#WisataFilipina-Nikmati View Sawah Berundak Hingga Coba Spa Lumpur Saat Daki Gunung di Filipina

Gunung mana nih yang jadi favoritmu?

Negara Filipina tersusun dari ribuan pulau cantik sehingga mengudang para wisatawan untuk berdatangan melihat dan menikmati semilir angin pantai serta aktivitas air lainnya. Tapi, jangan salah, ternyata Filipina juga memiliki deretan gunung dengan pemandangan yang nggak kalah indah lho!

Destinasi ini sangat cocok buatmu yang mempunyai hobi nanjak gunung. Gunung di Filipina rata-rata tidak terlalu tinggi sehingga bisa didaki oleh para pemula. Penasaran pemandangan seperti apa yang ditawarkan oleh gunung di Filipina? Yuk, kita bahasa bersama!

Advertisement

1. Gunung Mayapay dengan Jalur Berlikunya Patut Dicoba

Photo by @maricrizymom on Instagram

Photo by @maricrizymom on Instagram via https://www.instagram.com

Gunung Mayapay merupakan salah satu spot yang paling populer di Provinsi Agusan Del Norte. Gunung ini terletak di sebelah barat daya Agusan Valley yang memiliki ketinggian 675 mdpl dan bisa didaki dalam waktu dua jam dengan jalur yang berliku.

Gunung ini patut dicoba nih bagi kamu yang pemula karena nggak terlalu tinggi dan nggak membutuhkan waktu yang lama. Selain mendaki gunung, kamu juga bisa mencoba buah anggur lokal yang terkenal dengan sebutan Laksoy oleh masyarakat setempat.

Advertisement

2. Nikmati Air Terjun Rahasia di Gunung Hilong-hilong

Photo by @gideonlasco on Instagram

Photo by @gideonlasco on Instagram via https://www.instagram.com

Gunung Hilong-hilong merupakan gunung tertinggi di Provinsi Agusan Del Norte dan di seluruh kawasan Caraga. Gunung yang memiliki ketinggian 2.012 mdpl ini juga menjadi rumah bagi beragam flora dan fauna liar lho sohip. Terdapat tujuh air terjun dan gua yang masih orisinil alias belum banyak terjamah oleh manusia.

Untuk mencapai puncaknya, kamu membutuhkan waktu sekitar lima hari perjalanan lho. Jadi, khusus gunung yang satu ini lebih disarankan untuk yang sudah berpengalaman, ya.

3. Lepaskan Penat dengan Pemandangan Menakjubkan di Gunung Carmel View Deck and Park

Photo by @kingxyrille on Instagram

Photo by @kingxyrille on Instagram via https://www.instagram.com

Buat kamu yang ingin menikmati pemandangan Agusan del Norte dari ketinggian, kamu bisa datang ke Mount Carmel View Deck and Park atau yang lebih dikenal dengan Taman Marcos. Taman ini berada di ketinggian 810 mdpl dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa melihat gunung-gunung dengan awan yang menutupi puncaknya, laut yang luas, dan garis pantai yang menawan.

Advertisement

4. Mencoba Spa Lumpur yang Terkenal di Gunung Pinatubo

Photo by Wisata Filipina

Photo by Wisata Filipina via http://wisatafilipina.com

Banyak sekali paket wisata trekking ke Gunung Pinatubo yang bisa kamu pilih jika tertarik ke sini. Tapi, pada dasarnya untuk menuju ke Gunung Pinatubo memang harus trekking, setelah sebelumnya kamu menggunakan kendaraan 4WD. Selanjutnya, kamu akan melewati Crow Valley Canyon, yang terlihat seperti setting film luar angkasa. Tempat ini merupakan bentangan alam kelabu yang seram dengan lembah, jurang, dan sungai. Kemudian trek yang akan kamu lalui berupa batuan lahar dan bongkahan.

Saat melakukan perjalanan ke Pinatubo, kamu akan menjumpai pemukiman penduduk pribumi yang bernama Suku Aeta. Dari 110 suku pribumi di Filipina, Aeta merupakan suku tertua yang bermigrasi ke Filipina 10.000 tahun yang lalu. Dari atas puncak Gunung Pinatubo, kamu akan melihat pemandangan alam yang sangat indah. Salah satunya adalah danau kaldera yang terbentuk secara alami karena letusan besar 30 tahun yang lalu. Saat mencapai pos pertama Gunung Pinatubo, kamu harus mendaftar terlebih dahulu di kantor setempat.

Hal yang istimewa dari Gunung Pinatubo ialah terdapat spa lumpur yang bisa kamu coba. Kalau kamu pernah melihat atau bahkan menggunakan masker lumpur untuk membersihkan kulit, nah kawasan Gunung Pinatubo ini adalah salah satu sumbernya. Ini merupakan daya tarik yang membuat para pendaki tertarik datang ke Gunung Pinatubo. Lumpur yang menjadi spa ini berasal dari abu vulkanik Gunung Pinatubo dan memiliki kandungan yang menyehatkan kulit. Karena terkenal dengan spa lumpur, maka daerah ini dijuluki sebagai Kota Spa Gunung Pinatubo.

5. Gunung Tapulao yang Memiliki Vegetasi Beragam dan Lintah Limatik

Photo by @jgescapade on Instagam

Photo by @jgescapade on Instagam via https://www.instagram.com

Gunung Tapulao atau yang lebih dikenal dengan nama High Peak ini berada di Provinsi Zambales dan merupakan gunung tertinggi di Zambales dengan ketinggian 2037 mdpl. Jalur yang bergelombang dan dipenuhi oleh beragam vegetasi ini akan menemanimu selama pendakian.

Kamu membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk menaklukan gunung ini hingga mencapai puncaknya. Kalau kamu mendaki saat cuaca basah atau saat musim hujan, kamu perlu ekstra hati-hati karena banyaknya lintah limatik. Cek secara berkala kondisi kaki, pastikan nggak ada lintah yang menempel di kulitmu, ya!

6. Mendaki Gunung Kupapey Sembari Menikmati Pemandangan Sawah Berundak

Photo by @blueberrich on Instagram

Photo by @blueberrich on Instagram via https://www.instagram.com

Provinsi Mountain berada di wilayah administratif Cordillera di Luzon, Filipina. Provinsi Mountain dikelilingi oleh daratan dan provinsi ini terkenal dengan lanskap alamnya yang menyejukkan mata. Untuk menuju ke sini, belum tersedia penerbangan secara langsung, tapi kamu bisa mencapainya melalui perjalanan darat baik dari Manila, Baguio atau Banaue.

Kontur jalannya cenderung nggak beraturan tapi pemandangan indah kebun sayur, hutan perawan, dan teras sawah berundak-undak akan memuaskan setiap petualang. Walau nggak ada pantai cantik seperti kawasan favorit lainnya di Filipina, di Provinsi Mountain kamu bisa menikmati alam pegunungannya. Kamu bisa hiking ke Gunung Kupapey untuk berburu sunrise dan nikmati suasana seperti berada di samudra di atas awan.

7. Menikmati Indahnya Gunung Matutum dan Kupu-kupu Langka

Photo by @crisstravel on Instagram

Photo by @crisstravel on Instagram via https://www.instagram.com

Cotabato Selatan merupakan provinsi yang terkenal dengan kerajinan tenunnya. Cobato juga memiliki banyak spot menarik yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Gunung Matutum yang berada di ketinggian 2.293 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu dari 22 gunung berapi aktif di Filipina. Tenang saja sohip, kamu nggak perlu cemas karena gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 1911 dan tidur sejak saat itu.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dari pos pertama hingga puncak yaitu sekitar 4-5 jam dan kamu dapat menyaksikan keindahan hutan lebat dengan aneka ragam flora dan fauna. Selain itu juga ada Gunung Parker yang terlihat dari kejauhan dengan ketinggian 1.600 mdpl. Di kaki gunung, ada Danau Maughan dengan hutan yang masih orisinil dan terdapat spesies kupu-kupu langka.

Gimana sohip? Makin tergiur nggak sama wisata di Filipina? Aku kepoin #WisataFilipina terus nih karena penasaran ada hal menarik apa lagi di sana. Oh ya, informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aquarian girl who loves read and write.

CLOSE