Generasi kita saat ini bisa dibilang beruntung. Yup, karena kita hidup di era digital yang memungkinkan segalanya bisa didapatkan via online. Contoh sederhananya kamu belanja udah nggak perlu capek-capek ke mall, manggil abang ojek nggak perlu keluar rumah segala, bahkan jodoh dan pacar pun bisa kamu dapetin via dunia maya! Tuh, kurang beruntung apa kita?!

Termasuk yang nggak kalah dimudahkannya adalah dalam hal menimba ilmu. Karena segalanya udah serba online, belajar pun kini bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Kamu udah nggak zamannya lagi mengandalkan materi pembelajaran hanya dari sekolah formal aja.

Sekarang kamu bisa menambah wawasanmu dalam berbagai bidang studi dengan berselancar via dunia maya. Saat kamu bingung dengan soal Matematika atau bahasa Inggris yang ditugaskan gurumu, kamu tinggal googling dan mencari penyelesaiannya dari ragam situs online pembelajaran yang saat ini udah banyak tersedia. Tinggal kamu pilih mana yang paling mudah untuk dipahami.

Nah, karenanya kali ini Hipwee akan membagikan referensi 5 situs yang bisa meng-upgrade kemampuan Matematika dan bahasa Inggrismu. Kenapa kedua bidang studi itu aja? Yup, karena kedua mata pelajaran itu yang sering banget dikeluhkan oleh banyak pelajar di Indonesia. Mungkin kamu salah satunya. Okeh, langsung dicek ya, ragam situs berikut ini. 😉

1. PesonaEdu gudangnya konten edukasi interaktif nih. Segala sesuatu yang interaktif lebih menarik dan mudah diingat. Dijamin belajarnya jadi ga ngebosenin!

Situs ini bisa dikatakan sebagai situs konten edukasi interaktif paling lengkap saat ini. Disini ada software pembelajaran dan koleksi soal pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris, juga ratusan judul buku bacaan digital dari berbagai penerbit buku Indonesia untuk jenjang PAUD sampai SMA.

Buat kamu yang lagi getol mengupgrade kemampuan Matematika bisa coba yang namanya PesonaEdu Pembelajaran, dimana kamu bisa belajar Matematika melalui berbagai tayangan animasi, simulasi soal, dan permainan yang menarik… cocok juga buat ngajarin adik atau keponakan kamu yang susaaaaah banget belajar Matematika nih.

Kalau yang udah mau ujian, cocoknya latihan soal pakai aplikasi PesonaEdu Asesmatik yang juga ada di situs ini, udah ada pembahasan setiap soalnya juga, supaya lebih mantab dan PeDe menghadapi soal ujian biar sesulit apapun!

Kalau kamu ingin belajar Bahasa Inggris tanpa guru juga bisa loh, lewat software yang namanya Amazing English. Kamu bisa pilih tingkat kesulitannya mulai dari Beginner sampai Advanced. Semuanya deh ada disini, mulai dari belajar vocabulary, grammar, reading, listening, sampai ke latihan conversation yang bisa direkam dan latihan membuat karya tulis kamu sendiri dalam Bahasa Inggris.

2. Khan Academy bikin kamu sadar kalau memahami Aljabar dan grammar itu ternyata nggak sesulit memahami isi hatinya gebetan. Wiiidiiiw.

Salman Khan, pendiri Khan Academy

Salman Khan, pendiri Khan Academy via www.tonybates.ca

Situs pembelajaran ini didirikan oleh Salman Khan, lulusan MIT dan Harvard Business School. Situs berbahasa Inggris ini punya tujuan untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas, lagi bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Mata pelajaran yang disediakan banyak lho.

Dari Matematika, bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan lainnya. Khusus buat kamu yang kesulitan memahami Matematika dan bahasa Inggris, kamu bisa belajar dari video yang tersedia di situs ini. Bahkan videonya dilengkapi dengan transkripnya pula. Aljabar dan grammar pun jadi lebih mudah dipahami.

P.S: Kini, situs ini udah tersedia versi bahasa Indonesianya lho! Beberapa video dalam bahasa Inggris sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Yeaay!

3. Brainly asyik buat kamu yang jomblo. Nggak perlu nanya sama pacar, segala kesulitanmu tentang PR Matematika dan bahasa Inggris bisa kamu ajukan di sini.

PR selesai, asah kemampuan

PR selesai, asah kemampuan via Brainly.co.id

Teknis untuk belajar di situs ini ibarat kamu sedang belajar kelompok. Buatmu yang jomblo, kamu nggak perlu lagi iri sama mereka para pasangan yang bisa belajar bareng. Karena di situs ini kamu nggak akan merasa belajar sendiri. Langkah pertamanya adalah ajukan pertanyaan tentang mata pelajaran apa pun di sini (Matematika, bahasa Inggris, Kimia, dll bisa), sebelumnya kamu harus sign in dulu nih. Langkah selanjutnya, kamu akan mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu (nunggunya nggak lama kok!). Terakhir, kamu bisa membantu menjawab pertanyaan orang lain yang kamu ketahui jawabannya. Asyik kan?

4. Belajaringgris bantu tingkatkan level bahasa Inggrismu di situs ini, biar bisa cas-cis-cus ngomong bahasa Inggris!

Nih tampilannya

Nih tampilannya via belajaringgris.net

Kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan belajar bahasa Inggris di situs ini. Daripada waktu luangmu kamu isi dengan bengong, mending kamu isi dengan belajar bahasa Inggris. Situs ini menyediakan materi dari mulai grammar, percakapan, hingga TOEFL. Buat kamu yang sedang giat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, jangan lupa mampir di situs ini ya!

5. Yuk, belajar Matematika bareng Si Bejoo! Bias itung-itung makin jago!

Biar bejoooooo~

Biar bejoooooo~ via blog.sibejoo.com.

Situs ini lebih spesifik menyediakan materi MIPA (Matematika dan Sains). Untuk saat ini materi pelajaran yang tersedia adalah untuk jenjang SMA. Buat kamu yang mengalami kesulitan memahami Aljabar, Trigonometri, Persamaan Kuadrat, hingga Integral, bisa mengunjungi situs yang punya jargon We Care We Share serta punya misi untuk Berbagi sejuta video untuk negeri ini.

Nah, Bagaimana referensi Hipwee kali ini? Semoga bermanfaat ya buat kamu yang sedang getol meng-upgrade kemampuan Matematika dan Bahasa Inggrismu ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya