Meski masing-masing orang dikaruniai tingkat kecerdasan yang berbeda, namun nggak berarti hasil tes IQ yang kamu dapatkan sudah mutlak dan nggak bisa diubah lagi. Sama seperti skill lainnya, kecerdasan juga bisa dilatih dan ditingkatkan. Caranya, nggak selalu harus sekolah mahal-mahal, tapi cukup dengan berlatih untuk memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah dengan cara main game. Kamu pasti pernah mendengar pendapat para ahli bahwa mereka yang hobi main game punya kecerdasan tinggi. Hal ini dikarenakan, dalam beberapa game, kamu akan disuguhi simulasi persoalan sehari-hari yang harus kamu pecahkan dengan mengandalkan kecermatan, logika, matematika, ketelitian, dan daya ingat. Nah, game-game yang sudah Hipwee rangkum di bawah ini, bisa kamu pakai untuk melatih kecerdasanmu. Kamu bisa senang-senang, sekaligus tambah pintar!

1. Olahraga otak selama 15 menit per harinya bersama Lumosity. Nggak akan berasa beratnya, tapi nambah pintarnya terasa

Lumosity~ via tidbits.com

Lumosity ini bukan sembarang game, karena didesain oleh para ahli neuroscientist dari berbagai institusi terkenal di dunia, dengan tujuan untuk meningkatakn daya ingat, kecepatan, dan berbagai aspek kecerdasanmu. Di lumosity, kamu akan disodori berbagai macam game yang bisa kamu mainkan, sesuai aspek mana yang ingin kamu kembangkan. Misalnya, kamu ingin mengasah daya ingat, kamu akan diberikan game-game yang sesuai. Aplikasi ini dapat kamu mainkan secara gratis, dengan 3 game per harinya. Tapi kalau kamu pilih yang premium, alias berbayar, kamu bisa dapat game lebih banyak lagi. Kamu juga bisa melihat tracking kecerdasanmu selama main game ini. Jadi kamu bisa melihat langsung apakah daya ingatmu bertambah atau mentok sampai situ. Uniknya lagi, Lumosity bisa mengingatkan kamu untuk ‘olahraga otak’ selama 15 menit setiap harinya lho. Nggak penasaran?

2. Bertahan dari serangan zombie dengan berkebun. Plant vs Zombie akan mengajarimu dari perancang strategi ulung sekaligus tukang kebun yang berdedikasi

Plant vs Zombie via play.google.com

Advertisement

Game buatan PopCap ini memang nggak ada matinya. Di sini kamu harus mempertahankan rumahmu dari serangan zombie. Caranya dengan menanam berbagai macam tanaman yang akan berfungsi sebagai senjata. Masing-masing zombie dan tanaman punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Nah, tugasmu adalah membuat kebun pertahanan, dengan menyusun berbagai tanaman sesuai fungsinya, untuk mencegah zombie-zombie masuk ke rumah dan memakan otakmu. Meski sekilas sederhana, tapi Plant vs Zombie menuntut kamu untuk pandai berstrategi lho. Kalau kamu salah memperhitungkan harus menanam tanaman apa, bisa-bisa kebunmu porak-poranda diacak-acak zombie. Sekarang sudah ada Plant vs Zombie 2. Kamu sudah pernah coba?

3. Ayo belajar mencari solusi paling masuk akal untuk memecahkan masalah di game Scribblenauts! Anti bosan, tambah pintar!

Scribblenauts via store.goldenjoystick.com

Ini dari game ini adalah kamu dituntut untuk memecahkan situasi dengan mengandalkan logika dan imajinasi. Kamu akan dihadapkan pada sederet masalah untuk dipecahkan. Misalnya, ada anak kucing terjebak di atap genteng rumah. Nah, bagaimana kamu bisa menyelamatkan anak kucing yang lucu itu? Kamu bisa memakai berbagai benda untuk menolongnya. Hampir semua benda bisa kamu akses, tinggal diketikkan saja namanya. Kamu bisa saja memakai bom untuk menghancurkan rumah. Tapi selain rumahmu hancur, si anak kucing bisa saja ikut terbunuh kan? Kamu juga bisa memakai memakai helikopter untuk naik ke atas sana. Tapi mendengar suara helikopter itu, bisa-bisa si anak kucing malah ketakutan dan ngumpet duluan. Intinya, kamu harus mencari cara yang paling masuk akal, sederhana, serta paling cepat. Seru banget. Sayangnya, game buatan Warner Bross ini nggak gratis, alias berbayar.

4. Di Game The Curse, kamu harus memutar otak untuk meloloskan diri dari kutukan mannequin. Caranya dengan memecahkan teka-teki yang pastinya nggak gampang

The Curse via obamapacman.com

Seperti namanya, di game ini kamu harus menyelamatkan diri dari kutukan manekin. Caranya adalah dengan menjawab 100 teka-teki yang diberikan oleh si mannequin, karakter dalam game ini yang sekaligus merangkap sebagai host. Teka-teki yang harus kamu pecahkan sungguh beragam. Ada yang mengandalkan daya ingat, menyusun puzzle, teka-teki yang mengharuskanmu jago strategi, dan banyak teka-teki yang menguji kecerdasan lainnya. Serunya lagi, teka-tekinya nggak dibuat fleksibel. Alias, kamu harus menyelesaikan satu teka-teki untuk bisa lanjut ke teka-teki selanjutnya. Setiap kali kamu berhasil memecahkan teka-teki, kamu akan mendapat petunjuk untuk teka-teki berikutnya. Aplikasi ini nggak gratis juga. Tapi keseruan yang akan kamu dapat juga sepadan.

5. Game 2048 diciptakan untuk kamu pecinta matematika. Menuntutmu untuk cermat dan sabar.

2048 adalah game yang cukup populer. Sering dimainkan orang sambil yang sedang menunggu antrian ataupun sambil mengisi waktu saat sedang naik kereta. Inti dari permainan ini adalah bagaimana kamu bisa mengalikan angka sehingga nilainya menjadi 2048. Game ini dimainkan disebuah bidang datar yang terdiri dari 4 x 4. Masing-masing kotak berisi angka dengan kelipatan 2. Dasar permainannya, kamu harus menggeser dua kotak yang bernilai sama untuk menambahkan kedua nilai tersebut. Dua kotak yang digabung akan membentuk satu kotak dengan nilai penjumlahan keduanya. Kamu harus melakukan ini terus sampai nilai bidangmu mencapai 2048 atau lebih. Tapi ini nggak gampang. Kamu harus cermat dan teliti, karena pada masanya nanti kamu akan kesulitan menggeser kotak untuk menggabungkan dua angka yang sama.

6. Di game flow free, kamu akan paham betapa sulitnya menghubungkan dua titik meski letaknya berdekatan. Kalau sudah begini, kamu pasti paham kenapa jodoh kadang datangnya kelamaan. Hehe

Flow free via www.youtube.com

Sama seperti 2048, game ini juga cocok kamu mainkan saat sedang menghabiskan waktu. Selain seru juga bisa menambah kecerdasanmu. Game ini dimainkan dalam sebuah bidang yang terdiri dari beberapa kotak. Di beberapa kotak ada pasangan titik yang berwarna sama, dengan lokasi yang berbeda. Tugasmu adalah menarik garis yang menghubungkan kedua titik tersebut melewati kotak-kotak, sehingga nggak ada lagi kotak yang kosong. Garisnya nggak boleh saling menabrak. Awalnya mudah karena jumlah kotak dan titiknya masih sedikit. Namun semakin lama jumlah kotaknya semakin banyak, dan jumlah pasangan titik yang harus kamu hubungkan juga semakin banyak. Di sini kamu dituntut untuk cermat dan jeli untuk membuat alur yang mantap, agar semua titik terhubungkan dan semua kotak terpenuhi.

7. Sebagai anak 90an, sungguh terlalu bila kamu tak tahu game Tetris ini. Meski sederhana, tapi fungsinya luar biasa

Tetris~ via www.gamespot.com

Bebarengan dengan bongkar pasang dan tamagochi, tetris yang bisa kamu mainkan dengan game bot ini juga pernah populer di zamannya. Kalau sudah main ini, kamu bisa duduk seharian. Permainannya sederhana, kamu hanya harus menyusun balok yang bentuknya beragam. Tapi di permainan ini kamu dituntut untuk cermat dan berpikir cepat untuk menentukan posisi yang pas untuk balok yang datang. Kalau kamu salah perhitungan, yang ada tembok yang kamu susun jadi bolong-bolong dan game over.

8. Menggambar asyik sekaligus belajar konsep-konsep fisika, kamu bisa mencobanya di Game Crayon Physics. Serunya luar biasa!

Crayon physics via welshtroll.co.uk

Keberadaan game ini sudah lumayan lama. Konsepnya yang digunakan pun sebenarnya sederhana. Game terdiri dari bola merah dan bintang berwarna kuning. Kedua benda tersebut berada di lokasi yang berbeda. Nah, tugasmu adalah menggambar benda-benda yang bisa membuat bola merah menyentuh bintang. Kamu bisa membuat tali, membangun katrol, menciptakan mobil untuk mendorong bola, dan banyak cara lainnya. Gambarnya nggak perlu bagus, yang penting bisa menggerakan bola. Meski terdengarnya fun dan ‘anak-anak’ banget, tapi di game ini kamu harus menggunakan perhitungan fisika lho. Bagaimana caranya bola di tanah bisa melambung sehingga menyentuh bintang yang terletak di atas meja, itu semua bisa bikin kamu sepusing dulu waktu ikut pelajaran fisika.

9. Uji IQ mu secara mandiri di game Brain Wars. Bisa sekalian bertanding dengan banyak orang!

Brain Wars via www.droid-life.com

Kamu masih ingat game Duel Otak yang beberapa waktu lalu booming? Bila Duel Otak menguji pengetahuan umum dan wawasan kita, Brain Wars menguji daya tangkap, ketangkasan, dan IQ kita. Sama sepertu duel otak, Brain Wars adalah game yang bisa kamu mainkan secara multiplayer, alias bertanding dengan lawan. Ada banyak game yang bisa kamu mainkan. Ada simplicity yang menguji kemampuan kalkulasi, ada bird watching yang menguji skill observasi, Reverse RPS yang menguji kejelian dan ketangkasan kita main suit, dan Concentration yang menguji daya konsentrasi kita. Selain bisa multiplayer, kamu juga bisa mengikuti berbagai liga yang berbeda kasta. Tapi tentunya, untuk masuk liga yang kastanya tinggi, kamu juga harus mengalahkan banyak lawan dulu.

10. Meski intinya cuma memberi makan Katak, game Cut The Rope ini juga lumayan membuatmu mumet juga

Cut The Rope via apps.leapmotion.com

Sesuai dengan namanya, di game Cut The Rope, kamu harus memotong tali pada permen, sehingga permennya bisa dimakan oleh katak yang bernama Om Nom. Tapi ini nggak semudah yang kamu bayangkan. Permen yang diikat dengan tali itu diletakkan pada posisi yang sulit, seperti menggantung di atas, sementara Om Nom menunggu di bawah dengan kelaparan. Kamu harus menemukan momen serta posisi yang pas untuk memotong tali sehingga permen itu bisa terlempar tepat ke mulut Om Nom. Semakin meningkat levelnya, semakin sulit teka-teki permen yang harus kamu pecahkan. Dalam game ini, setidaknya kamu dituntut untuk cermat dan punya logika yang bagus, untuk menentukan tali yang mana dulu yang harus dipotong agar permen nggak malah semakin jauh dari jangkauan Om Nom.

Saat kamu sedang punya banyak waktu luang, misalnya sedang menunggu kereta datang, daripada bengong lebih baik kamu manfaatkan waktu untuk olahraga otak. Dengan game-game yang bisa kamu mainkan di ponsel pintarmu itu, kamu bisa meningkatkan kecerdasan dengan cara yang fun. Lumayan kan, daripada kamu hanya bengong saja atau scrolling media sosial. Yuk dipraktikkan!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!