Kalian semua (dan tentunya saya) pasti tahu gimana rasanya ketika membuka dompet atau mengecek keadaan uang bulanan di ATM, hanya ada satu kaca yang dapat diucapkan, miris. Ya, saat jatah bulanan hampir habis tak bersisa padahal ketika lihat kalender masih pertengahan bulan dan masih banyak pengeluaran yang harus dilakukan, entah untuk fotokopi, nge-print paper, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut saya punya beberapa jurus ampuh yang pastinya sudah saya praktekan sendiri :D 

 

1. Masak Sendiri

Nah, jurus pertama adalah masak sendiri. Terberkatilah bagi kamu yang punya kemampuan memasak diatas rata-rata karena pastinya bisa masak dengan menu bermacam-macam. Kamu bisa beli sayur mayur, kentang, atau ayam di pasar terdekat dan masaklah sendiri. FYI dengan kisaran harga 7000-10000 rupiah kamu sudah dapat 3 buah ayam potong dan bisa kamu masak sendiri untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Jika di kosmu disediakan kulkas, belilah makanan beku seperti nugget atau sosis, memang terlihat mahal pada awalnya, tapi kalau dihitung-hitung akan jauh lebih hemat daripada kamu jajan diluar. Jangan lupa makanan yang sudah kamu masak tadi dimasukan ke kotak makan dan bawalah saat kuliah. Jadi, ketika teman-temanmu yang lain pada jajan di kantin, kamu ngga perlu takut kehabisan uang karena jajan dan jangan lupa bawa air minum sendiri, ya. Terus gimana dong buat yang ngga bisa masak? Gampang, masak mie instan atau goreng telur dan voila! Perut kenyang seketika. Jadi ngga ada deh tuh yang namanya akhir bulan makan nasi pakai lauk ayam tapi ayamnya dibentuk jadi nasi :P 

2. Carilah Rumah Makan Murah

Jurus kedua adalah carilah rumah makan yang murah. Buat yang masih baru di dunia perkuliahan (baca : maba), mulailah bereksplorasi mencari rumah makan murah di sekitar kosan atau kampusmu atau bisa juga tanya sama seniormu yang pasti udah khatam sama daerah disekitar kampus yang menjual makanan murah. Kalau bisa cari rumah makan prasmanan yang nasi dan sayurnya bisa kamu ambil seenak jidat karena biasanya mau seberapa banyak yang kamu ambil, harganya tetap dihitung sama. Saya sudah coba di beberapa rumah makan prasmanan di Jogja terutama di daerah kampus dan kos, kisaran harga untuk nasi dan sayur sekitar 3000-4000 rupiah saja, kalau tambah lauk silahkan di kalkulasikan sendiri :) atau makanlah di rumah makan padang (saya baru tahu kalau rumah makan padang di jogja sistemnya self-service kalau kita makan di tempat, hehe) dan ambilah nasi dengan kuah-kuah gulai dan rendang yang sedap itu. 

3. Puasa

Nah ini dia buat yang benar-benar mau menghemat uangnya sampai akhir bulan, puasa senin-kamis. Banyak keuntungan yang kita dapat saat puasa, selain dapat meningkatkan pahala, menahan napsu dan amarah, kita juga bisa menghemat uang dan menurunkan berat badan. Buat kamu yang ngga tahan godaan saat puasa karena teman-temanmu yang lain tidak puasa, pergilah ke perpus, baca buku, internetan atau tidur. Pokoknya hindarilah kantin sampai waktu buka puasa menjelang hehe. Oke, niat puasa sudah bulat, tapi gimana dengan sahurnya? Pertama, masaklah makanan sahurmu sendiri atau kedua, kalau malas ya beli di burjo 24 jam, nasi telor harganya cuma 6000-7000an aja kok. Nah untuk menu buka puasanya bacalah jurus nomor dua diatas, yaitu beli makanan di rumah makan prasmanan dan ambilah nasi dan sayur seenak jidat, dan jangan lupa minumnya air putih karena air putih gratis dan sehat. Hmm..coba diinget-inget udah bolong berapa puasanya? Lumayan kan bayar utang sekalian hemat uang :D 

4. Jadilah Pasukan Nebengers

Jurus selanjutnya adalah nebeng temen! Yak ini ampuh banget buat kalian menghemat uang bensin. Tapi jadi nebengers juga tetap harus ada taktiknya, ya. Carilah teman yang rumah atau kosnya searah denganmu, jangan minta nebeng kalau arah rumah atau kos temanmu berbeda dengan arah ketempat kosmu. Kan kasian juga mereka mesti bolak-balik nganterin kamu. Lebih bagus lagi jika kamu cari tempat kos yang deket sama kampus, jadi tinggal jalan aja. Hemat, murah, sehat. Atau cara yang lebih ampuh lagi adalah, carilah pacar. Hah? Apa? Ya sekali lagi, carilah pacar yang dengan senang hati akan mengantar dan menjemputmu kapanpun kamu mau :D 

5. Cari Wifi Gratisan

Jurus kelima adalah cari wifi gratis. Buat mahasiswa internet adalah kebutuhan pokok yang utama selain makan, tidur dan mengerjakan tugas (atau skripsi). Mau nugas butuh internet, mau main game butuh internet, mau download film atau streaming butuh internet, mau skype-an sama kekasih yang jauh disana butuh internet yang kuat kalau ngga videonya putus-putus atau bahkan mati, mau stalking mantan atau gebetan juga butuh internet. Wah pokoknya internet itu penting banget deh buat keberlangsungan hidup dan percintaan para mahasiswa dan kalau ngga segera cari wifi gratis, uang bulanan pasti habis cuma buat beli paket internetan yang kuotanya ngga seberapa. Jadi, saran dari saya adalah, carilah wifi gratisan. Kalau kalian punya kocek berlebih, bisa lah kalian browsing-browsing cantik sambil minum kopi di cafe, tapiiii buat kalian yang koceknya terbatas sama seperti saya, manfaatkan fasilitas wifi gratisan dikampus. Carilah spot-spot yang mendukung untuk internetan. Syukur-syukur kalau di kosan kalian udah disediain wifi gratis sama ibu kosnya, kalau ngga? cara selanjutnya adalah, nebeng di kosan temen. Yak bener banget selain lebih santai dan bisa berlama-lama, juga bisa ngerjain tugas atau ngegosip bareng sambil stalking-in gebetan hehe.

 

6. Hadirilah Seminar

Nah, sampailah pada jurus terakhir, yaitu hadirilah seminar. Pastinya seminar yang ngga butuh HTM alias gratis. Sekarang banyak kok seminar gratis yang dapat dihadiri mahasiswa. Entah itu seminar kewirausahaan, seminar pendidikan, seminar traveling, seminar jurnalistik, yang jelas carilah info mengenai seminar gratis. Kenapa? Karena selain kamu dapat ilmu yang bermanfaat dari narasumber, bonus lainnya adalah biasanya akan dapat snack gratis atau kalau kamu beruntung juga akan dapat makan siang gratis, lumayan kan buat mengganjal perut dengan snack yang diberikan secara cuma-cuma. Tapi, biasanya seminar seperti ini seatnya sangat terbatas, jadi cepat-cepatlah buat reservasi sebelum keduluan sama teman-temanmu! 

 

Semoga tips-tips diatas bermanfaat dan dapat langsung dipraktekan ^^

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya