Namanya hidup kadang di atas kadang di bawah. Akan ada saja masanya di mana kamu merasa segalanya begitu sulit. Persoalan datang bersamaan bikin kamu bingung mana yang harus lebih dulu diselesaikan. Saat hari itu datang, rasanya apa-apa jadi makin sulit dan berat. Sampai-sampai napas saja bikin kamu kecapekan. Wajar, banyak kok orang yang mengalaminya. Setiap jalan menuju kesuksesan pasti ada saja halang rintang yang menghadang.

Seperti itu juga perjuangan peserta Counterpain Mud Warrior 4 di Puncelling Pass, Ciwidey Bandung, tanggal 31 Maret 2018 kemarin. Kompetisi olahraga bergaya Obstacle Course Race yang menggabungkan lomba lari dengan halang rintang ini dibuat dengan standar militer. Mengikuti kompetisi ini, jangan harap bisa keluar tanpa kotor-kotoran dan bahkan banyak yang cidera. Karena sepanjang rute yang terbagi menjadi 5km (Warrior Runner) dan 10-15km (Elite Runner), ada 26 halang rintang yang harus ditaklukkan. Meski begitu, peserta mengaku tetap bersenang-senang kok.

Advertisement

Pengalaman peserta Counterpain Mud Warrior 4 ini bisa dijadikan teladan. Terutama untuk kamu yang sedang merasakan titik-titik terberat dalam kehidupan. Karena beberapa hal ini layak sekali kamu perhatikan. Yuk simak sambil menenangkan diri~

1. Kekuatan fisik saja tak cukup. Mental yang kuat jauh lebih membantu saat menghadapi tekanan berat

Butuh kekuatan mental

Yang fisiknya kuat dan badan atletis belum tentu menjadi pemenang di Counterpain Mud Warrior 4. Sebab halang rintang yang ada seperti Great Wall, Fire Jump, Monkey Bar, Barbwire Crawl, Wall Jump, dan  Rope Climb membutuhkan mental yang harus kuat untuk ditaklukkan.

Seperti itu juga dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kamu melihat orang lain begitu hebat sehingga membuatmu merasa seperti butiran debu. Namun terkadang mental yang kuat jauh lebih dibutuhkan saat menghadapi tekanan. Bisa jadi kamu yang sedang merasa paling lemah posisinya, justru jauh lebih kuat dibanding orang lain. Dan belum tentu orang lain bisa sekuat kamu saat menghadapi persoalan yang sama. Jadi, semangat ya!

2. Tak ada kesuksesan tanpa kotor-kotoran. Jatuh bangun saat dalam keseharian itu hal yang biasa

Kotor-kotoran

Advertisement

Di Counterpain Mud Warrior 4, tak ada peserta yang melenggang ke garis finish dengan penampilan cantik. Ada yang tubuhnya dipenuhi lumpur dari ujung kaki ke ujung kepala, ada yang bersimbah peluh dan lecet di sana-sini, dan bahkan ada yang berjalan dengan terpincang-pincang. Sesuai dengan semangat No Pain No Gain, peserta memang harus melalui banyak jatuh bangun untuk bisa tertawa di garis finish.

Bukankah dalam hidup juga begitu? Terkadang kita sudah mendapat satu tujuan, namun jalan untuk mendapatkannya bukan main sulitnya. Gagal bukan hanya sekali menghampiri, tapi berkali-kali. Kadang jatuhnya pun sakit sekali. Namun untuk mencapai sebuah tujuan, jatuh bangun memang diperlukan. Supaya ketika berhasil mencapainya, rasanya bisa kamu kenang selamanya.

3. Gagal sekali tak seharusnya membuatmu enggan mencoba lagi. Sebab kamu tak tahu seberapa dekat keberhasilan sudah di depanmu

Gagal berkali-kali

Dalam Counterpain Mud Warrior 4, Elite Runner yang tidak berhasil melalui rintangan harus menggantinya dengan push up yang diawasi tentara. Namun pada rintangan terakhir, yaitu Great Wall, harus dilalui dengan sempurna. Peserta diharuskan mendaki dinding cekung setinggi 3 meter yang licin. Banyak yang harus mencoba berkali-kali untuk sebelum berhasil.

Pun dalam mencapai mimpi, sekali kegagalan seharusnya nggak membuat kita berhenti. Karena kita nggak tahu sudah seberapa dekat keberhasilan itu. Seandainya kamu menyerah sekarang, lalu ternyata kamu hanya perlu bertahan sedikit lagi untuk mendapatkan apa yang kamu cari, bukankah sesalnya semakin menjadi-jadi?

4. Tak peduli hasilnya apa, proses lah yang lebih utama. Sebab banyak yang bisa kamu pelajari dari sana

Yang penting prosesnya

Dari ratusan peserta yang berpartisipasi, hanya dipilih beberapa pemenang, yaitu: 3 juara untuk kategori male 10K, 3 juara untuk kategori male 15K, 3 juara untuk kategori female 10 K, dan 3 juara untuk kategori female 15K. Namun Counterpain Mud Warrior 4 memang bukan sekadar kompetisi, melainkan sebuah momen yang bisa dikenang, mulai dari susah-susahnya menaklukkan rintangan hingga seru-seruan bareng teman-teman.

Seperti dalam kompetisi yang tidak semua orang bisa menjadi juara, tidak setiap mimpi yang kita kejar bisa terwujudkan. Terkadang kita memang harus berdamai dengan kenyataan. Namun berhentilah melihat hanya hasil semata, sebab dalam perjalanannya, proses lebih memberimu ilmu dan hal yang bisa diambil hikmahnya.

Memang sekilas hanya kompetisi maraton. Namun banyak hal yang bisa ambil pelajaran dari Counterpain Mud Warrior 4. Semoga acara keren seperti ini bisa terus diadakan lagi dan lagi ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya