#WisataFilipina-Self Healing di Provinsi Paling Utara Filipina Batanes

Lari naik pesawat untuk menyepi ke negeri tak dikenali

Pernah gak sih kamu ngerasa pengen lari dari dunia menuju tempat dimana nggak ada satupun orang yang kenal kamu disana? Kamu bisa ngelakuin apapun yang pengen kamu lakuin tanpa harus takut buat dikenali, kamu bisa berteriak tanpa orang tau apa yang kamu teriakan, kamu bisa menari sepuas hati tanpa peduli kamu akan dianggap orang gila, ataupun kamu hanya ingin sendiri melamun memikirkan mengapa rumput berwarna hijau dan laut berwarna biru tanpa ada seorangpun yang akan berani menyadarkan semua lamunanmu. Kalau kamu lagi mikir pengen ngelakuin semua itu, provinsi paling ujung utara Negara Filipina inilah mungkin jawabannya.

Provinsi Batanes ini adalah provinsi yang berbentuk gugusan pulau yang terdiri dari 10 pulau kecil, ibukotanya ada di Kota Bosco. Provinsi Batanes ini adalah provinsi yang memiliki luas wilayah daratan terkecil dan jumlah penduduk tersedikit di Negara Filipina. Kamu juga masih bisa bertemu Suku Adat Ivatan yang masih tinggal di rumah-rumah batu kuno mereka. Kalau kamu mau rehat dari dunia siapkan playlist musikmu dan mulailah menikmati hidupmu di Provinsi Batanes ini.

Advertisement

ADVERTISEMENT

1. Habisin Playlist Musik Favoritmu dengan Berkeliling Pulau Batan

Photo by @jeremykruis via Instagram

Photo by @jeremykruis via Instagram via https://www.instagram.com

Bukankah lebih enak saat kita bisa bergerak perlahan menikmati semua playlist musik kita seharian sambil sesekali berhenti berjalan untuk melamunkan semuanya? Maka dari itu nggak ada salahnya kamu milih mengayuh sepeda mengelilingi seluruh wilayah Batan, berangkat dari fajar dan pulang saat petang tiba, berjalan perlahan tanpa takut untuk dikejar.

Di Batan ini kamu bisa menyewa sepeda, sepeda motor ataupun mengikuti tour menggunakan motor roda tiga untuk mengelilingi seluruh wilayah Batan. Semua tergantung pilihanmu.

Advertisement

ADVERTISEMENT

2. Duduk Singgah di Salah Satu Bukit Cantiknya

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://www.pinterest.ph

Tapi kalau memang kamu ngerasa capek kayaknya kalau ngegowes, naik motor juga gak ada salahnya, kamu bisa menyusuri seluruh wilayahnya dan sesekali memutuskan untuk tersesat sebentar. Percayalah walaupun tersesat, kamu gak bakal menyesal karna menemukan hal baru di sana.

Kamu bisa berhenti sebentar di salah satu bukitnya dengarkan alunan lagu yang terputar dalam playlistmu dan pejamkan mata untuk sekejap. Rehat dari hiruk pikuk dunia. Gak bakal ada yang ganggu ketenanganmu disana kecuali suara sapi, angin dan ombak yang ada di sekitarmu.

ADVERTISEMENT

3. Nikmati Secangkir Kopi dengan Dirimu Sendiri

Advertisement
Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://www.pinterest.ph

Kamu juga bisa membawa kompor portebelmu dan mulai deh bikin kopi sambil makan Indomie di salah satu bukit tempat kamu tersesat ini. Atau mungkin kamu bisa mampir sebentar ke “Honesty Coffee Shop” tempatmu untuk menikmati kopi sekaligus tempat mu untuk jujur sama diri kamu sendiri, karna kafe ini menggunakan prinsip self serving, kamu bisa bikin kopimu sendiri dan membayarnya atas kejujuranmu sendiri pula.

Saat perjalanan pulang nyanyikan senandung yang kamu dengar dengan sekeras yang kamu bisa tanpa perlu khawatir suaramu yang sumbang. Kamu harus ngerasain sensasi menyanyi dengan keras dijalan tanpa harus memikirkan semua tanggapan orang.

ADVERTISEMENT

4. Dipeluk Awan di Mount Iraya

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://id.pinterest.com

Di lain hari mari menjamah Gunung Berapi Aktif Iraya. Gunung yang memiliki ketinggian 1.009 meter ini termasuk gunung yang rendah dan tidak membutuhkan banyak tenaga saat kamu mendakinya. Bahkan gunung ini lebih rendah dari Gunung Andong di  Pulau Jawa. Jadi kamu gak perlu khawatir kalau gak bakal kuat waktu proses pendakiannya. Waktu mau mendaki usahakan gunakan jasa pemandu agar kamu tidak tersesat. Berbeda dengan jalan-jalan di sekeliling Pulau Batan yang kamu gak perlu takut buat tersesat kali ini kamu memerlukan jasa pemandu karena wilayah pendakiannya yang masih hutan lebat.

Saat sudah sampai di puncak gunung rasakan sensasi pelukan dari awan di sekelilingmu. Teriakan semua kalimat yang ada di pikiranmu. Bahkan kamu bisa meneriakan semua kalimat yang biasanya tidak lulus sensor oleh otakmu saat di Indonesia, karna apapun yang kamu teriakan dalam Bahasa Indonesia di sini sangat kecil kemungkinan orang akan tau apa yang sebenarnya kamu teriakan.

Jadi cukup teriakan sekuat tenaga lepaskan semua rasa marah, kecewa, depresi kamu di sini. Saat turun dari gunung ini kamu akan merasa telah meninggalkan semua beban masalahmu bersama gumpalan awan di Puncak Gunung Iraya.

ADVERTISEMENT

5. Kenalan Sama Suku Ivatan

Photo by Pinterestwi

Photo by Pinterestwi via https://id.pinterest.com

Kalau udah agak tenang pikirannya yuk main ke Pulau Sabtang, kenalan sama Suku Ivatan yang masih melestarikan adat istiadatnya seperti tinggal didalam rumah batu yang beratap ilalang. Di sini juga kamu bisa bawa oleh-oleh hasil seni dari masyarakat sekitar buat dibagiin waktu kamu pulang ke Indonesia.

Masih banyak hal yang bisa kamu temukan di Ujung Utara Negara Filipina ini. Meskipun terkesan sangat sederhana, namun hal sederhana seperti inilah yang akan membuatmu melepas semua yang ada dibenakmu, membebaskan semuanya dan kembali ke kehidupan yang berat di tempat harusnya kamu berada. Nikmati waktu santaimu di negeri entah berantah dimana kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau dan meyakini diri bahwa apapun keseruan dan kegilaan yang kamu alami saat Liburan di Filipina akan tetap mengenang dibenakmu. Namun walaupun begitu tetap cintai negerimu sendiri Indonesia. Akhir kata akhirnya kamu bisa mengatakan

 “It’s more fun in the Philippines but It’s more pleasure in Indonesia”

Kalau kamu berniat mengunjungi tempat Wisata Filipina lainnya kalian bisa follow Akun Instagram @pdot_indonesia atau kalian juga bisa akses web www.wisatafilipina.com didalam web tersebut kamu bisa akses lengkap semua kebutuhan waktu mau liburan ke Negara tetangga Filipina. Dari akses kewilayah wisata, penginapan hingga pemandu wisata semuanya bisa kamu temukan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang manusia

CLOSE