5 Hal yang Layak Kamu Coba — Selama Masih Menyandang Status Mahasiswa

Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan Unilever Careers. 

Status sebagai mahasiswa tidak akan bertahan selamanya.  Akan ada masa chapter ini selesai. Kamu jadi pekerja, sepenuhnya jadi orang dewasa. Berdiri di atas kaki sendiri dan menyelsaikan semua tanggung jawab yang ada.

Di satu sisi status sebagai mahasiswa memang membatasimu dalam banyak hal. Kamu masih harus mendengarkan keputusan orangtua, mengatur sokongan dana dari mereka sedemikian rupa, sampai menyelesaikan tanggungan tugas di tengah berbagai godaan bersenang-senang. Tapi selama status ini masih kamu punay, 5 hal inilah yang sudah kamu tamatkan setuntasnya.

1. Kelak kemampuanmu berinteraksi akan lebih penting daripada ilmu yang dimiliki. Inilah alasan kenapa kamu mesti join organisasi

Mulai sekarang coba deh join organisasi

Mulai sekarang coba deh join organisasi via cikalnews.com

Kamu bisa pintar dan jenius level tinggi. Tapi kelak, semua kepintaran ala text book ini tidak akan ada artinya tanpa dibarengi dengan kemampuan berinteraksi. Beberapa tahun lagi yang kamu butuhkan bukan cuma hapalan teori — namum bagaimana kamu bisa dengan licin memanfaatkan ilmu yang dimiliki.

Mulai saat ini, selama masih jadi mahasiswa, kenapa tidak memperkaya diri dengan join banyak organisasi? Kesempatan bergabung di banyak organisasi jadi kemewahan yang status ini bisa beri. Tak perlulah pilih-pilih ikut organisasi apa. Yang penting nilai, kegiatan, dan interaksi yang bisa kamu temukan di dalamnya.

2. Tuntaskan dulu urusan hatimu. LDR atau patah hati parah dulu bila perlu

LDR parah atau patah hati dulu kalau perlu

LDR parah atau patah hati dulu kalau perlu via fyeahlongdistancerelationships.tumblr.com

Saat kelak sudah benar-benar settle sebagai orang dewasa urusan hati harusnya tak lagi memakan banyak space dalam kepala. Kamu mesti sudah bisa fokus membedakan mana yang prioritas, mana yang tak begitu penting dan tak perlu lagi banyak dibahas. Untuk urusan hati dan segala tetek bengeknya masa masih jadi mahasiswa bisa jadi saat terbaik untuk menuntaskannya.

Selesaikan dulu rasa ingin tahu dalam perjalanan cintamu. Mulai dari menjajal hubungan beda jurusan, beda fakultas, ikatan jarak jauh, sampai menringkuk dalam berbulan-bulan karena patah hati. Selesai dan lulus dalam urusan hati selama masih mahawasiswa akan membuat langkahmu jadi lebih ringan dalam fase hidup selanjutnya.

3. Sebagai mahasiswa memang tak banyak materi yang bisa kamu beri pada orangtua.  Tapi inilah saat terbaik untuk menginvestasikan waktumu pada mereka

Respect your parents enough

Respect your parents enough via thebeautyofislam.tumblr.com

Hidup akan berjalan sangat kencang selepas ini. Sebentar lagi kamu akan lulus, bekerja, punya pasangan, lalu membangun keluarga sendiri. Waktu untuk keluarga dan orangtua pun otomatis akan terkebiri.

Selama masih jadi mahasiswa bisa jadi kamu tak punya banyak sumber daya untuk memberikan apapun yang mereka mau. Trip ke Venice, tas baru, sampai Mama yang minta cucu dan mantu tak bisa kamu turuti semudah itu. Namun saat inilah waktu terbaik untuk memberi mereka semua waktu. Karena lajunya masa tak bisa menunggu. Sementara kerut dan usia mereka akan semakin melaju.

4. Status mahasiswa yang cuma sekali harusnya gak membatasimu untuk belajar saja. Sesekali, tempa dirimu dengan pengalaman kerja

Sesekali tempa dirimu dengan pengalaman kerja

Sesekali tempa dirimu dengan pengalaman kerja via oia.ugm.ac.id

Sebagai mahasiswa tugas utamamu memang belajar. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mulai menempa diri dengan pengalaman kerja. Semasa masih mahasiswa, tak ada salahnya memperkaya diri dengan pengalaman kerja layaknya orang dewasa. Tawarkan diri untuk jadi part time sebagai marketer di toko souvenir dekat kampusmu. Atau tantang diri sendiri memenuhi target riset dengan menjadi asisten dosen yang terkenal killer itu

Mau yang lebih menantang  dan dekat dengan industry yang kelak kamu harap bisa dimasuki? Ikut saja program magang  di perusahaan yang jadi idamanmu selama  ini.

Dari kegiatan ini soft sill mu akan terbentuk sempurna. Ilmu yang ada di kepala akan lebih matang dengan tangan dan keluwesan yang tak mungkin bisa didapat dari kelas saja.

Kamu bisa pintar dan jenius level tinggi. Tapi kelak, semua kepintaran ala text book ini tidak akan ada artinya tanpa dibarengi dengan kemampuan berinteraksi. Beberapa tahun lagi yang kamu butuhkan bukan cuma hapalan teori — namum bagaimana kamu bisa dengan licin memanfaatkan ilmu yang dimiliki.

Mulai saat ini, selama masih jadi mahasiswa, kenapa tidak memperkaya diri dengan join banyak organisasi? Kesempatan bergabung di banyak organisasi jadi kemewahan yang status ini bisa beri. Tak perlulah pilih-pilih ikut organisasi apa. Yang penting nilai, kegiatan, dan interaksi yang bisa kamu temukan di dalamnya.

5. Di masa depan, hidup adalah soal mengalahkan tantangan. Siapkan dirimu dari sekarang. Ikut kompetisi-kompetisi untuk mahasiswa yang diadakan oleh perusahaan

UFLL yang bisa memberimu eksposure dalam dunia bisnis dan industri

UFLL yang bisa memberimu eksposure dalam dunia bisnis dan industri via www.facebook.com

Tantangan dalam hidup tidak akan makin melembek selepas status ini lepas dari pundak. Justru masalah akan makin sering datang, dengan tuntutan yang kian mendesak. Karena itulah selama masih jadi mahasiswa terjunkanlah dirimu dalam berbagai bentuk kompetisi yang ada. Unilever Future Leaders League (UFLL) jadi salah satunya.

Di kompetisi bisnis ini kamu akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan exposure mengenai bisnis di Unilever dan coaching oleh mentor profesional dan berpengalaman. Bertemu dengan sesama mahasiswa passionate dari berbagai daerah, untuk kemudian mengembangkan ide dan berkompetisi untuk mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang Global Competition di London.

Kompetisi macam UFLL ini akan memberimu gambaran yang baik akan berjalannya dunia kerja dan industri yang sesungguhnya. Kamu gak akan kagok lagi setelah lulus dari status mahasiswa.

Tertarik untuk ikut kompetisi ini? Lihat info lengkap dan daftarkan dirimu di sini.

Selama jadi mahasiswa, jangan sampai waktumu terbuang sia-sia. Melakukan 5 hal ini akan membuatmu jadi mahasiswa yang maksimal pengalamannya dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

43 Comments

  1. Virly Anggra berkata:

    Kini Hadir BONUS BARU Untuk Para Member Sempurnapoker.net

    *Bonus deposit perdana
    – 50 Ribu Dapat 10 ribu
    – 100 Ribu dapat 20 ribu
    – 250 ribu Dapat 30 ribu
    – 500 ribu dapat 40 ribu
    – 1 juta dapat 50 ribu

    *Bonus turn over 0.4% perminggunya ( Dibagikan di hari senin )
    -Jika turnover mencapai 25.000.000 mendapatkan bonus 150ribu
    -Jika turnover mencapai 50.000.000 mendapatkan bonus 275ribu
    -Jika turnover mencapai 100.000.000 mendapatkan bonus 500ribu
    -Jika turnover mencapai 300.000.000 mendapatkan bonus 1,5 JUTA

    *Bonus referal 20% Seumur hidup
    Bukan hanya Untuk Member Baru !

    Kini hadir bonus untuk semua member kami :
    *Bonus jumaatan

    Dimana apa bila member melakukan deposit di hari jumaat minimal 50 ribu mendapatkan bonus 10 ribu , 250 ribu mendapatkan 20 ribu , 500 ribu mendapatkan 30 ribu , 750 ribu mendapatkan 40 ribu dan 1 juta mendapatkan 50 ribu dengan syarat wd 2x turn over ( khusus hari jumaat ) untuk 1 member berlaku 1x bonus setiap minggunya 🙂

    Gimana gan ? Tertarik bukan ?
    Langsung Klik http://www.SempurnaPoker.net
    Daftar dan Nikmati berbagai bonus yang kami miliki !
    Menang dan Senang bersama kami 🙂 !!
    Join now 🙂

  2. Artikel di Hipwee sangat menarik, akan lebih baik jika penulisan bisa dicheck kembali karena saya menemukan ada beberapa kesalahan dalam penulisan seperti “Berdiri di atas kaki sendiri dan menyelsaikan semua tanggung jawab yang ada.” Sedikit ada kesalahan penulisan. Dan juga beberapa paragraf yang tersalin kembali di pragaraf lain seperti: “Kamu bisa pintar dan jenius level tinggi. Tapi kelak, semua kepintaran ala text book ini tidak akan ada artinya tanpa dibarengi dengan kemampuan berinteraksi. Beberapa tahun lagi yang kamu butuhkan bukan cuma hapalan teori…..”

    Komen ini untuk membangun Hipwee kedepannya lebih baik, Tetap terus berkarya, saya adalah pembaca tetap Hipwee.

  3. Monyonggg,, ane maen coc mulu..

  4. Perkenalan saya Marni Napitupulu,
    Saya pribadi mencari sales online/dropshipper+++ (kerja dari rumah, tidak pakai modal) dengan komisi Rp.3.000.000 sebulan + bonus 1.250.000 jika memenuhi target bulanan. Produk yang dijual herbal dari Amerika. Terbuka untuk siapa saja,
    umur berapa saja, full tine/part time, mau belajar/training online.
    -Gaji 3 juta jika memenuhi target bulanan. Gaji juga bisa diambil harian, mingguan atau bulanan. kecuali bonus diambil bulanan.
    -Target: jual 1 paket produk perhari atau 30 paket produk perbulan (30 hari), jika tidak memenuhi target gaji dipotong 100 ribu/produk. Misal 1 bulan terjual 25 paket maka gaji 2,5 juta atau terjual 20 paket maka gaji 2 juta. Jika sebulan terjual 40 paket maka gaji 4 juta, dst.
    Lumayan banget kan, bisa dijalankan bersamaan dengan jualan yang lain? Bisa tanpa modal kerja hanya promo2 saja, nanti saya bimbing Ibu sampai bisa.
    -Bonus: Jika mencapai target bulanan (30 paket) conus 1.250.000 jika target 2 x lipat (60 paket) tercapai dalam 1 bulan maka bonus menjadi 2.750.000 (target 30 paket 1.250.000 + target 30 paket ke 2, 1.500.000,dst
    Jika tertarik, silahkan membalas pesan saya ini atau hubungi 081397563180 untuk lebih lanjut.
    Salam sehat untuk HIDUP YANG LEBIH BAIK..

  5. Adi Xue berkata:

    campur aduk nasehat dan kpntingan 😀

  6. Na'im Muhammad berkata:

    Tuntaskan masalah asmara? Jangan salah. Sekali jatuh bisa buat orang putus kuliah. Bad advice.

  7. Terkadang masih suka terombang-ambing..
    Tujuan,suka belok-belok gak jelas arahnya.. 🙁

  8. Firmansyah berkata:

    Itu mah doi nya aja yg goblok. Ga inget susahnya bonyok nguliahin. Wkwkk

  9. Romel Are udah th bro..? :v