Kalian semua (dan tentunya saya) pasti tahu gimana rasanya saat jatah bulanan hampir habis tak bersisa padahal ketika lihat kalender masih pertengahan bulan. Untuk mengatasi hal tersebut saya punya beberapa jurus ampuh yang pastinya sudah saya praktekan sendiri :D 

 

1. Masak Sendiri

indomiegoreng

indomiegoreng via https://www.google.co.id

Nah, jurus pertama adalah masak sendiri. Terberkatilah bagi kalian yang punya kemampuan memasak diatas rata-rata karena pastinya bisa masak dengan menu bermacam-macam. Kalian bisa beli sayur mayur, kentang, atau ayam di pasar terdekat dan masaklah sendiri. FYI dengan kisaran harga 7000-10000 rupiah kalian sudah dapat 3 buah ayam potong dan bisa kalian masak sendiri untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Jadi ngga ada deh tuh yang namanya akhir bulan makan nasi pakai lauk ayam tapi ayamnya dibentuk jadi nasi :P Terus gimana dong buat yang ngga bisa masak? Gampang, masak mie instan atau goreng telur dan voila! Perut kenyang seketika

2. Carilah Rumah Makan Murah

Jurus kedua adalah carilah rumah makan yang murah. Buat yang masih baru di dunia perkuliahan (baca : maba), mulailah bereksplorasi mencari rumah makan murah di sekitar kosanmu atau tanya sama seniormu yang pasti udah khatam sama daerah disekitar kampus yang menjual makanan murah. Kalau bisa cari rumah makan prasmanan yang nasi dan lauknya bisa kamu ambil seenak jidat. Saya sudah coba di beberapa rumah makan prasmanan di Jogja, kisaran harga untuk nasi dan sayur sekitar 3000-4000 rupiah saja, kalau tambah lauk silahkan di kalkulasikan sendiri :)

3. Puasa

Nah ini dia buat yang benar-benar mau menghemat uangnya sampai akhir bulan, puasa. Banyak keuntungan yang kita dapat saat puasa, selain dapat menahan napsu dan amarah, kita juga bisa menghemat uang dan menurunkan berat badan. Hmm..coba diinget-inget udah bolong berapa puasanya? Lumayan kan bayar utang sekalian hemat uang :D 

4. Jadilah Pasukan Nebengers

Jurus selanjutnya adalah nebeng temen! Yak ini ampuh banget buat kalian menghemat uang bensin hehe. Lebih bagus lagi jika kalian cari tempat kos yang deket sama kampus, jadi tinggal jalan aja. Hemat, murah, sehat. 

5. Cari Wifi Gratisan

Jurus terakhir adalah cari wifi gratis. Buat mahasiswa internet adalah kebutuhan pokok yang utama selain makan dan tidur. Mau nugas butuh internet, mau main game butuh internet, mau download film atau streaming butuh internet, mau stalking mantan atau gebetan juga butuh internet. Wah kalau ngga segera cari wifi gratis, uang bulanan pasti habis cuma buat beli paket internetan aja. Jadi, saran dari saya adalah, carilah wifi gratisan. Kalau kalian punya kocek berlebih, bisa lah kalian browsing-browsing cantik sambil minum kopi di cafe, tapiiii buat kalian yang koceknya terbatas sama seperti saya, manfaatkan fasilitas wifi gratisan dikampus. Syukur-syukur kalau di kosan kalian udah disediain wifi gratis sama ibu kosnya, kalau ngga? cara selanjutnya adalah, nebeng di kosan temen. Yak bener banget selain lebih santai, juga bisa ngerjain tugas atau ngegosip bareng sambil stalking-in gebetan hehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya