Selepas SMA, sebagian besar orang memilih untuk berpisah dari rumah dan tanah kelahirannya untuk merantau. Harapan-harapan digantungkan, tekad digalakan, pergi jauh meninggalkan rumah dan keluarga tercinta mesti dilakukan demi menuntut ilmu atau bekerja di kota orang.

Suka, duka, susah, senang semuanya mesti dipikul sendiri ketika berada di perantauan. Perjuangan ini sekaligus latihan menempa diri seberapa kuat mentalmu menghadapi hidup yang keras ini. Namun adakalanya kita dilanda perasaan kesepian yang mengusik sukma. Dulu ada ibu, ayah adik-kakak dan teman yang bisa membantu memikul beban sepi dalam hidup, namun sekarang tak ada siapa-siapa. Sebelum itu terjadi, 6 hal inilah yang mesti kamu pegang agar jalanmu lurus gapai impian.

1. Cari teman yang banyak dan tak perlu terlalu pilih-pilih. Karena di perantauan mereka-mereka lah yang akan menolongmu untuk tenang di kala kesepian melanda

Bergaul dengan banyak orang via www.pexels.com

Advertisement

Memiliki banyak teman adalah salah satu siasat untuk mengakali kesepian di rantauan. Seperti yang kita tahu, bahwa teman kerap menjadi sosok penghibur di kala duka sepi melanda, maka dari itu mencari banyak teman adalah salah satu hal pertama yang mesti kamu lakukan rantauan. Dan baiknya kamu tak perlu terlalu pemilih. Bertemanlah dengan siapa saja, meski beda suku, budaya bahkan keyakinan sekalipun. Karena selain membunuh rasa sepi, teman baru pun dapat memberikanmu wawasan baru.

2. Bergabunglah dengan komunitas di kota rantauan, agar kamu bisa bertemu hal-hal baru yang membuat hidupmu semakin seru

Menambah pengalaman dan wawasan via www.pexels.com

Memperoleh teman juga bisa kamu lakukan dengan ikut ke dalam komunitas atau organisasi di rantauan. Selain teman, berorganisasi dapat memberikanmu pengalaman dan pengetahuan baru. Organisasi selalu memberikan ruang diskusi dan kegiatan positif yang mana itu baik untukmu berkembang. Banyak hal baru yang bisa didapat dari berorganisasi, dan ketertarikan terhadap hal-hal tersebut nantinya yang mengalihkan kesepianmu. Toh, dengan begitu kamu terhindar dari kemalasan hidup.

3. Hindari berdiam diri di kamar indekos terlalu lama. Sering-seringlah keluar dan nongkrong di event yang sedang digelar di kota

Keluar! via unsplash.com

Kota-kota besar tak pernah sepi akan event-event keren. Dan nggak hanya malam minggu, di malam-malam biasanya pun seringkali ada saja event yang bisa dikunjungi. Nah daripada berdiam diri dalam kamar lalu membusuk tak mengerjakan apa-apa, lebih baik keluar dan datangi event tersebut. Mumpung masih di rantauan, bukankah kalau sudah pulang ke kampung halaman event-event tersebut jarang diadakan?

4. Jangan tinggalkan hobimu begitu saja. Carilah teman yang seru dan memiliki kesamaan hobi agar kesepianmu teralihkan dengan keseruan yang kalian ciptakan

Asah hobimu via unsplash.com

Advertisement

Setiap orang punya hobi yang membuatnya riang saat melakukannya. Nah demi membunuh sepi mengapa tidak kamu lakukan saja hobimu. Cari teman yang memiliki kesamaan hobi, ngobrol dan sharing. Di kota besar kesempatan untuk mengakomodasi  atau melatih hobi tentunya lebih tertunjang, sebab semua pasti mudah ditemui. Misalnya hobimu bermusik, kamu akan menemui para musisi jago yang bisa kamu pelajari cara mainnya, kalau kamu ingin manggung tentu kesempatannya juga terbuka lebar dng sebab eventnya lebih banyak.

5. Carilah pacar yang menyayangimu sepenuh hati dan tak pernah membiarkanmu kesepian, murung apalagi bersedih

Cari pacar via unsplash.com

Selain itu, mencari pasangan hidup juga bisa mengusir kesepian hidupmu. Carilah pasangan yang peduli dan perhatian kepadamu. Tentu, ia nggak akan membiarkanmu begitu saja merasa kesepian. Ia akan menghiburmu dan membuat hidupmu kembali berwarna lagi.

6. Saat rindu keluarga jangan gengsi menelpon, sebab suara ibu, ayah, kakak atau adikmu itu obat paling mujarab untuk memberantas rindu kampung halaman

Telpon orang rumah via www.pexels.com

Boleh jadi kesepian yang melandamu di tanah rantau bersumber dari rasa rindumu terhadap kampung halaman, rumah, orangtua, keluarga dan teman-temanmu. Sesekali pulanglah kalau sempat, ini sedikit bisa membantumu mengatasi kesepian. Kalaupun tak bisa, jaga komunikasi dengan mereka, sering-seiringlah menelpon, meskipun cuma sekedar menanyakan kabar tapi itu akan membantumu mengurangi kekangenanmu.

Hidup di rantauan memiliki kesan tersendiri bagi tiap orang. Awalnya memang berat dijalani, namun apabila sudah biasa dan menemukan keseruan di sana, kamu akan menjalaninya dengan penuh semangat. Jangan menyerah sebelum cita-cita kamu raih, kalau tekad mulai goyah, ingat tujuan awal. Kalau masih nggak bisa, lakukan hal-hal di atas niscaya sedikit bisa mengurangi kesepianmu di rantauan. Jangan menyerah untuk meraih masa depan yang lebih baik, kawan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya