Australia menjadi salah satu negara favorit bagi orang Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Selain banyak universitas berkualitas dunia, lokasinya pun nggak jauh-jauh dari kampung halaman. Nggak heran deh kalau saat ini ada kurang lebih 20.000 mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Negeri Kanguru itu.

Bila kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri, beasiswa adalah salah satu cara yang bisa ditempuh. Namun kadang mengejar beasiswa itu sulitnya luar biasa. Sementara kamu sudah begitu kebelet melanjutkan pendidikan di sana. Kali ini, Hipwee akan memberi tips-tips kuliah lebih hemat di Australia. Tertarik? Simak pelan-pelan ya~~

1. Ada baiknya kamu memilih Perth sebagai kota tujuan pendidikan. Ada banyak pilihan universitas di sana

University of Western Australia via www.123rf.com

Biaya hidup adalah hal yang patut dipertimbangkan saat kuliah di negeri orang. Dibanding kota-kota besar lainnya di Australia, Perth memiliki biaya hidup yang relatif lebih murah. Dengan demikian, biaya studi pendidikan pun akan lebih terjangkau dibanding kota lainnya. Jangan khawatir, karena di sana pun banyak kampus-kampus bergengsi yang bisa kamu pilih, seperti: Curtin University dan University of Western Australia yang termasuk 8 kampus terbaik di Australia.

2. Sama seperti di Indonesia, di Australia cari kos harus gigih juga

Gigih nyari kos di AUstralia via www.123rf.com

Ada banyak pilihan akomodasi tempat tinggal di Australia. Kamu bisa tinggal di asrama kampus, homestay, ataupun apartemen. Biayanya pun beragam mulai dari AUD 400 sampai AUD 1300 perbulan. Untuk tempat tinggal di dekat kampus, kemungkinan harganya sekitar AUD 750 perbulan atau sekitar 7,2 jutaan. Jadi di sini kamu bisa menerapkan nyari kosan di Indonesia nih, pilih kosan yang agak jauhan untuk harga yang lebih murah. Lumayan ‘kan?

3. Bila di Indonesia kamu suka makan warteg, lupakan kebiasaan itu di Australia. Lebih baik masak sendiri saja

Masak sendiri via www.essex.ac.uk

Bicara soal uang makan, biasanya ini nih yang paling banyak menghabiskan dompet. Selain itu, di Australia mungkin kamu bakal susah nyari warung-warung mudah seperti saat kamu di Indonesia. Karena itu untuk mahasiswa di Australia sangat disarankan untuk memasak sendiri. Microwave dan ricecooker adalah dua benda wajib yang harus kamu punya. Untuk menekan biaya, kamu bisa membeli yang second hand kok.

4. Pelajar di Australia punya jatah 20 jam kerja part time. Pemasukannya lumayan lho untuk tambah-tambah uang

 

Part time job via fastjapan.com

Nggak bisa disangkal, tanpa beasiswa biaya kuliah di Australia memang lumayan tinggi. Karena itu, ada baiknya kamu mencoba untuk kerja part time selama kuliah di Australia. Ada banyak sektor pekerjaan yang disediakan untuk pelajar di Australia, misalnya food worker, cleaning service, waiter, kitchen hand, dan lain sebagainya. Umumnya upah kerja part time ini berkisar antara AUD 15-25. Lumayan kan kalau kamu kerja 4 jam sehari? Tapi tentu saja ini nggak gampang. Karena banyaknya pelajar yang juga ingin bekerja, sainganmu pun banyak.

5. Daftar melalui agen terpercaya. Selain memudahkan, juga biasanya ada potongan biaya

Konsultasi via nichedatafactory.com

Setelah membulatkan tekad untuk kuliah di Australia, selanjutnya apa nih? Tentu saja kamu perlu mencari tahu lebih banyak soal universitas di Australia, bagaimana pendaftarannya dan mungkin juga cara  mencari tempat tinggal yang murah di Australia. Karena itu, kamu perlu konsultasi dengan agen pendidikan yang terpercaya. ICAN Education Consultant salah satunya.

Konsultan pendidikan yang berbasis di Jakarta dan Tangerang ini punya tim konsultan pendidikan yang handal dalam berikan pelayanan buat kamu yang pengen banget kuliah di luar negeri kayak Australia. Lewat ICAN Education Consultant, kamu jadi lebih mudah dan aman daftar kuliah ke Australia. Kamu bisa tanya-tanya soal kuliah di Monash University misalnya, supaya tahu seperti apa kehidupan para pelajar Indonesia yang kuliah di Australia, tempat-tempat makan dan nongkrong yang bisa dikunjungi, dan tempat tinggal yang sesuai mahasiswa.

Nah, kabar baiknya, untuk kamu yang butuh info lebih banyak soal kuliah di Australia atau luar negeri lainnya, kamu bisa mengunjungii pameran pendidikan luar negeri terbesar dari ICAN Education Consultant (International Education Expo 2018) yang akan diselenggarakan pada 4 Agustus 2018 d9 Crowne Plaza Hotel Jakarta dan tanggal 5 Agustus 2018 di Mercure Hotel Alam Sutera Tangerang. Acaranya gratis dan terbuka untuk umum, serta ada banyak promo untuk pendaftaran kalau kamu apply ke kampusnya di acara itu.

Selamat mengejar cita-cita, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya