#WisataFilipina-Mengintip Fenomena Chocolate Hills, Bukit Cokelat Tersohor yang Masuk List UNESCO Sebagai Warisan Dunia!

Karena menikmati cokelat seakan tak cukup jika hanya dimakan atau diseruput

Filipina merupakan negara dengan keunikan pariwisata yang terkenal hingga ke mancanegara. Ada banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia yang menargetkan Filipina sebagai tujuan destinasi wisatanya, termasuk wisatawan Indonesia. Data membuktikan bahwa ada sekitar 70.819 wisatawan Indonesia yang telah melancong ke Filipina pada tahun 2019, dan angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun.

 

Daya tarik yang selama ini terkenal di Filipina adalah wisata bawah laut serta gugusan pantainya yang indah. Namun, tahukah kamu bahwa ada destinasi wisata lain yang tak kalah memanjakan mata? Chocolate Hills, kumpulan bukit yang akan berubah warna menjadi coklat saat musim kemarau ini, akan sanggup membuatmu “kenyang” akan pemandangan alamnya yang menakjubkan!

Advertisement

1. Seperti Halnya Candi Prambanan di Indonesia, Chocolate Hills Juga Punya Legenda yang Akan Mampu Membuat Siapapun Terpana.

Photo by Dailysia

Photo by Dailysia via https://www.dailysia.com

Chocolate Hills terkenal dengan legendanya yang menyebar luas diantara masyarakat lokal Filipina. Legenda ini terbagi menjadi beberapa versi berbeda yang diyakini sebagai asal-muasal terbentuknya kumpulan bukit coklat tersebut.

Mulai dari legenda seorang raksasa patah hati yang menangis hingga bulir airmatanya menjelma menjadi bukit-bukit cantik, sampai legenda seperti kerbau rakus yang memakan petani hingga kotorannya menumpuk setinggi bukit dan menyebar dimana-mana. Fyi, ada sekitar 1776 bukit yang terhampar luas di area 50 KM persegi ini. Wow, luas banget, ya?

Advertisement

2. Misteri Terbentuknya Chocolate Hills Belum Terpecahkan Hingga Saat Ini.

Photo by Miningandenergy

Photo by Miningandenergy via http://www.miningandenergy.ca

Terlepas dari berbagai legenda yang berkembang di kalangan masyarakat, para ahli geologi juga belum menemukan kata sepakat akan faktor utama penyebab terbentuknya bukit-bukit di Chocolate Hills.

Namun, satu hal yang dapat dipercayai bahwa Chocolate Hills merupakan sebuah formasi geologi dari susunan batu kapur laut yang berada diatas tanah liat keras. Proses pembentukan ini berlangsung sejak berabad-abad yang lalu oleh pengangkatan endapan karang, serta didukung oleh aktifitas air hujan yang menyebabkan erosi.

3. Berbagai Akses Mudah Untuk Dapat Menikmati Chocolate Hills

Advertisement
Photo by Justgola

Photo by Justgola via https://m.justgola.com

Chocolate Hills yang berada di Bohol Province, Filipina Tengah, dapat diakses menggunakan dua rute dari Kota Manila. Rute pertama adalah dengan naik pesawat selama satu setengah jam ke Tagbilaran City, Bohol.

Atau jika ingin sedikit berbaur dengan kehidupan masyarakat lokal disana, kamu bisa mengambil flight ke Cebu, lalu naik ferry lagi ke Tagbilaran City. Jika sudah sampai di Tagbilaran City, kamu tinggal naik mobil atau motor selama 1 jam untuk mencapai Chocolate Hills.

4. Chocolate Hills Complex, Tempat Ternyaman untuk Menikmati Pemandangan Deretan Bukit Cokelat yang Luar Biasa.

Photo by Redd it

Photo by Redd it via https://i.redd.it

Ada dua area yang bisa dikunjungi untuk dapat melihat pemandangan perbukitan Chocolate Hills dengan baik, yakni di Sagbayan Peak dan Chocolate Hills Complex. Namun, favorit para turis asing adalah Chocolate Hills Complex karena letaknya berada di atas bukit yang paling besar. Selain itu, Chocolate Hills Complex  juga telah dikembangkan menjadi sebuah resort dengan berbagai pilihan akomodasi, restoran, hingga toko yang menyediakan souvenir khas Chocolate Hills.

Jika ingin sampai ke puncak bukit, kamu harus menggunakan alas kaki yang nyaman karena akan menanjaki 214 anak tangga. Namun, seperti kata pepatah “usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”, setibanya di titik puncak, kamu dijamin akan langsung terhipnotis oleh sebuah fenomena alam yang luar biasa!

5. Selain Fenomena Alamnya, Kamu Juga Bisa Menantang Adrenalin dengan Mencoba Fasilitas Surfing dan Cycling di Udara!

Photo by Chocolate Hills Adventurepark

Photo by Chocolate Hills Adventurepark via https://chocolatehillsadventurepark.com

Mumpung lagi di Chocolate Hills, sayang jika tidak melengkapi pengalaman jelajahmu dengan mencoba semua fasilitas yang disediakan. Disini, kamu bisa menaiki papan surfing yang digantung di udara atau mengayuh sepeda dengan rel khusus dari ketinggian 100 meter di atas permukaan tanah.

Sistemnya kurang lebih sama seperti flying fox, kamu akan “digantung” diatas tali pengaman dan melintas bebas dari menara satu ke menara lainnya. No worries, aktifitas ekstrem ini sudah dilengkapi dengan peralatan khusus dan pengawasan penuh dari pelatih professional. Ketika sedang melintas, kamu akan disuguhi oleh pemandangan indah perbukitan yang dipadu dengan euforia detak jantung yang memicu adrenalin. Tentunya, hal ini akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan seumur hidupmu.

6. Mendaki Bukit Dengan Tangan Kosong Bisa Dicoba Olehmu yang Jiwa Petualang-nya Sudah Sampai Level Up.

Photo by Jonny Melon

Photo by Jonny Melon via https://jonnymelon.com

Dilansir dari beberapa vlog wisatawan di Youtube, ternyata banyak juga lho, yang iseng menanjaki bukit tanpa peralatan khusus, alias tangan kosong. Selain karena bukit-bukit di Chocolate Hills terbilang banyak dan beragam, bukit-bukit ini juga tidak terlalu tinggi sehingga tidak membutuhkan effort lebih untuk dapat bereksplorasi.

Kamu cukup memberikan perhatian terhadap kemungkinan serangan binatang melata atau gangguan laba-laba, sisanya adalah penghargaan atas usaha mendakimu, yakni landscape Chocolate Hills yang tidak akan kamu temukan dimanapun.

7. Buat yang Sudah Kepalang Tanggung Mau Liburan Seru ke Filipina, Gak Ada Salahnya untuk Cek Informasi Terpercaya Berikut Ini.

Photo by Wisata Filipina

Photo by Wisata Filipina via http://wisatafilipina.com

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengamat ejaan pada papan reklame. Menulis berdasarkan 20% logika, 30% imajinasi, dan 50% emosi.

CLOSE