Temen-temen yang statusnya masih mahasiswa pasti nggak asing sama kata liburan semester yang lamanya sekitar 2-3 bulan gitu. wihhh lama banget ya! kira – kira enaknya mau ngapain ya! Begitulah kira-kira ungkapan mereka yang masih maba (mahasiswa baru ). Pasalnya status mereka yang kini berubah yang tadinya masih di sekolah menengah atas sekarang sudah menjadi mahasiswa.

Yang tadinya liburan mentok cuma dua minggu. Eh, jadi mahasiswa liburan semester aja sampe dua bulan. Wah, jangan sampe lupa ya, materi kuliahnya hehe. Gara-gara keasyikan liburan jadi deh lupa kalau masih kuliah wwkwk. memang ada ka? Ada. Salah satunya yang lagi ngomong sama kamu ini hehe. Tapi puji syukur pengalaman itu memang guru yang paling baik. Berkaca dari tahun lalu, mari simak 5 hal yang membuat masa liburanmu semakin produktif!

1. Mengajar les privat

mengajar les privat

mengajar les privat via http://cermati.com

Bagi kamu yang hobi mengajar, ini bisa jadi solusi yang paling tepat. Mulailah peka terhadap lingkungan sekitarmu, gunakan bidang ilmu yang kamu kuasai untuk membantu adik-adik yang mungkin mengalami kesulitan memahami pelajaran. Misalnya, kamu yang saat ini sedang kuliah di jurusan bahasa inggris, bergabung di sebuah lembaga tentor atau guru privat di daerahmu. Wah, selain mengasah skill mengajar dan mendapat penghasilan yang lumayan buat nambah uang jajan, juga mendapat pahala lho.

2. Berjualan online ala anak muda

Advertisement

Maraknya penggunaan media sosial akhir-akhir ini seperti Facebook, Instagram ,lLne, Telegram dan lain-lain. Semakin menambah banyaknya orang yang memanfaatkan peluang ini untuk berjualan. Hanya bermodalkan gadget, internet dan ketekunan seseorang bisa berbisnis tanpa modal uang jutaan dan stok barang sekalipun. Nah, bagi kamu yang aktif di media sosial, memanfaatkan waktu libur untuk berjualan akan menambah pengalaman kamu di bidang bisnis dan marketing.

3. Latihan Menulis Artikel

menulis artikel

menulis artikel via http://moola.id

Dengan menulis artikel, Anda dapat selalu update tentang fenomena terbaru. Anda juga bisa berbagi pengalaman unik atau pengetahuan yang bermanfaat bagi orang-orang sekeliling Anda. Mungkin awalnya susah untuk menulis artikel yang baik dan benar serta berkualitas. Ada baiknya kamu melatih menulis artikel jika memiliki banyak waktu luang saat kuliah apalagi jika kamu tipe orang yang malas keluar kosan atau rumah.

Kedepannya jika kamu sudah mahir menulis artikel, kamu bisa mengikuti kompetisi atau mencari web freelance penulis artikel. Siapa tahu kamu bisa memenangkan atau menyumbang artikel kamu dan mendapat bayaran, apalagi jika kamu dengan tidak sengaja direkrut menjadi penulis artikel tetap dari suatau web atau perusahaan. Lumayan kan waktu kuliah kamu tidak sia-sia.

4. Latihan membuat design grafis

latihan design grafis

latihan design grafis via http://ruangfreelance.com

Advertisement

Desain grafis akhir-akhir ini memang sedang naik daun. Anda bisa melihat beberapa contohnya dari kemasan makanan ataupun minuman yang dijual di booth yang ada di kampus Anda. Beberapa dari kemasan itu didesain oleh orang-orang yang ahli desain grafis. Anda bisa mencoba latihan dengan diawali menggambar dengan tangan kemudian masuk kepada latihan digital.

Jika Kamu sedang mengambil jurusan DKV ( Desain Komunikasi Visual) lebih baik manfaatkan momen ini untuk berkarya. Anggap saja jika setidaknya Kamu sudah sedikit ahli dalam desain grafis Kamu bisa ikut kompetisi yang ada dikampus atau bahkan yang ada di internet, baik lokal maupun internasional. Meskipun Kamu tidak menang setidaknya Kamu memiliki suatu karya yang bisa Kamu simpan untuk portofolio. Ini sangat berguna untuk mendapatkan perkerjaan terutama bagi kamu yang ingin menjadi desainer grafis profesional.

5. Berkarya melalui kerajinan tangan

Bagi kamu penyuka barang-barang unik dan berbau handmade , mungkin mencoba membuatnya sendiri nggak ada salahnya lho. Malah selain bisa mengasah tingkat kreativitas kamu, juga bisa mendapat penghasilan dengan menjualnya.

Sangat disarankan kalau memanfaatkan waktu liburmu dengan bergabung dengan komunitas pembuat handmade di daerahmu. Karena selain menambah ilmu juga memperluas relasi . Siapa tahu suatu saat kamu bisa membuka bisnis di bidang ini. Bagaimana tertarik mencoba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya