Cooking is one of the oldest arts and one which has rendered us the most important service in civic life.” – Jean-Anthelme Brillat-Savarin (1755-1826)

Kutipan tersebut mengungkapkan alasan mengapa kita harus belajar memasak. Orang-orang yang belum mencoba untuk menekuni hobi memasak rasanya seperti belum menggali salah satu skill terbaiknya sebagai manusia. Sesungguhnya, setiap waktu yang kamu habiskan untuk belajar memasak tidak akan sia-sia. Dan memasak sebenarnya tidak sesulit yang ada di bayangan orang.
Advertisement
Sebenarnya, belajar memasak tak harus langsung ke tahap di mana kamu bisa bikin rendang atau makanan ribet lainnya. Kamu bisa mulai dencroppedgan membuat masakan olahan telur dan kemudian meningkat secara bertahap. Memasak juga akan membuatmu merasa lebih mandiri dan lebih aware terhadap apa yang masuk ke mulutmu setiap harinya!

Mendekatkan diri dengan proses mengolah makanan akan membuatmu paham. Betapa banyak kandungan nggak sehat yang terkandung dalam makanan di jalanan

Kamu akan tahu apa yang kamu makan

Kamu akan tahu apa yang kamu makan via www.huffingtonpost.com

Sekarang makanan tidak sehat makin banyak dijual di jalanan. Dan tanpa sadar, kamu sering membeli dan memakannya. Satu atau dua kali sih nggak apa-apa kalau kamu makan. Beda lagi jika kamu makan makanan nggak sehat seperti itu setiap hari selama bertahun-tahun. Kebayang nggak, berapa banyak zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuhmu? Sayang nggak sih?

Nah, dengan belajar memasak, secara otomatis kamu akan tahu apa saja yang kamu masak. Tentunya kamu akan memilih bahan-bahan yang berkualitas untuk apa yang akan kamu masak dan makan, kan? Dengan memasak sendiri, kamu akan lebih selektif dalam memilih apa saja yang masuk ke dalam tubuhmu. Sehingga asupan gizi juga akan terjaga dengan baik dan kamu nggak perlu lagi khawatir tentang jajanan nggak sehat yang banyak dijual karena kamu sudah bisa membuat penganan sehat ala kamu sendiri.

Orang tercinta ulang tahun? Nggak usah bingung mau kasih kado. Kemampuan memasakmu sudah jadi hadiah terindah untuk dia

Bayangkan kalau kamu berhasil bikin nasgor super enak

Bayangkan kalau kamu berhasil bikin nasgor super enak via www.royco.co.id

Advertisement

Seringkali kita kehabisan ide hendak memberi hadiah apa jika orang terdekat kita merayakan ulang tahun. Beli barang-barang buat mereka? Ah, sudah biasa. Kenapa nggak buatkan saja sebuah kek ulang tahun atau masakan istimewa khusus di hari ulang tahun mereka. Kamu bisa beri mereka kejutan dengan membawakan kek buatanmu sendiri ke rumah mereka, atau menjadi sukarelawan untuk menjadi koki pribadi mereka dalam satu hari. Bukankah melihat wajah mereka yang bahagia dan kenyang karena masakanmu adalah hal yang indah? Hadiah ulang tahun nggak perlu yang mahal-mahal kok, cukup buat mereka bahagia itu juga sudah menjadi hadiah yang tak akan terlupakan bagi mereka.

“Papa, kemarin Mama ulang tahun dimasakin nasi goreng keju sama Kakak lho, enak banget!”

Kebayang nggak gimana senengnya kamu kalau masakanmu berhasil membuat mamamu bahagia?

Semakin lama kamu belajar memasak, semakin kamu membiasakan diri untuk memilih-milih apa yang akan kamu makan

Kamu nggak akan sering makan junk food lagi

Kamu nggak akan sering makan junk food lagi via www.kevinpezzi.com

Karena terbiasa memasak sendiri dan memilih bahan-bahan sendiri, otomatis kamu juga akan memilih bahan-bahan makanan yang menyehatkan dong. Rasanya kan nggak mungkin kalau kamu masak makanan yang nggak sehat. Nah dengan belajar memasak sendiri, kamu juga akan terbiasa untuk hidup sehat karena selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. Jadi ucapkan selamat tinggal untuk semua makanan instan yang selama ini kamu lahap. Kamu nggak akan membutuhkan mereka lagi karena kamu sudah mampu membuat sesuatu yang jauh lebih menyehatkan.

Dan sudah bukan rahasia: pintar memasak menjadikanmu  calon menantu kesayangan mertua

Halo, Tante!

Halo, Tante! via learnthaiwithmod.com

“Ini kue kamu beli di mana? Enak banget lho… Tante mau lagi.”

“Bikin sendiri kok, Tante…” *Sambil malu-malu ngarep*

Nggak ada yang merugikan dari menekuni hobi memasak. Jika kamu sudah mampu meningkatkan kemampuan memasakmu, kamu nggak akan canggung lagi jika bertandang ke rumah calon mertua. Tinggal panggang adonan kue bikinanmu dan jadilah toples kue penuh cinta dari calon menantu. Atau kamu juga bisa menghabiskan akhir pekan bersama calon mertua, memasak menu-menu untuk makan siang bersama. Aih, manisnya…

Karena mencuri hati calon mertua merupakan misi mulia dan sakral, sebaiknya kamu benar-benar memperdalam kemampuanmu untuk mengolah bahan makanan agar hasil akhir masakanmu tak sia-sia.

Bisa memasak sendiri juga akan menghemat pengeluaranmu. Pergi ke restoran mahal akan menjadi hal yang semakin tidak perlu

Hemat, beb

Hemat, beb via www.huffingtonpost.com

Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa memuaskan setiap hasrat makanmu tanpa bingung untuk mencari di mana tempat makan yang menyediakan makanan yang kamu mau. Misalnya nih, malam-malam kamu mau sup krim ayam atau nasi goreng seafood. Kamu nggak perlu repot-repot keluar rumah untuk beli makanan yang kamu inginkan. Tinggal buka kulkas, olah bahan-bahan, dan jadilah deretan makanan kesukaan. Kemandirianmu dalam hal memasak ini pastinya juga akan membuatmu makin disayang pacar, ‘kan?

Pandai memasak sah menjadikanmu seseorang yang punya kecerdasan. Maklum, memasak adalah soal ketelitian dan perhitungan.

Memasak itu seksi

Memasak itu seksi via www.sheknows.com

Bayangkan saja, kamu pinter masak, mandiri, dan kamu hanya makan makanan sehat. Siapa yang nggak terpesona?

Memasak memang mungkin terdengar sepele dan mudah, namun tahukah kamu jika kamu memasak dengan kombinasi yang salah yang kamu dapatkan adalah sebuah percobaan gagal yang nggak bisa kamu makan. Belajar memasak juga akan membuat pengetahuanmu akan makanan juga semakin kaya. Kamu juga akan tahu kalau makan udang nggak boleh sama makanan / minuman yang mengandung vitamin C karena akan menciptakan zat arsenik yang berbahaya bagi tubuh.

Memasaklah jika kamu ingin hidupmu lebih baik. Jika kamu sudah memasak sejak dulu, tingkatkan kemampuanmu dan coba beberapa resep baru. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu tidak akan makan jika kamu tidak memasak makananmu sendiri malam ini, dan kamu akan melihat motivasi apa yang dibawa oleh rasa lapar. Memang kesibukan mejadi salah satu alasan kenapa orang-orang tidak memasak, namun apa salahnya jika kamu mencoba satu resep baru setiap akhir pekan agar akhir pekanmu tidak terbuang sia-sia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya