Berkunjung ke negara yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya merupakan suatu hal yang menyenangkan! Sebelum berkunjung tentunya kita akan membuat list-list apa saja yang akan kita lakukan di negara tersebut. Mulai dari melihat kebudayaan yang ada, mencicipi makanan khas, berbelanja, dan menikmati pemandangan disana. Gak hanya hal itu aja lho yang bisa kita lakukan. Kita juga bisa menikmati dan belajar sejarah ataupun tentang kebudayaan yang ada di negara tersebut melalui museum loh! Liburan sambil belajar? Kenapa tidak?

Salah satunya United Kingdom, disana terdapat banyak sekali museum. Baik museum yang membahas tentang sejarah, tentang kesenian, dan masih banyak lagi. Yuk sebelum berangkat ke United Kingdom kita kenali dulu museum-museum yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang~!

1. British Museum

British Museum

British Museum via http://mirandustours.com


Terdapat banyak departemen yang ditampilkan pada museum ini:


  1. Departemen Mesir Kuno dan Sudan

  2. Departemen Yunani dan Romawi

  3. Departemen Timur Tengah

  4. Departemen Seni Cetak dan Gambar

  5. Departemen Prasejarah dan Eropa

  6. Departemen Asia

  7. Departemen Afrika, Oseania dan Amerika

  8. Departemen Koin dan Medali

  9. Departemen Konservasi dan Penelitian Ilmiah

  10. Perpustakaan dan Arsip


Advertisement

British Museum di London merupakan salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia. Museum ini didirikan pada tahun 1753, yang bermula dari koleksi milik seorang dokter dan ilmuwan bernama Sir Hans Sloane. Pada museum ini terdapat koleksi permanen berjumlah lebih dari delapan juta benda yang merupakan salah satu koleksi dengan jumlah terbesar dan terlengkap di dunia yang berasal dari seluruh benua.

2. Tate Modern

Tate Modern adalah museum galeri seni moderen yang terletak di London. Tate Modern memiliki koleksi seni dari Tate Britain, Tate Liverpool, Tate St Ives dan Tate online. Tate Modern ini adalah museum yang memiliki 4,7 juta pengunjung per tahun. Pada museum ini terdapat koleksi nasional seni Inggris dari tahun 1900 sampai sekarang berupa seni moderen dan kontemporer internasional.

3. National Gallery

National Gallery

National Gallery via http://www.youngnesia.com

National Gallery adalah museum seni yang terletak di Trafalgar Square, London, Inggris. Museum yang didirikan tahun 1824 ini berstatus Lembaga Publik Nondepartemen di bawah Departemen Kebudayaan, Media, dan Olahraga Britania Raya. Koleksinya mencakup lebih dari 2.300 lukisan dari pertengahan abad ke-13 hingga tahun 1900, dan merupakan milik rakyat.

4. Natural History Museum

Natural History Museum

Natural History Museum via http://www.youngnesia.com

Advertisement

Natural History Museum ini bergerak di bidang taksonomi, identifikasi dan konservasi kehidupan di bumi. Disini ada lebih dari 80 juta spesimen yang disimpan ke dalam 5 kategori koleksi, yakni : botany, entomology, mineralogy, palaentology, dan zoology. Di sini juga ada spesimen kepunyaan Charles Darwin lho.

5. Science Museum

Science Museum ini terdapat banyak benda-benda yang paling bersejarah di dunia pengetahuan misalnya Puffing Billy (lokomotif uap tertua di dunia), mesin jet yang pertama kali dibuat, rekonstruksi dari model DNA yang pertama kali dibuat oleh Francis Crick dan James Watson, hingga mesin ketik pertama di dunia. Di sini juga terdapat IMAX 3D Cinema yang berupa film-film dokumenter yang edukatif.

6. Victoria and Albert Museum

Victoria and Albert Museum

Victoria and Albert Museum via https://londontopia.net

Museum Victoria dan Albert (sering disingkat V & A) adalah museum desain dan seni dekoratif terbesar di dunia dengan koleksi lebih dari 4,5 juta objek. Museum ini berlokasi di London dan dinamai untuk menghormati Pangeran Albert dan Ratu Victoria. Museum ini dibangun pada tahun 1852, saat ini museum ini menmpati area seluas 510.000 m2 dan terdiri dari 145 galeri.

Koleksi museum ini mencakup benda-benda seni berumur 5000 tahun yang berasal dari zaman kuno sampai zaman sekarang, dari setiap media, dari budaya Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Koleksi berupa keramik, kaca, tekstil, kostum, perak, besi, perhiasan, perabotan, benda abad pertengahan, patung, seni grafis, dan foto-foto adalah salah satu koleksi terbesar, terpenting dan paling komprehensif di dunia.

7. Royal Museum Greenwich

Royal Museum Greenwich

Royal Museum Greenwich via https://www.uniquevenuesoflondon.co.uk

Royal Museum Greenwich adalah nama kolektif dari empat museum yang berbeda di London, yakni National Maritime Museum (sebuah musium maritim), Queen’s House (dahulu adalah tempat tinggal keluarga kerajaan), Royal Museum Greenwich (observatorium bersejarah yang juga merupakan titik prime meridian), serta Cutty Sark (sebuah kapal yang dibangun pada tahun 1869 dan saat ini menjadi museum kapal).

Sekian rekomendasi museum yang paling sering dikunjungi di United Kingdom. Yuk berwisata ke museum! Selain mengasyikan, banyak manfaatnya lho yang bisa kita dapatkan:D

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya