dengan perairan pedalaman terbersih di Filipina bahkan terdapat danau paling cantik, pulau Calauit sebagai tempat tinggal sejumlah spesies satwa yang hampir punah.

Wah, enggak bakal rugi dengan mengunjungi Palawan. Dijamin seru! Karena mata akan dipuaskan oleh keindahan alam, flora dan fauna yang menakjubkan hanya dengan mendatangi satu tempat aja.

4. Lokasi wisata mudah dijangkau

Photo by Aiza Ramos on Unsplash

Photo by Aiza Ramos on Unsplash via https://unsplash.com

Akses menuju provinsi Palawan kian hari kian mudah. Selain bisa mengakses Bandar Udara Internasional Puerto Princesa, para traveler juga bisa mengakses tiga pelabuhan di Palawan untuk menuju ke sejumlah spot wisata. Di antaranya ada Pelabuhan San Fernando yang dibangun di El Nido, Pelabuhan Bataraza di Bataraza, dan Pelabuhan Borac di Coron.

Pengoperasian ketiga pelabuhan ini dimaksudkan agar para pengunjung lokal maupun internasional merasa nyaman melakukan perjalanan melalui laut. Sudah spot wisatanya seru-seru, akses transportasinya pun turut mendukung. Begitu Covid-19 berlalu, siap-siap nih untuk langsung tancap gas ke Palawan!

5. Informasi wisata di Provinsi Palawan mudah diakses

Photo by Victor on Unsplash

Photo by Victor on Unsplash via https://unsplash.com

Zaman semakin canggih, jangan takut terlewatkan informasi-informasi penting mengenai wisata terutama di Filipina. Semua informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina.

Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE