Yuk! Mulai Coba 7 Cara Mendetoks Pikiran untuk Sambut Tahun yang Baru!

Pikiran adalah bagian yang paling penting dalam hidup kita. Selain penting, pikiran pun adalah hal yang sangat luar biasa hebatnya dan sangat berpengaruh besar dalam kehidupan. Lalu, bagaimana kalau pikiran kita dipenuhi dengan begitu banyak hal bahkan sampai ke hal yang merugikan diri kita sendiri? Tentu saja akan berpengaruh besar pada cara kita berpikir.

Selain tubuh, pikiran kita pun perlu mendetoks hal-hal yang tidak kita perlukan. Membuang hal-hal yang membebani, menganggu, dan merugikan diri kita. Detoksifikasi memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi hal tersebut sudah lama ada pikiran kita, kamu bisa mencoba 7 hal ini untuk mulai mendetoks.

Advertisement

1. Mulai menulis segala hal yang ada di kepalamu

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Memikirkan kemungkinan yang bisa saja terjadi atau bahkan hal-hal yang tidak perlu kamu ketahui, membuat diri kamu mulai kewalahan dengannya banyaknya hal yang berputar-putar di kepalamu. Kamu bisa melakukan hal sederhana dan simpel untuk membersihkan pikiranmu, yaitu dengan menulis. Kamu dapat menyalurkan banyaknya pikiran di kepalamu dengan cara menulis. Menulis hal-hal yang kamu risaukan atau sekadar hal yang ada di kepalamu. Kegiatan menulis dalam membuatmu rileks dan mengurangi beban pikiran.

2. Mulai unfollow atau istirahat dari sosial media

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Segala pemikiran yang tercipta terkadang tidak hanya datang dari diri sendiri, salah satu faktor lainnya adalah adanya pemicu dari luar. Pemicu atau trigger yang datang dari luar membuat kamu mulai membandingkan diri, mulai mempertanyakan diri, atau bahkan memikirkan hal negatif. Salah satu cara detoks terbaik adalah dengan mulai untuk menghindari hal yang dapat memicu kamu untuk memikirkan hal yang merugikan. Kamu dapat berhenti mengikuti, mute kata-kata tertentu, atau bahkan berhenti sesaat bermain sosial media.

Advertisement

3. Mulai meditasi, yuk!

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Kunci pikiran yang tenang adalah terletak dari bagaimana kita dapat mengatur pikiran kita, salah satu caranya adalah dengan meditasi. Meditasi tidak hanya sebagai olahraga pernapasan, tapi juga belajar untuk mengatur hal yang kita butuhkan dan tidak.  

4. Ask yourself first! Ketahui apa yang baik untukmu

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Yuk mulai sering bertanya dengan diri sendiri! Bertanya hal-hal apa saja yang harus dipertahankan dan hal-hal yang harus dihilangkan. Bertanya pada diri sendiri hal baik apa saja yang harus tetap dipertahankan, karena diri kitalah yang tau hal apa saja yang baik untuk diri kita sendiri.

5. Belajar menerima keadaan!

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Hal yang paling sulit dalam hidup adalah menerima hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun, terlepas dari itu semua belajar menerima ini penting karena kita sebagai manusia tidak dapat merubah banyak hal di dunia ini.

Advertisement

6. Hiraukan setitik ketidaksempurnaan

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Noda titik hitam di kain yang putih memang terkadang mengganggu. Namun, jangan sampai setitik hal buruk itu merugikan kamu. Ketika kamu fokus pada satu hal yang buruk, membuat kamu melupakan banyaknya hal baik yang jauh membuat kamu merasa tenang. Kamu bisa fokus pada keseluruhan perjalanan kamu dari pada satu ketidak sempurnaan.

7. Trust yourself, you can do it!

Pexels.com

Pexels.com via https://www.pexels.com

Dari banyaknya cara yang ada, kamu harus percaya pada dirimu sendiri. Kamu harus percaya kalau kamu mampu menghadapi segala rintangan dalam hidup ini. Sama seperti sebelum-sebelumnya, kamu bisa melakukannya dan kamu bisa menghadapi segala rintangan yang ada.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama saya Rina Yuniarti yang lebih senang dipanggil Riinnaay sebagai nama penanya. Sudah suka menulis sejak duduk dibangku SMP menjadikannya ingin terus membuka pikirannya kepada dunia, dan salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu dijam sibuk untuk menulis. Kemudian, pada tahun 2017 menemukan tempat untuk berbagi, yaitu Hipwee. Sampai saat ini masih aktif berbagi sebagai penulis kontributor di Hipwee.

CLOSE