17 Agustus adalah hari kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Tepatnya 71 tahun lalu, rakyat Indonesia mati-matian berjuang untuk kemerdekaan yang kita bisa nikmati sekarang ini. Beruntung kita lahir setelah Indonesia berhasil direbut kembali dari tangan penjajah yang telah menjajah kita selama 350 tahun. Untuk itu setiap tanggal 17 Agustus diadakan upacara penaikan bendera yang menjadi simbolik kemerdekaan dan mengenang para pahlawan yang telah gugur.

Setelah merdeka, tugas kita sebagai rakyat Indonesia bukan hanya duduk manis menikmatinya saja. Kita memiliki tugas yang lebih penting yakni mempertahankan kemerdekaan karena arti pahlawan bukan hanya mereka yang berperang demi merenggut kembali tanah yang telah direbut paksa oleh penjajah, namun mereka yang berhasil membuat seluruh dunia bangga. Apa saja sih yang bisa kalian lakukan untuk menjadi pahlawan?

1. Menjaga kebersihan

Buang sampah pada tempatnya via http://3.bp.blogspot.com

Dari kelas satu sekolah dasar kita sudah diajarkan bagaimana membuang sampah dengan benar. Mengapa demikian? Karena hal kecil seperti sampah bisa membuat dampak yang tidak baik untuk lingkungan. Mulai dari dampak banjir, penyakit yang diakibatkan oleh virus, bahkan kerusakan lingkungan.

Sebagai pahlawan mulailah dari diri sendiri, biasakan membuang sampah pada tempatnya. Lebih mulia lagi, ketika menemukan satu sampah di jalan, Anda bisa memungutnya dan membuangnya di tempat sampah. Bila ada 10 orang atau 100 orang melakukan hal tersebut, apakah masih ada tumpukan sampah di tempat-tempat umum? Tidak kan.

Advertisement

Yuk mulai biasakan dari sekarang.

2. Tidak melanggar peraturan

Di setiap tempat pasti ada peraturan. Tugas kita adalah mematuhi aturan tersebut. Tapi sebagai warga Indonesia – Jakarta khususnya, masih banyak nih yang belum menyadari arti pentingnya mematuhi peraturan. Tidak perlu jauh-jauh terkadang saya sendiri masih suka nerobos lampu merah saat membawa kendaraan, hehe.

Sebenarnya melanggar peraturan itu memang nggak baik loh. Alasan peraturan dibuat adalah untuk mendisiplinkan dan mencegah terjadinya bahaya. Nah kalau setiap warga negara ini patuh akan peraturan, nggak akan ada lagi kan yang namanya kemacetan, kecelakaan dan beragam peristiwa lain akibat melanggar peraturan. Jadi masih mau melanggar peraturan?

3. Ikut kegiatan sosial dan bermasyarakat

kegiatan sosial memungut sampah via http://4.bp.blogspot.com

Advertisement

Pekerjaan, tugas kuliah, tugas sekolah memang menyita banyak waktu. Tapi nggak ada salahnya loh luangin waktu untuk ikut kegiatan sosial dan bermasyarakat. Selain membantu mengembangkan lingkungan sekitar, kamu bisa dapat pengalaman dan teman baru. Misalnya dengan ikut kegiatan bakti sosial, kerja bakti, relawan palang merah, komunitas pecinta kebersihan, karang taruna dan lain-lain. Selain kamu dikenal di masyarakat, kamu juga dapat bonus pahala karena melakukan kebaikan.

So tunggu apa lagi, gabung di kegiatan sosial setempat.

4. Berprestasi

anak berprestasi via http://www.mirajnews.com

Ini yang paling gampang, karena kamu tidak perlu bantuan orang lain. Cukup mengembangkan kemampuan yang kamu miliki, misalnya menulis, melukis, main musik, pelajaran, olahraga dan lain-lain. Dengan cara kamu berprestasi, kamu bisa membawa nama baik kamu dan lingkungan di sekitar kamu juga loh. Semakin tinggi prestasi kamu, kamu semakin dikenal. Bahkan kamu bisa berkesempatan membawa nama Indonesia ke dunia internasional seperti atlet-atlet kita yang belum lama ini berjuang di olimpiade Rio. Tapi dengan catatan buatlah prestasi yang baik, jangan yang negatif ya.

5. Melestarikan budaya Indonesia

batik indonesia via http://www.jpnn.com

Semakin berkembangnya zaman, semakin modern pula pola pikir masyarakat. Berbagai budaya luarpun mudah masuk ke Indonesia, mulai dari fashion, produk-produk makanan dan alat-alat impor, hingga merambah ke seni dan budaya. Sebagai orang yang cinta Indonesia hendaknya jangan mudah terpengaruh budaya luar, karena budaya kita adalah budaya timur yang mengutamakan keramahan dan kesopanan. Karena itulah identitas bangsa Indonesia yang sebenarnya. Selain itu gunakan produk buatan Indonesia karena hal tersebut lebih menguntungkan negara.

Lestarikan budaya Indonesia dan tetap jaga warisan dari leluhur kita.

#MerdeKamu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya