Selain untuk melihat tempat wisata yang indah, tentunya ketika kita berkunjung ke suatu kota maka kita pasti ingin mencicipi kuliner yang enak-enak di tempat tersebut. Nah, kalau kamu sedang berada di Batam atau hendak berkunjung ke kota yang indah ini hendaklah kamu mencicipi makanan yang tentunya akan menggoyang lidah dan buat kamu tidak lupa dengan kota Batam. Kota Batam dihuni oleh masyarakat dari beranekaragam suku, mulai dari Melayu, Jawa, Padang, Batak, Palembang dll. Hal inilah yang membuat makanan di Batam sangat bervariasi, kamu bisa memilih makanan sesuai selera. Kemudian karena lokasi Kota Batam berada di kepulauan, makanya identik dengan makanan hasil laut yang segar, kamu dengan mudahnya menemukan restaurant seafood di setiap sudut kota dan selalu ramai akan turis lokal maupun mancanegaranya. Selain seafood, masih banyak lagi kok tempat makan yang wajib kamu datangin dan cicipi saat berada di Kota Batam.

Nah berikut ini 6 tempat wisata kuliner yang perlu kamu kunjungin ketika berada di Kota Batam,, kamu pasti akan ketagihan dan ingin kembali deh:

1. AMIR PRATA

Penduduk Batam pasti udah kenal deh sama tempat yang satu ini. Amir Prata berlokasi di Tiban Center, berada diantara berbagai jenis tempat makan lainnya. Amir Prata buka dari pagi hari hingga malam hari, dan selalu ramai di kunjungin oleh orang-orang yang ingin menikmati menu makanan di tempat tersebut. Menu andalan dari Amir Prata yaitu prata dengan banyak pilihan rasa seperti coklat, keju, telur, pisang dll. Tentunya harga yang dipatok sangat terjangkau sekitar Rp 10.000 s/d Rp 20.000, selain prata kamu juga wajib mencoba menu mie lendir, mie yang di siram dengan kuah kacang yang kental, sangat nikmat . Untuk minuman, kamu wajib mencoba teh tarik yaitu teh khas melayu ada yang panas maupun dingin, selain itu juga masih ada minuman lain seperti milo, kopi dll. Di sekitar Amir Prata masih banyak tempat makan lainnya yang bisa kamu coba kok, mulai dari pagi hari hingga malam hari kamu bebas memilih tempat makan yang kamu suka deh. Jadi, enak kan di satu tempat penuh dengan aroma makanan yang mengundang selera.

2. MIE TAREMPA

Nama tempat kuliner yang ke 2 ini memang Mie Tarempa, karena menu andalan mereka yaitu Mie Tarempa. Di Batam, terdapat beberapa penjual mie tarempa namun yang paling ramai dengan pengunjung adalah Mie Tarempa Batam Center dan cabangnya yang berlokasi di Sei Panas. Olahan mie ini ada beberapa pilihan, mulai dari mie tarempa basah, lembab hingga kering. Ciri khas dari mie tarempa adalah terdapat potongan ikan yang membuatnya semakin nikmat untuk disantap apalagi dengan harga sekitar Rp 15.000 udah bisa kamu cicipin loh. Jangan khawatir, di sini masih banyak menu yang bisa kamu pilih kok dan yang lebih nikmatnya lagi makanan tersebut adalah makanan lokal dari Kepulauan Riau yaitu Anambas. Walaupun kamu tidak bisa membawa mie tarempa sebagai oleh-oleh, di sini ada Luti Gendang yang menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan. Luti Gendang itu apa sih? Luti Gendang itu makanan khas dari Anambas sama seperti Mie Tarempa, tekstur luti gendang lembut dan isian yang gurih dan bentuknya lonjong. Luti Gendang sebenarnya mirip dengan roti goreng, akan tetapi rasanya sangat khas dan berbeda dari tempat yang lain, makanya pengunjung suka banget nih jadiin oleh-oleh gitu. Harga untuk luti gendang sangat lah ramah di kantong kamu yaitu sekitar Rp 3.000/pcs, tapi pasti kalau makan 1 aja enggak cukup kan.

3. MORNING BAKERY

Aneka Pilihan Makanan yang Menggoda via https://www.instagram.com

Advertisement

Kenapa harus ke morning bakery? Karena disini kamu akan menemukan berbagai jenis makanan, mulai dari menu serapan pagi hingga malam hari. Morning bakery juga memiliki banyak cabang, karena itu sangat mudah ditemukan. Ketika kamu ke tempat ini saat pagi hari, jangan lupa untuk memesan mie lendir, menu makanan mie lendir di sini banyak dipesan oleh pengunjung karena cita rasanya yang nikmat. Tapi, kalau kamu enggak ingin makanan berat, kamu bisa kok memesan roti dengan segelas minuman pilihan seperti aneka kopi, juice, ice cream dll. Kamu akan menemukan banyak pilihan roti maupun cake dengan berbagai rasa, dan minuman dengan harga yang sangat ramah di kantong. Kalau kamu berkunjung untuk mencicipi salah satu menu di sini, enggak usah heran karena semua kalangan dari anak-anak muda hingga orang tua suka menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Jadi, kamu bisa lihat yang kece-kece juga, siapa tau ketemu jodoh.

4. Berbagai Pilihan Restaurant Seafood

Enggak sah rasanya kalau kamu berkunjung ke Kota Batam tanpa mencicipi aneka seafoodnya. Banyak banget pilihan restaurant yang bisa kamu coba, nah beberapa diantaranya ada Restaurant Seafood Golden Prawn yang berlokasi di Bengkong Laut, restaurant ini selalu ramai dikunjungin oleh turis mancanegara, kamu juga bebas memilih menu dan yang pasti aneka seafood seperti gong-gong atau udang dll masih hidup loh, pastinya segar kan. Memang sebagian besar restaurant seafood menyediakan pilihan menu seafood yang masih hidup, jadi kamu bebas menentukan pilihan deh. Selain Golden Prawn, masih ada berbagi restaurant di daerah Piayu Laut. Lokasinya yang di tepi laut membuat pengunjung semakin betah untuk makan di sini, terdapat restaurant Love Seafood, Jawa Melayu dll. Kamu juga bebas kok memilih menu apa yang ingin di pesan, apalagi sambil menunggu pesanan selesai dimasak kamu bisa melihat pemandangan sekitar dengan air laut yang cukup jernih atau sekedar mengabadikan momen dengan berfoto. Pilihan restaurant lainnya berlokasi di Barelang, duh lokasi yang sangat strategis banget deh. Setelah lelah menikmati wisata di sekitaran Barelang, kamu bisa deh memanjakan lidah di salah satu Kelong Seafood Restaurant Kopak Jaya 007, Kopak Jaya 007 ini memiliki pemandangan yang keren banget langsung menghadap jembatan 1 Barelang, Restaurant ini menyajikan hasil laut yang segar dan tentu saja hidup. Kalau kamu pencinta seafood, banyak pilihan yang bisa kamu coba di Batam yang penting sesuaikan dengan budget yah , harga di berbagai restaurant sangat bersaing dan masih affordable kok.

5. Warung Melayu Pemping

Warung Melayu Pemping ini berlokasi di Sei Harapan Sekupang. Di sini menjual aneka makanan dengan cita rasa khas melayu, kamu bisa mencoba nasi lemak karena menu ini banyak di minati oleh pengunjung. Nah selain nasi lemak juga masih banyak pilihan lainnya kok, ada ayam goreng, sotong bakar dsb. Untuk harganya enggak usah khawatir, karena sangat terjangkau mulai dari Rp 10.000 kamu ud bisa menikmati salah satu menu makanan yang dijual di tempat ini.

6. Kedai Kopi Pak Botak di Belakang Padang

Advertisement

Kedai kopi ini memang enggak berlokasi di pusat kota Batam, jadi kamu perlu menyebrang sebentar dari pelabuhan Sekupang dengan tiket kapal sekitar Rp 15.000 dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Selain untuk makan, kamu juga bisa memanjakan mata dengan panorama laut yang indah loh.

Kedai Kopi Pak Botak ini udah di kenal loh sampai ke Negara tetangga, jadi kamu wajib nih berkunjung ke kedai kopi yang satu ini untuk merasakan kenikmatan menu dari Kedai yang satu ini. Penasaran dengan menu andalannya? Kamu bisa mencoba Mie lendir, Nasi lemak, Prata, Soto, Lontong dll tentunya dengan cita rasa melayu yang khas jadi pasti berbeda dengan tempat lainnya. Untuk pilihan minuman, kamu bisa mencoba teh tarik yang panas maupun dingin, es gunung dan masih banyak lagi. Harga untuk makanannya mulai dari harga Rp 10.000, dan untuk minuman mulai dari harga Rp 8.000, sangat terjangkau untuk merasakan kenikmatan yang membuat kamu ketagihan dan ingin kembali kan.

Nah, udah tahu kan beberapa tempat kuliner yang enak di Batam, harga yang terjangkau dengan cita rasa maknyos deh. Gimana, tertarik untuk mencicipi yang mana satu nih? atau semuanya?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berlibur ke Kota Batam .

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya