Kecintaan terhadap sesuatu seringkali mendorong seseorang ikhlas dalam melakukan apa saja dalam hidupnya. Contohnya saat mencintai seseorang, kamu rela melakukan apa saja demi membahagiakan dirinya. Atau saat cinta terhadap profesimu, selelah apapun pekerjaannya pasti kamu perjuangkan demi merasakan kebahagiaan.

Namun hidup seringkali berlainan dari apa yang kita inginkan. Ada hal-hal yang membuat kita tertekan dalam menjalani hidup. Sementara Beban hidup ini biasanya bersumber dari dalam diri sendiri. Dan saat beban telah menumpuk di kepala biasanya hal yang seharusnya bisa hadapi dengan santai menjadi serba tegang. Nah agar hidupmu nggak kembali santai dan jauh dari tekanan, ada baiknya 5 hal ini nggak kamu pikirkan dalam-dalam.

1. Nggak perlu terlalu pusing memikirkan pasangan. Hidupmu masih akan baik-baik saja meski kamu jalani tanpa pacar

Jomblo santai saja via www.unsplash.com

Advertisement

Masalah asmara kerap menjadi beban bagi sebagian besar orang, terutama mereka yang belum memiliki pasangan. Sifat seseorang bisa berubah dari yang ceria menjadi pemurung, dari yang santai menjadi tertekan hanya karena sering diejek teman, nggak pede dengan diri sendiri, hingga terlalu memikirkan apa kata orang.

Sejatinya kamu nggak perlu minder dengan status kesendirianmu. Menjadi jomblo itu nggak dosa kok. Toh di usia semuda akan kah lebih baik produktif melakukan hal yang kamu suka, seperti daripada sibuk mengurusi pacar yang belum tentu sampai ke masa depan. Urusan jodoh, percayakan saja Tuhan telah menyediakan jodoh yang terbaik untukmu nanti.

2. Nggak perlu pusing mendengarkan omongan orang tentang hidupmu. Selain membuang waktu, ini bisa menghambat langkahmu menggapai mimpi

Tutup telinga, lakukan apa yang kamu suka via www.unsplash.com

Terlalu banyak mendengarkan omongan orang lain terkait apa yang kamu lakukan dalam hidup ini juga bisa membuatmu kurang santai. Mendengarkan saran orag memang perlu, tapi nggak boleh sampai membuatmu meragukan kemampuan sendiri.

Advertisement

Dengarkan yang baik-baik saja dari mereka, yang sekiranya berlainan dengan tujuanmu dalam menggapai mimpi hiraukan saja. Jangan terlalu pikirkan pula cibiran dari mereka. Lakukan saja hidup sebagaimana kamu ingin menjalaninya. Semua demi kebahagiaan dirimu sendiri.

3. Nggak perlu terlalu obsesif memikirkan karir yang bergengsi di usia muda. Karena kesuksesan setiap orang ada masanya

Jangan terlalu obsesif via www.pexels.com

Keinginan seseorang untuk meraih segalanya di usia muda terkadang membuat tekanan dalam dirinya sendiri. Obsesi berlebihan untuk mendapatkan citra keren dalam kehidupan sosialnya seringkali membuat seseorang kehilangan cara untuk menikmati hidup. Setiap kesuksesan ada masanya sendiri.

Kamu mungkin bisa mengusahakannya dengan segala kerja kerasmu tapi tetap harus paham batas. Nggak perlu terlalu berlebihan sebab kamu bisa tertekan saat hasil nggak sesuai harapanmu. Di usia muda begini kamu hanya perlu menjalani pekerjaanmu dengan sewajarnya dan bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan. Kamu hanya perlu sabar dan niscaya karirmu akan lancar.

4. Jangan takut salah saat ingin memulai sesuatu. Terkadang hidup butuh nekat dan masa bodoh terhadap resiko agar kamu terus maju

Jangan takut via www.unsplash.com

Takut salah adalah penyakit manusia yang secara nggak disadari telah menghambat perkembangan dirinya sendiri. Terlalu takut untuk berbuat salah kerap kali mengurangi semangatmu dalam melakukan sesuatu. Celakanya saat sesuatu itu cita-citamu. Saat kamu terlalu banyak berpikir waktu terbuang sia-sia.

Dalam hidup, terkadang kamu perlu nekat dan masa bodoh terhadap apa saja agar kamu terus maju. Jangan lupa bahwa dulu sebelum kamu bisa berlari seperti sekarang ini, kamu berulangkali terjatuh. Jadilah seperti bayi yang nggak pernah takut salah dalam menjalani hidupnya.

5. Nggak usah muluk-muluk berkeinginan untuk hidup enak kalau masih menjadi pemalas. Sebab itu hanya akan jadi beban di kepalamu saja

Meski kerja keras via www.unsplash.com

Mempunyai kehidupan serba berkecukupan adalah idaman setiap orang. Namun ada beberapa orang yang ingin hidup enak tapi nggak mau bekerja keras. Orang semacam ini biasanya tertekan sendiri dengan keinginan-keinginannya di kepala. Bukannya terwujud, keinginan tadi hanya menghasilkan rasa iri di kepala saat melihat kesuksesan orang lain. Nggak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan leha-leha, buang kemalasanmu dan perjuangkanlah keinginanmu.

Itulah beberapa hal yang nggak seharusnya kamu pikirkan dalam-dalam. Sebab memikirkannya justru membuatmu tertekan atau nggak santai. Banyak hal yang agaknya lebih penting untuk kamu pikirkan, utamanya adalah kebahagiaan dirimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya