Merasakan tingal di negara lain dalam jangka waktu lama adalah pengalaman yang tidak semua orang punya. Bisa merasakan budaya lain, berinteraksi dengan orang dari latar belakang berbeda sampai belajar bahasa asing jadi tantangan tersendiri.

Menetap di negara baru akan membawa banyak pengalaman yang nggak bisa dibeli dengan apapun. Apakah kamu salah satu orang yang sedang merencanakan pindah sementara ke negara baru? Mau tahu apa aja yang akan kamu pelajari jika menetap di negara orang dalam waktu lama?

1. Kamu akan belajar banyak soal komunikasi. Walau awalnya sulit, semua bisa dipelajari

Walau awalnya sulit semua bisa dipelajari via quotesgram.com

Di awal kedatangan, terutama jika kamu pergi ke negara yang tidak berbahasa Inggris kamu akan jadi orang asing yang gak bisa berkomunikasi dengan siapapun. Bersiaplah memanfaatkan bahasa tubuh dan segala macam gestur untuk bertahan hidup. Kamu akan mengandalkan sistem tunjuk untuk memberitahu pelayan menu apa yang akan kamu pesan. Gak jarang kamu juga harus memanfaatkan kalkulator saat belanja di tempat yang butuh tawar menawar.

Namun dari kesulitan ini kamu akan belajar bahwa komunikasi itu kuncinya terletak pada niat. Kalau kamu memang berniat berkomunikasi dengan seseorang, semua halangan akan bisa diruntuhkan. Pesanmu akan tetap tersampaikan walau harus lewat bahasa tubuh yang ajaib.

2. Mau nggak mau kamu belajar banyak soal Indonesia. Mulai dari budaya sampai masakannya

…sampai belajar masak begini! via cumimanis.blogspot.co.id

Di beberapa negara sering diadakan agenda kultural yang menampilkan kebudayaan dari berbagai negara. Acara macam ini akan sering kamu jumpai, apalagi jika kamu adalah seorang exchange student. Karena belum banyak yang tahu soal Indonesia dan budayanya, setiap ada acara kamu akan jadi duta budaya karbitan. Kamu akan belajar menari dan mencari tahu lebih banyak soal Indonesia.

Proses ini akan membuatmu sadar bahwa pengetahuanmu soal Indonesia itu masih nol besar. Gak jarang kamu merasa malu karena kamu lebih tahu budaya orang lain dibanding budayamu sendiri. Ironis ya, tinggal di luar negeri dalam waktu lama justru bisa membuat kamu lebih nasionalis dibanding saat masih tinggal di Indonesia.

3. Sendirian di negeri orang ternyata gak sama dengan kesepian. Kamu belajar untuk merasa nyaman

Walau sendirian kamu belajar tetap nyaman via ppibelanda.org

Sebelumnya kamu sering takut jika dihadapkan pada situasi asing yang membuatmu kurang nyaman. Kamu selalu merasa butuh dukungan sosial dari orang-orang terdekat agar tidak hilang arah. Tapi hidup sendirian ternyata tidak semenakutkan yang kamu bayangkan. Kamu akan belajar untuk bisa mengandalkan dirimu sendiri.

Kalau biasanya kamu jadi orang yang sangat komunal, harus selalu ada teman kemana-mana– tinggal di luar negeri dalam waktu lama akan merubah kebiasaan ini. Kamu akan jadi orang yang lebih santai kalau mau melakukan apapun seorang diri. Toh disana kamu tidak akan lagi ditanya, “Tiketnya satu aja?” saat membeli tiket bioskop untuk diri sendiri. Gak jarang hal ini akan terbawa sampai kamu kembali ke Indonesia.

4. Dulu ibadah hanya ritual. Setelah jauh dari keluarga ibadah bisa jadi sumber kekuatan

Sekarang ibadah jadi sumber kekuatan via ainisyarifah96.blogspot.co.id

Dulu ibadah hanya jadi formalitas saja. Kamu hanya melakukannya karena terbiasa, atau nggak enak sama keluarga dan orang-orang yang kamu kenal. Di luar negerilah kamu baru sadar bahwa ibadah, menggantungkan diri pada Tuhan memang jadi sumber kekuatan satu-satunya saat kamu nggak bisa berharap sama manusia.

5. Kesempatan ini bikin kamu bisa dapat ronde kedua. Hidup bisa fresh lagi setelahnya

Hidup akan fresh lagi setelahnya via atdikbudlondon.com

Pergi ke tempat baru, menata hidup dari awal, menjalin relasi dengan orang-orang baru akan membuat kamu menyadari bahwa hidup selalu bisa dimulai lagi dari nol. Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu memang ingin mengubah hidup. Banyak orang memanfaatkan kesempatan tinggal lama di luar negeri untuk memutuskan kehidupan macam apa yang ingin dia jalani sepulangnya ke Indonesia.

Buatmu yang ingin menempa diri di negeri orang, ICAN bisa jadi teman yang cocok mendampingimu!

Yuk, tempa diri di negeri orang! via atdikbudlondon.com

ICAN Education Consultant sebagai konsultan pendidikan kuliah dan studi ke luar negeri terpercaya di Indonesia akan mengadakan event besar lho di tahun 2016, yaitu “ICAN INTERNATIONAL EDUCATION EXPO 2016”. Rencananya event ini akan diadakan selama 2 hari di 2 kota besar, yakni:

  • Day 1

Hari/ Tanggal: Sabtu, 16 Januari 2016

Lokasi: Crowne Plaza, Jakarta Pusat

Waktu: 13.00 s/d 18.00 WIB

  • Day 2

Hari/ Tanggal: Minggu, 17 Januari 2016

Lokasi: Hotel Mercure Alam Sutera, Tangerang Selatan

Waktu: 13.00 s/d 18.00 WIB

ICAN International Education Expo 2016 ini akan sangat seru sekali dan berbeda dengan yang lainnya, karena disini kamu bisa mengetahui lebih dari 150 jurusan untuk berbagai macam latar belakang pendidikan dan tersedia beasiswa parsial sampai dengan 50% serta berbagai penawaran menarik lainnya hanya selama pameran berlangsung.

Dapatkan juga info lengkap mengenai program GCSE O/A Level, Foundation, Diploma, Bachelor, dan Master dari berbagai negara, seperti Singapore, Malaysia, United Kingdom, Switzerland, Australia, New Zealand, Italia, Canada, USA, Belgia, Italia, dan Spanyol.

ICAN International Education Expo 2016 ini GRATIS dan terbuka untuk umum! So, datang ajak seluruh teman dan keluarga kalian dan temukan banyak manfaatnya!

Untuk mengikuti ICAN International Education Expo 2016 ini, silahkan RSVP* secara online di http://ican-education.com/online/

*Note: RSVP online ini berguna agar kalian tidak perlu berlama-lama di antrian panjang nanti. 

Follow juga Media Sosialnya di:

  • Instagram: @ican_education
  • Twitter: @icaneducation
  • Fanpage Facebook: ICAN Education Consultant
  • Official Line: @icaneducation (jangan lupa pakai @ ya)