Wujudkan Versi Terbaikmu, Inilah 5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan!

Sudahkah kita menjadi versi terbaik? Menjadi versi terbaik adalah keinginan setiap orang. Tapi terkadang kita selalu merasa sulit. Belum apa-apa sudah punya mindset tidak mungkin. Dunia ini terlalu sulit mewujudkan hal-hal penuh impian. Pernahkah berpikir untuk mewujudkannya menjadi kenyataan?

Tahukah kamu, justru yang paling sulit itu adalah menganggap diri kita tidak bisa mewujudkannya. Berpikir tidak ada jalan sedikitpun padahal kita tidak pernah mencoba. Lalu bagaimana kita dapat mewujudkannya? Sederhana saja, tidak perlu rumit.

Berikut 5 hal yang harus kamu pahami dan lakukan agar bisa mencapai versi terbaikmu.

Advertisement

1. Menemukan visi dan seorang mentor

Foto oleh Vanessa Garcia dari Pexels

Foto oleh Vanessa Garcia dari Pexels via https://www.pexels.com

Pertama, kita harus menyadari hakikat kita hidup dan menjadi manusia. Ketika kita sudah menyadari apa kewajiban dan untuk apa kita hidup, maka sejatinya manusia sebagai makhluk ciptaan yang kuasa.

Kita akan mampu menemukan sebuah visi kehidupan. Visi yang akan memberikan kita keberanian serta tujuan hidup di hari esok. Visi memberikan semangat serta keberanian untuk menunjukan siapa diri kita sebenarnya. Lalu bagaimana kita menemukan visi kita sendiri?

Advertisement

Sederhana, cukup bertanya pada diri sendiri. Apa yang kamu inginkan dan sebutkan hal hal yang membuatmu menjadi diri sendiri? Hal apa yang menciptakan dirimu menjadi semakin berarti? Apa yang membuatmu menjadi lebih bermanfaat? Jika jawabannya menjadi satu atau sebagian besar merujuk pada hal yang sama, maka kamu sudah menemukan visimu.

Selanjutnya adalah menemukan inspirasi dan seorang mentor di bidangnya. Tugas pertama adalah mencari arah tujuan kemudian langkah awal yang dapat dilakukan. Seperti bagaimana kita mempelajari visi kita melalui mentor yang dapat menginspirasi.

Carilah beberapa mentor dan sosok yang inspiratif. Kita bisa belajar berbagai hal dari sosial medianya, jika tidak dapat bertemu langsung. Kita dapat belajar, berkembang dan tentu saja mendapat input positif agar bisa mewujudkan versi terbaik kita.

Advertisement

2. Mempercayai kemampuan diri sepenuhnya

Foto oleh Quang Anh Ha Nguyen dari Pexels

Foto oleh Quang Anh Ha Nguyen dari Pexels via https://www.pexels.com

Kedua, menjadi versi terbaik adalah sepenuhnya mencintai diri sendiri. Bagaimana merealisasikannya? Mudah saja, salah satunya kita harus mempercayai kemampuan diri sendiri tanpa keraguan.

Hal yang paling sulit adalah justru mempercayai diri sendiri. Ucapkan bisa atau mampu terlebih dahulu sebelum kita berpikir apapun. Cobalah dahulu baru kita membuktikannya.

Mempercayai kemampuan sendiri adalah bentuk kasih sayang terbesar. Ketika kita memiliki kepercayaan penuh terhadap diri sendiri, maka kita sudah membuka jalan. Kepercayaan tersebut menjadi energi positif dan potensi besar untuk selanjutnya mewujudkan berbagai hal.

Ketika kita memaksimalkan kepercayaan diri, bukan tidak mungkin kita menjadi versi terbaik. Kita mampu melakukan segala hal dan memutuskan persoalan dengan lebih bijaksana.

3. Mengubah kekurangan menjadi sebuah kekuatan

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Ketiga, adalah mengubah kekurangan menjadi kelebihan. Setiap manusia diciptakan sempurna dengan segala kekurangan dan kelebihan. Maka tugas kita sebagai manusia tentu memberikan segala sesuatunya menjadi lebih bermanfaat.

Tulislah apa saja kekuranganmu dan temukan orang-orang yang memiliki hal yang sama. Catat kisah hidup serta motivasinya. Temukan inspirasi serta hal hal yang mungkin kita tidak lakukan untuk mengatasi kekurangan kita.

Selanjutnya, bukan tidak mungkin kita dapat mengubahnya menjadi sebuah kekuatan besar. Bukan tidak mungkin kekurangan kita akan menjadi sebuah kelebihan. Hal ini menjadi salah satu tanda jika seseorang telah menjadi versi terbaiknya.

Dengan memahami kekurangan maka selanjutnya akan mengatasinya kemudian fase terakhir adalah menerima dan menginspirasi setiap orang. Banyak orang hidup dengan kelebihannya, tapi sedikit diantaranya yang hidup justru dengan kekurangannya.

Seperti halnya kisah nyata seorang pengacara pertama di Amerika yang memiliki spektrum autis. Dirinya justru mengungkapkan pada publik mengenai kekurangannya. Keterbatasannya justru dapat mampu melampaui kelebihan orang lain. Hidup dengan menerima kekurangan dan memanfaatkannya akan menjadi kekuatan besar.

4. Mewujudkan mimpi dengan membuat to do list yang realistis

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via https://www.pexels.com

Keempat, menjadi versi terbaik berarti berani mewujudkan impian yang ingin dilakukan. Bukan tidak mungkin, tapi kita harus mengubah impian itu menjadi bentuk yang dapat diukur dan direalisasikan.

Selanjutnya menciptakan to do list yang realistis sesuai ukuran dan standar kemampuan kita. Begitu banyak impian yang ingin dicapai, tapi mungkin tidak dapat kita wujudkan. Namun, kita selalu memiliki pilihan lain dibanding tidak sama sekali.

Buatlah konsep secara umum dan konsep mudah dalam bentuk langkah langkah yang harus dilakukan setiap harinya. Buatlah target kecil setiap harinya. Belajarlah untuk konsisten melakukannya dan menemukan solusi ketika ada kesulitan. Catat berbagai hal penting dan carilah seorang mentor atau seseorang yang memiliki ilmu terkait hal hal yang ingin kita wujudkan.

Wujudkan versi terbaikmu dengan memaksimalkan berbagai potensi. Lakukannya dengan target kecil setiap hari.

5. Konsisten dengan satu persen perubahan setiap harinya

Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels via https://www.pexels.com

Terakhir, menjadi versi terbaik bukan saja tentang mewujudkan hal-hal yang ingin dicapai, tapi juga konsisten terhadap setiap perkembangan.

Lakukan segala sesuatunya dengan niat dan usaha terbaik. Jangan terlalu banyak mempertanyakan hasilnya, akan tetapi meyakini dan berusaha melakukan yang terbaik agar tidak akan menyesal di kemudian hari.

Sekecil apapun perubahan positif dapat membantu kita menjadi lebih baik. Konsisten dengan 1% perubahan setiap harinya, maka kita akan terus menambah perubahan lainnya sampai dengan 100%.

Menjadi versi terbaik berarti mencapai misi  hidup dan pada akhirnya dapat menginspirasi setiap orang. Hal tersebut tidak diukur dengan angka ataupun kesuksesan, tapi justru dengan seberapa besar kita sudah meyakini diri sendiri dan memaksimalkan potensi.

Ketika seseorang sudah dalam tahap ini, maka dia sudah mencapai berbagai hal yang dia wujudkan. Tidak hanya materi, tapi juga kebahagiaan dan hakikat hidup yang sebenarnya.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mewujudkan versi terbaik diri kita. Lalu, apakah Sobat Hipwee sudah mampu mencapai versi terbaik dari diri SoHip?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

CLOSE