Gak cuma untuk jenjang Master atau S2 aja. Sebenarnya, banyak beasiswa yang juga tersedia buat mahasiswa di tingkat sarjana. Hanya saja, mungkin informasinya tidak sebanyak dan nama-nama programnya tak seterkenal beasiswa S2.

Kalau kamu punya adik atau ponakan yang masih atau sebentar lagi masuk kuliah di tingkat sarjana (atau mungkin kamu sendiri masih kuliah S1 juga?), gak ada salahnya menyimak informasi di bawah ini. Siapa tahu, kamu, saudara, atau teman dekatmu bisa apply!

1. Kalau kamu atau teman baru mau jadi mahasiswa, melamar beasiswa Bidikmisi nggak ada salahnya

UIN Jakarta, salah satu perguruan tinggi yang ada program Bidikmisi via kabartangsel.com

Beasiswa dari pemerintah Indonesia ini menargetkan generasi penerus bangsa yang kaya prestasi, namun menemui halangan dari segi ekonomi. Prestasi di sini gak cuma akademik saja ya, tapi juga non-akademik. Sebelum mendapat beasiswa ini, tentu saja kamu perlu mengikuti jalur resmi masuk ke perguruan tinggi. Ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur masuk mandiri PTN serta PTS.

Karena setiap tahunnya program beasiswa ini selalu dibuka, jangan heran kalau peminatnya banyak ya. Persiapkan dari sekarang kalau mau diterima. Informasinya bisa kamu simak lebih jauh di siniGood luck!

2. Gak cuma pemerintah, beasiswa juga bisa kamu terima dari perusahaan swasta. Djarum Foundation salah satunya

Advertisement

tunggu apa lagi? via ruang-kampus.blogspot.co.id

Nggak mau kalah dengan pemerintah, pihak swasta juga ikut berkontribusi dalam meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Indonesia. Sejak tahun 1984, Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus memberikan bantuan yang nggak cuma biaya pendidikan dan hidup aja, tapi juga pelatihan soft skills yang bermanfaat besar bagi kamu di masa depan. Pelatihan tersebut diberikan kepada para Beswan Djarum (sebutan untuk penerima beasiswa) yang terdiri dari Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. You wanna try? Syarat-syaratnya bisa kamu baca di sini.

3. Yang berdomisili di pulau Jawa, kenapa nggak coba apply beasiswa Astra?

Ada banyak beasiswa, yuk coba! via www.rri.co.id

PT Astra International Tbk mempersilahkan kamu yang saat ini berminat atau tinggal di pulau Jawa untuk mengambil peluang yang dibuka dalam menggapai cita-cita. Bantuan berupa beasiswa ini juga dibarengi dengan pembekalan soft and technical competencies selama satu tahun.

Selain donasi pendidikan setap semesternya, Astra International juga memberikan kepada kamu untuk belajar di Grup Astra serta tambahan donasi jika kamu ikut serta dalam proyek perusahaan. Kurang apa lagi?

4. Bagi kamu yang kaya prestasi tapi terpentok masalah ekonomi, coba lirik Beasiswa BCA Finance dari Bank BCA ini!

semangat ya ngejar beasiswanya! via news.okezone.com

“Mati satu, tumbuh seribu. Gagal Beasiswa yang satu, coba beasiswa yang lainnya deh.”

Yup! Kamu masih muda, gak usah putus asa kalau gagal sekali aplikasi beasiswa. Karena kamu dijamin nggak akan pernah rugi kalau berusaha untuk suatu hal yang bakal berpengaruh baik untuk hidupmu mendatang.

Beasiswa dari BCA Finance ini diberikan kepada kamu yang kurang mampu dan berprestasi diberbagai bidang. Untuk mendapatkan itu juga bukan hal yang mudah lho, apalagi saingannya di mana-mana. Oleh karena itu, kamu perlu perhatiin nih baik-baik persyaratannya:

  • kamu masih mahasiswa S1
  • minimal telah atau sedang menyelesaikan semester II
  • IPK minimal 3,00 untuk kamu yang kuliah di PTN dan 3,40 buat kamu yang kuliah di PTS.

Masih belum telat dong ya ikutan beasiswa?

5. Ada juga National Champion Scholarship dan Regional Champion Scholarship dari Tanoto Foundation

“chibi-chibi-chibi” ala penerima beasiswa Tanoto Foundation via news.okezone.com

Tanoto Foundation adalah yayasan yang didirikan Sukanto dan Tinah Bingei Tanoto, pengusaha konglomerat Indonesia. Tujuannya, mewujudkan kepedulian dan menanggulangi kemiskinan. Salah satunya dengan memberikan beasiswa pendidikan.

Tanoto Foundation bermitra dengan 9 perguruan tinggi: IPB, ITB, UGM, Universitas Hasanuddin, UI, Univeritas Jambi, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara. Nah buat kamu yang berada di salah satu perguruan tinggi tersebut, kamu bisa mengikuti program National Champion Scholarship. Sedangkan kalau kamu berada di wilayah Sumatera Utara, Jambi, dan Riau, kamu bisa mengambil peluang beasiswamu pada program Regional Champion Scholarship. Dipilih-pilih aja ya! Syarat-syaratnya bisa kamu lihat di sini.

6. Kenapa nggak mencoba ngerasain kuliah satu semester di Amerika? AMINEF menyediakan kesempatan buat kamu!

Ini dia salah satu penerima beasiswa AMINEF via www.instagram.com

AMINEF punya program Global Undergraduate Exchange buat kamu yang mau ngerasain kuliah satu semester di Amerika. Program ini berlaku buat kamu yang masih menempuh pendidikan S1 atau D4. Program ini memiliki beberapa kriteria calon penerima beasiswa yang harus dipenuhi. Di antaranya:

  • Nilai TOEFL-mu minimal 500 (sertifikatmu gak boleh berumur lebih dari 2 tahun)
  • Diutamakan yang belum pernah punya pengalaman tinggal atau belajar di Amerika
  • Sudah selesai kuliah semester I, tapi belum melewati semester VI

Syarat-syarat lainnya bisa kamu lihat di sini. Kuliah di luar negeri? Siapa takut!

7. Kalau mau menimba ilmu sekalian jalan-jalan benua biru, nggak ada salahnya mencoba Erasmus Mundus AREAS

Erasmus Mundus Scholarship Program via tuaralampung.blogspot.co.id

Di Erasmus Mundus AREAS, kamu yang masih S1 bisa mengikuti pertukaran jangka pendek non-degree. Untuk bisa mengikutinya pun, kamu harus menyelesaikan studimu minimal satu tahun.

Ada macam-macam universitas di Eropa yang bisa kamu tuju dengan beasiswa ini. Misalnya saja Politecnico di Torino, Italia; KU Leuven, Belgia; dan Masaryk University, Ceko. Kamu bisa memilih dua universitas di Eropa untuk kamu tuju.

Informasi lebih lengkapnya lagi, ada di sini!

8. Impianmu ke Eropa juga bisa diwujudkan dengan program beasiswa lainnya, yaitu Erasmus Mundus Lotus

because we are so happy! via eeas.europa.eu

Sama seperti Erasmus Mundus AREAS,bagi kamu yang kepingin bisa ke negara Eropa sambil menimba ilmu, bisa ikutan Undergraduate Program Erasmus Mundus Lotus. Apalagi kalau mau banget keliling stadion tim sepak bola di Inggris, pilihan University of Kent di UK bisa kamu jadikan referensi lho. Selamat mendaftar di sini!

9. Buat penggemar K-Pop, bisa nih kuliah sambil nonton idolamu lewat Global Korea Scholarship Program

kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Yang lagi tergila-gila dengan berbagai hal tentang Korea Selatan, mulai dari film, musik, dan acara televisinya, tenang aja deh! Karena kamu bisa ikutan beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) yang sangat didukung oleh Pemerintah Korea Selatan.

Seleksi untuk lolos sebagai penerima beasiswa GKS ini dilakukan melalui universitas rekanan, salah satunya yaitu Universitas Indonesia. Untuk mempermudah, kamu bisa cek laman resmi universitas yang kamu tuju. Dengan begitu, kamu jadi mengetahui universitas yang dituju dengan universitas rekanan di Indonesia. Cukup sulit lho ikut seleksi beasiswa program GKS ini kalau bukan dari dari universitas rekanan.

10. Exchange Program dari Fukuoka Women’s University juga seru nih! Kamu jadi bisa berkeliling tempat di mana kartun favoritmu diciptakan

Fukuoka Women’s University via www.scoopnest.com

Hingga saat ini, Fukuoka Women’s University telah bekerjasama dengan dua perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Darma Persada. Kerjasama ini membuat antar perguruan tinggi saling berpartisipasi dalam Exchange Program selama setahun dengan fokusnya disesuaikan dari masing-masing negara dan berbagai bidang akademik.

Kamu yang terpilih berarti telah lolos penilaian dari IPK, TOEIC/TOEFL/IELTS, rencana belajar di Fukuoka dan tujuannya. Jadi, nggak masalah kan berusaha semaksimal mungkin tapi hasilnya memuaskan? Apalagi kalau bisa keliling seluruh wilayah Jepang!

11. Satu lagi dari Jepang, Japan Student Services Organization (JASSO) yang ngebuat kamu menikmati keindahan Negeri Sakura

Japan Student Services Organization via www.unsri.ac.id

Buat kamu yang mau tetap kekeuh bisa ngerasain kuliah di Jepang, kamu juga bisa ikutan program beasiswa Japan Student Services Organization (JASSO). Beasiswanya sendiri ada yang mengajukan permohonannya sebelum datang ke Jepang maupun setelah datang di Jepang. Tapi, umumnya juga pengajuan beasiswa ini diharuskan setelah berada di Jepang. Seleksi penerimaannya layaknya beasiswa lainnya seperti seleksi dokumen, ujian tertulis, kemampuan kamu berbahasa asing, dan wawancara. Kamu bisa langsung menghubungi bagian mahasiswa asing di universitas Jepang yang kamu mau, karena hampir semua pendaftaran diwajibkan melalui kampus yang dituju oleh kamu. Do your best! 

12. Pemerintah Tiongkok juga memberi beasiswa ke negara-negara ASEAN. Nama programnya, Guangxi Government Scholarship for ASEAN Students 

wawasanmu semakin meluas dengan bertemu orang-orang baru via www.akp.gov.kh

Karena Indonesia merupakan salah satu bagian dari negara ASEAN, kamu mempunyai kesempatan bagus lainnya untuk mendapatkan beasiswa. Program yang dinamai Guangxi Government Scholarship for ASEAN Students ini sudah ada sejak 2010 dan telah meringankan beban penerus bangsa ini dimulai dari biaya pendaftaran ke universitas, biaya kuliah, buku dan materi perkuliahan, akomodasi, asuransi kesehatan dan kecelakaan, dan biaya hidup.

Kamu akan diberi kesempatan untuk belajar di program Bahasa Tiongkok selama setahun. Jangan lupa juga agar kamu melakukan pendaftaran di kampus mana yang kamu tuju. Tertarik mencoba? Langsung aja ke sini!

Nah, sudah menentukan mau ikut program beasiswa yang mana? Semoga berhasil! Siapkan motivation letterrecommendation letter, dan TOEFL kamu dari sekarang ya!