Menjadi seorang cewek memang banyak tantangan. Salah satu tantangan yang perlu kamu hadapi jelas soal dandan. Di era Instagram seperti saat ini, penampilan benar-benar wajib diperhatikan. Tampil kurang kece sedikit saja pasti langsung ada berbagai komentar menyambar.

Padahal memang ada cewek yang lebih menyukai penampilan polosan. Ada yang memang tak nyaman menggunakan berbagai polesan di wajah, ada juga yang terlalu sibuk untuk menerapkan tutorial makeup untuk dandanan maksimal. Jangankan update soal merek makeup terbaru, membedakan maskara dan eyeliner saja susah. Bagi cewek tipe ini, komentar-komentar lucu sampai nyelekit soal dandanan sudah bukan lagi hal baru. Bila kamu termasuk salah satunya, pasti hal-hal ini sudah khatam kamu rasa.

1. Hampir tiap hari kamu tampil polosan. Pertanyaan ‘kok bisa sih betah nggak dandan?’ sering banget kamu dapatkan

Selalu tampil polosan via unsplash.com

Advertisement

Celana jeans, kemeja, dan sneakers adalah tiga item harian favoritmu. Sedangkan untuk urusan riasan wajah, paling banter kamu hanya pakai bedak bayi dan lipbalm saja. Penampilan yang polos ini ternyata menimbulkan banyak pertanyaan dari orang-orang di sekitarmu.

“Kok bisa sih kamu betah nggak dandan?”

Saat mendapat pertanyaan tersebut, kamu justru ingin balik bertanya pada mereka. Kok pada betah sih pakai makeup yang ribet begitu? Alis udah ada kenapa harus dicukur lalu digambar lagi?

2. Bukannya menolak jadi cewek seutuhnya. Tapi kamu sering bertanya-tanya kenapa orang rela beli produk makeup yang mahalnya bikin elus dada

Harga makeup mahal-mahal! via www.123rf.com

Advertisement

Teman: “Ini namanya sleeping mask. Buat dipake sebelum tidur. Murah kok, cuma dua ratus ribu.”
Kamu :What?! Wah, mending buat bayar kosan uang segitu!”

Kamu yang malas dandan dan lebih sering tampil polosan bukannya menolak untuk menjadi cewek seutuhnya. Toh tanpa polesan makeup yang melekat di wajahmu, kamu tetap seorang cewek tulen. Kamu hanya belum tertarik menginvestasikan uangmu ke dalam produk-produk makeup yang sering teman-temanmu bicarakan. Kamu punya list kebutuhan yang perlu didahulukan, ketimbang beli makeup mahal-mahal.

3. Ada kalanya kamu merenung sendiri. Memang salah ya kalau penampilanmu polos begini?

Emang kenapa kalau malas pakai makeup? via unsplash.com

Saat kamu berada di depan cermin, pikiranmu suka lari kemana-mana. Salah satunya tentang tampilanmu yang cenderung biasa banget ini. Warna kulitmu ya apa adanya, sawo matang khas kulit cewek Indonesia. Warna bibir juga masih sama, hanya sedikit mengkilap karena sapuan tipis lipbalm tiap harinya. Kamu pun akhirnya bertanya pada diri sendiri:

Salahkah aku jika hanya tampil apa adanya? Tanpa sapuan makeup mahal dan pakaian mewah? Kenapa sih aku sering sekali dibanding-bandingkan dengan mereka yang sudah jelas berbeda?

4. Sering jadi sasaran makeover teman. Sekalinya tampil penuh polesan, eh semua orang jadi nggak percaya itu kamu

Half makeup by sasyachi via www.instagram.com

Penampilan polosmu itu seringkali membuat orang sekitar jadi geregetan. Jangan heran kalau kemudian ada yang gatal dan merayumu untuk dimakeover. Tidak enak menolak, akhirnya kamu pasrah saja. Eh, sekalinya didandani, semua orang langsung pangling.

“Ta, ini beneran kamu? Ya ampun! Beda banget! Aku kirain anak baru masa…”

Lalu komentar “Nah, gitu dong! Coba tiap hari begini. Cantik lhoo….” pun berdatangan. Padahal saat itu kamu sudah kepanasan, tidak sabar untuk menghapus seluruh polesan.

5. Saat jalan bareng teman, kamu dibilang seperti upik abu. Kamu sih santai aja, karena selama ini memang nyaman tampil polos begini

jadi upik abu via www.123rf.com

Blouse tunik, celana kulot, hingga dandanan kekinian adalah tampilan wajib dari teman-temanmu. Sedangkan kamu paling banter hanya pakai jaket jeans serta kaos polos di dalamnya. Untuk muka, kamu mengandalkan alam dan sinar matahari untuk memolesnya, a.k.a. polosan aja. Nggak heran kalau kamu sering dibilang upik abu, terutama saat bersama teman-temanmu yang rajin touch up beberapa jam sekali. Awalnya sih kesal, tapi lama kelamaan kamu jadi santai saja. Yang penting nyaman.

6. Saat janjian pergi bareng, kamu kesal karena kecepatan siapnya. Sementara teman-teman masih sibuk memoles diri di depan kaca

Selalu paling duluan via www.123rf.com

Meski kerap dibandingkan karena penampilanmu yang terlampau biasa, kamu masih punya keuntungan yang membuatmu bangga. Di antara teman-temanmu, kamu lah yang memegang rekor tak perlu dandan lama setelah mandi. Pakai Ovale Micellar Water untuk membersihkan wajah, bedak tipis dan lipbalm. Semua itu bisa selesai dalam waktu lima menit. Itupun sudah termasuk pakai jaket dan sepatu. Kamu jadi menyelamatkan orang-orang dari kegiatan menunggu yang membosankan. Yah, meski itu artinya jadi kamu yang harus menunggu dan bosan. Hehe

7.Yang paling sebal, penampilan polos itu sering banget dihubung-hubungkan dengan status lajang. Memang apa sih yang salah dengan tampil tak bermakeup?

kapan punya pacar? via www.123rf.com

“Makanyaa dandan dikit dong, biar cepat punya pacar!”

Kamu pun sebenarnya heran kenapa orang-orang sering mengaitkan kebiasaanmu tampil polosan dengan status lajang. Seolah-olah yang membikin kamu jomblo itu adalah absennya makeup di wajahmu. Kalau ditanya, kamu juga ogah punya pacar yang cuma tertarik padamu karena dandanan semata. Lagipula, meski lebih suka tampil polosan dan malas berdandan tak selalu berarti kamu tidak peduli dengan diri sendiri kok. Kamu tetap tahu bahwa kulit wajah perlu diperhatikan dan dijaga kesehatannya. Misalnya dengan memakai Ovale Micellar Water.

Pembersih wajah berbahan dasar air ini menggunakan bahan alami yang tak cuma bisa mengangkat debu dan kotoran, tapi juga dilengkapi dengan ekstrak magnolia yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Ovale Micellar Water juga aman dipakai setiap hari meski kulitmu sensitif. Demi kulit yang sehat meski tak selalu bermakeup, yuk, pakai Ovale Micellar Water yang sudah bisa kamu dapatkan di minimarket seperti Alfamart.

Wajah bersih dan sehat, tanpa pelu ribet. Buat kamu yang berpikir bahwa dandan itu adalah pekerjaan berat dan melelahkan, Ovale Micellar Water ini jadi pembersih wajah idaman nan mujarab untuk kulit bersih, cerah, dan sehat.

Menjadi cewek seutuhnya tidak hanya perkara jago menggambar alis atau memasang maskara. Bukan juga soal seberapa cepat kamu menemukan pasangan. Sebab menurutmu, semua ada waktunya. Jomblo sekarang tak apa-apa, yang penting nyaman. Kamu percaya suatu hari nanti akan ada waktunya sendiri bagimu untuk menemukan sosok terbaik untuk melabuhkan hati.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya