Untuk memenuhi kebutuhan hidup, setiap orang mesti bekerja. Mau kamu anak presiden sekalipun, kamu nggak akan punya uang kalau kamu enggan bekerja –kecuali kamu anaknya Nabi Sulaiman yang kekayaannya bejibun. Apapun profesinya, bekerja membuatmu punya kesempatan untuk berhenti meyusahkan orangtuamu.

Setiap profesi itu berharga. Nggak terkecuali profesi yang sedang kamu jalani sekarang yaitu driver ojek online (Ojol). Mungkin sekarang kamu malu karena teman-temanmu punya pekerjaan yang keren, yang setiap hari pergi ke kantor dan gajinya bulanan. Tapi percayalah kamu dan mereka sama, keduanya sama-sama dibutuhkan orang.

1. Profesi ojek online nggak kalah mulia dari pekerjaan lain. Kamu sudah menolong mereka yang kesulitan berpergian, menghantarkan ke tempat tujuan

Menolong orang via www.hitekno.com

Advertisement

Transportasi adalah aspek yang terpenting dalam kehidupan. Mahasiswa berangkat kuliah, karyawan pulang kerja, ibu-ibu belanja ke pasar, dan lain-lain semuanya butuh kendaraan untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh menuju tempat tujuan. Sebab nggak semua orang punya kendaraan. Dengan jasamu mereka terbantu beraktivitas. Mahasiswa bisa berkuliah, karyawan bisa pulang ke rumah, ibu nggak telat menyediakan makanan. Secara nggak langsung kamu telah menolong mereka.

2. Nggak cuma itu, kamu telah menyelamatkan banyak orang saat lapar tapi mager. Kamu mengurangi kesempatan orang terkena penyakit maag

Kamu penyelamat perut lapar via helloflo.com

Meski nggak secara langsung mengurangi penyakit maag, tapi nggak bisa dipungiri keberadaan ojol sekarang ini berguna bagi mereka yang gampang mager. Saat laper dan mager melanda dalam satu waktu, kamu menjadi solusi banyak orang untuk membeli makanan. Ketika lapar melanda di malam hari sedang stok mi instan nggak ada, kamu jadi jawaban. Kala orang mengidam suatu makanan tapi tempatnya jauh, kamu selalu bisa diandalkan.

3. Ojek online profesi yang legal jadi kenapa mesti malu? Ikhlas dan jalani pekerjaanmu dengan sepenuh hati niscaya kelancaran rezeki akan mengalir kepadamu

Halal via www.qupas.id

Untukmu yang setiap hari berkutat dengan aplikasi, mencari pelanggan, pergi pagi pulang malam, jangan pernah merasa malu dengan profesimu. Apa yang kamu lakukan adalah pekerjaan yang mulia. Jangan malu, jadi driver ojol itu pekerjaan yang nggak melanggar hukum. Pendapatanmu jelas halal. Selama kamu ikhlas dan jujur dalam bekerja niscaya Tuhan akan melimpahkan banyak rezeki untukmu. Keberkahan akan senantiasa menyertaimu.

4. Pendapatanmu mungkin nggak seberapa, tapi niat baikmu untuk hidup mandiri sehingga nggak merepotkan orangtua sangatlah berharga

Belajar mandiri via www.moneysmart.id

Advertisement

Memang jika dibandingkan dengan teman-temanmu yang bekerja di kantor, penghasilanmu lebih sedikit. Tetapi kerja bukanlah perihal pendapatan semata. Ingatlah niat awalmu saat pertama mendaftarkan diri, kamu berusaha untuk mandiri dan agar nggak merepotkan orangtua melulu. Bukan ‘kah ini merupakan hal yang mulia? Nggak ada alasan orangtuamu untuk nggak bangga kepadamu.

5. Lagipula kamu mendapat banyak teman dan keluarga baru kan saat bekerja? Ini jelas keuntungan yang jarang didapat pada profesi lain

Jadi punya banyak teman dan keluarga via www.jawapos.com

Awalnya mungkin kamu menjadikan profesi pengemudi ojek online ini sebagai kerjaan sambilanmu sembari berkuliah. Namun setelah menjalaninya, perlahan kamu betah sendiri. Pasalnya saat bekerja kamu selalu bertemu dengan orang-orang baru. Berawal dari jadi pelanggan, kemudian teman.

Belum lagi ketika kamu berkumpul dengan pengemudi lain. Meski berbeda-beda latar belakang, usia, jenis kelamin mereka langsung menganggapmu sebagai teman. Semakin lama bertemu dan berkumpul, semakin tercipta kehangatan hubungan. Komunitasmu sudah terasa seperti keluarga sendiri.

6. Percayalah kerja keras dan pengalaman yang kamu dapat dari sekarang akan berguna di masa mendatang. Profesi saat ini jadi batu loncatan kamu menuju cerahnya masa depan

Banyak pelajaran dan pengalaman via www.pexels.com

Kerja keras yang kamu lakukan selama ini, seperti mengambil orderan di kala hujan, nyasar saat menjemput sampai ke kuburan atau bahkan kena omel pelanggan justru memberikan pelajaran dan pengalaman berharga untukmu. Salah satunya membentuk pribadimu agar lebih sabar dan bagaimana memperlakukan pelanggan dengan baik.

Pengalaman ini sangat penting untuk membentuk etos kerjamu. Secara nggak langsung kamu sudah ditempa menjadi sosok yang tangguh dan bertanggung jawab. Pengalaman ini akan sangat berguna untukmu kelak di pekerjaanmu yang selanjutnya.

Mungkin kamu sekarang berpikir bahwa pekerjaanmu ini payah dan nggak banyak menghasilkan uang. Tapi perlu kamu sadari bahwa semua butuh proses. Kerja kerasmu akan terbayar lunas dengan kesuksesan di masa mendatang. Lagipula apa salahnya menjadi pengemudi ojek online? Toh ini pekerjaan halal. Dan lagi peranmu ini sangat dibutuhkan banyak orang. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya