Selama ini kita kerap berpikir bahwa keringatlah yang membuat badan mengeluarkan bau tak sedap. Padahal, bukan dia dalang utamanya. Tubuh kita memiliki pasukan bakteri tak berbahaya yang bertugas membantu pertahanan alami kulit. Bakteri-bakteri ini hidup dan berkembang biak secara alami di daerah yang cenderung lembab, seperti ketiak atau lipatan lemak.  Bau tak sedap yang sering kita sebut sebagai bau badan ini akan muncul ketika pasukan bakteri melakukan metabolismenya dan mengubah keringat menjadi asam. Namun demikian, ada faktor lain yang menyebabkan bau badan seseorang menyengat. Hal ini sangat bergantung dari kebiasaan dan pola hidup yang mereka jalani. Tapi terlepas dari apa penyebabnya, bau badan tetaplah bau badan. Bermasalah dengan bau badan tentu saja menyebalkan. Selain bikin gak percaya diri, masalah ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika diabaikan loh. Maka dari itu, yuk simak 6 tips dari Hipwee di bawah ini agar bau badan kamu terkurangi!

1. Jangan sering menahan buang air

Please banget jangan nahan-nahan

Please banget jangan nahan-nahan via https://www.google.com

Selain tidak baik bagi kesehatan, menahan buang air kecil dan BAB sama saja menggiring sisa pembuangan yang mengendap dalam tubuh untuk dilepaskan melalui pori-pori. Jadi, nggak usah heran kalau badan kamu tetap bau meskipun rutin pakai deodorant. Jangan ditahan-tahan lagi ya!

2. Pastikan membilas pakaian dengan bersih

Jangan setengah-setengah kalo nyuci baju

Jangan setengah-setengah kalo nyuci baju via https://cdn.pixabay.com

Advertisement

Sejumlah senyawa kimia dalam deterjen dapat memicu tubuh untuk melakukan pelepasan bau tak sedap saat pakaian mulai dibasahi keringat atau bersentuhan dengan kulit.  Hal ini terjadi ketika kita tidak membilas dan mengeringkan pakaian dengan tepat. Selain itu, molekul-molekul sabun yang masih tertinggal dan menumpuk dalam serat kain bakal mengeluarkan bau apek saat tubuh mulai lembab. Pangkat kuadrat deh baunya!

3. Pangkas bulu ketiak secara teratur

Pangkas bulu ketiak

Pangkas bulu ketiak via https://www.gillettevenus.com

Karena ketiak adalah area lembab sekaligus markas besar bakteri tubuh, maka memangkasnya secara teratur akan mengurangi tingkat kelembabannya, yang berarti mengurangi bau badan kita. Kamu bisa melakukan medical treatment seperti waxing bulu ketiak di klinik kecantikan. Kalaupun nggak mau repot, memangkas pakai gunting atau pencukur juga sudah cukup kok. Yang penting jangan biarkan bulu-bulu kita menjuntai terlalu lebat kayak Tarzan, ya!

4. Hindari makanan penyebab bau badan

Hindari junkfood berlebihan

Hindari junkfood berlebihan via https://cdn.pixabay.com

Rempah-rempah, meskipun bikin makanan kaya rasa, ternyata memproduksi zat alisin yang memicu bau badan loh. Junk food seperti gorengan pun bikin bau badan kita memburuk. Dan jangan salah, terlalu banyak mengonsumsi brokoli, kubis Brussels, serta sayuran lain dalam keluarga cruciferous juga turut menyumbang andil. Hal ini karena kandungan sulfur dan sulfida di dalamnya akan mengeluarkan bau tak sedap saat dilepaskan melalui keringat. Sebaliknya, konsumsilah sayuran seperti tomat dan daun kemangi yang dapat menetralkan bau badan kita.

5. Rajin olahraga dan konsumsi air putih

Jangan lupa olahraga

Jangan lupa olahraga via https://images.pexels.com

Advertisement

Ini adalah cara paling mudah dan murah. Dengan mengonsumsi cukup air putih, racun-racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan keringat. Maka dari itu, berolahragalah minimal seminggu sekali agar tubuh terdetoksifikasi. Selain mengurangi bau badan, olahraga teratur juga bikin tubuh segar loh. Yakin deh, auramu jadi makin mempesona!

6. Perlakukan tubuh dengan tepat

Tubuh juga perlu diperhatiin kali

Tubuh juga perlu diperhatiin kali via https://media.allure.com

Mandilah dua kali sehari dengan sabun bakteri. Oleskan deodorant atau bedak bayi pada ketiak untuk menghalau bau badan. Jika memang diperlukan, kamu bisa memakai deodorant yang mengandung antipersipant agar keringat yang keluar dari tubuh tidak membanjir.  Sesekali, melakukan treatment dengan bahan seperti baking soda, daun sirih, atau cuka apel juga dapat mengusir bau badan secara alami loh. Meski terkesan sepele, usahakan pilih pakaian dengan bahan yang tidak membuat tubuh cepat gerah untuk meminimalisir keringat dan bakteri. Jangan males ganti baju juga ya!

 

Merawat diri emang kadang tricky dan sedikit repot. Tapi demi kamu yang lebih segar dan doi yang lebih betah, gapapa kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya