Apakah kamu seorang wanita yang introvert? Kalau iya, mungkin kamu sering kali lebih lebih suka menyendiri dengan dirimu sendiri. Kamu mungkin lebih suka duduk sendiri, pergi ke suatu tempat sendiri atau melakukan suatu apapun sendirian dan tentu saja itu menyenangkan buatmu. Menjadi seorang introvert bukan berarti menjadi seseorang yang pemalu dan tidak memiliki teman. Kedua hal tersebut sangat berbeda dengan apa yang mendefinisikan seseorang sebagai introvert. Seorang introvert menurut giftedkids.com merupakan seseorang yang merasakan lebih bersemangat ketika sendirian, dan malah kurang merasakan semangat ketika berada di tengah banyak orang. Oleh karena itu kalau kamu adalah seorang introvert maka ada 6 alasan kenapa kamu harus mencintai dirimu yang unik.

1. Mengerti permasalahan orang lain jauh lebih baik

i’m listening via westernbotanicals.blogspot.com

Seorang introvert memiliki kebiasaan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mendengarkan daripada berbicara. Nah, sehingga hal tersebut membuat kamu jadi mengerti, sangat mengerti, tentang keadaan orang lain. Orang introvert paham apa yang membuat orang lain kesal, sedih, marah atau bahagia karena kita lebih sering mendengarkan detail – detail kecil ketika orang lain bercerita. Mampu mengerti secara lebih baik dalam tentang siapa sebenarnya orang lain dan mengerti apa permasalahannya sehingga bisa membantu orang lain adalah sebuah anugerah bagi seorang introvert.

2. Mengetahui keputusan yang lebih baik

yes or no? via visianinfo.com

Seorang introvert adalah seseorang yang suka menghabiskan waktunya untuk berpikir. Berpikir tentang semua hal dan bagaimana kaitan antara berbagai hal tersebut. Seorang introvert  sangat senang dalam menganalisa, mengeksplorasi tentang pikiran dan perasaannya. Sehingga ketika memutuskan sebuah keputusan maka keputusanmu akan benar – benar matang karena kemungkinan besar kamu sudah memikirkannya jauh- jauh hari.

3. Sendiri tanpa menjadi kesepian

Advertisement

i’m so happy via health.ninemsn.com.au

Kamu mengenal sekali bagaimana dan siapa dirimu. Mungkin teman – temanmu akan bertanya apakah kamu merasakan kesepian? Dan kamu akan menjawab dengan jelas, “nggak kok, aku lebih suka sendiri”. Kamu lebih suka melakukan segala hal sendirian, tetapi kamu nggak pernah merasa kesepian. Kenapa? Karena memang  kesendirian adalah ruang terbaikmu untuk melakukan aktifitasmu. Dikala kebanyakan orang merasa depresi dan terpuruk dengan kesendiriannya, kamu malah bisa berekspresi dan melakukan aktifitasmu dengan penuh semangat.

4. Kamu berteman dengan orang baik

a good friendship via infoezine.blogspot.com

Bukan berarti bahwa seorang introvert adalah seorang yang jahat karena memilih – milih teman. Tetapi seorang introvert lebih menyukai lingkup pertemanan yang kecil namun berkualitas. Teman yang kurang mendukung, kurang memberi dorongan yang baik atau yang tidak menunjukkan kualitas teman yang baik akan keluar dari daftar pertemananmu. Sekali lagi, introvert bukan berarti orang yang jahat loh ya, karena sebenarnya seorang introvert juga rela dan tidak keberatan untuk tidak dianggap teman ketika memang dia tidak memberi masukan yang baik kepada temannya itu. Seorang introvert seperti kamu tidak lagi mempedulikan berapa jumlah temanmu, tetapi kamu lebih mempedulikan tentang bagaimana menjalin persahabatan kecil yang erat dan saling membangun dengan teman- temanmu.

5. Lebih peka dengan perasaan orang lain

be a shoulder to cry on via www.iamincontrol.org

Kamu pasti sadar bahwa kehidupan ini dan orang –  orang disekitarmu memiliki ceritanya masing – masing tentang kesedihan, luka, pengkhianatan, patah hati, tersinggung, tertekan atau apapun. Sebagai orang introvert kamu pasti akan sangat sering mampu merasakan emosi orang lain melalui tutur kata mereka, melalui pandangan mata mereka, atau melalui gestur tubuh mereka. Menjadi sensitif dan peka adalah sebuah kelebihan yang baik bagi seorang introvert karena kamu akan dengan mudah mengetahui perasaan orang lain dan dapat segera menemukan sikap yang benar untuk memperbaiki situasi.

6. Hanya akan membicarakan hal yang bermutu

let’s talk via gogirlfinance.com

Akui bahwa kamu menghabiskan sebagian besar waktumu untuk berbicara dengan dengan dirimu sendiri atau berbicara dalam hati. Yah, seperti yang dikatakan di awal, kamu adalah orang senang berpikir, menganalisa, berintrospeksi dan mempertimbangkan segala hal. Oleh karena itu kamu sangat berhati – hati dalam berbicara. Kamu cenderung hanya membicarakan apa yang penting – penting saja. Bagaimanapun itu sangat bagus bagimu karena apa yang kamu bicarakan selain ringkas juga akan bermutu.

Berbahagialah menjadi seorang introvert!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya