Untuk menjadi pemuda yang produktif, ternyata kita tidak cukup hanya menjadi kutu buku yang hanya belajar terus di kelas. Selain itu, kamu juga perlu membentuk kepribadian dengan belajar bersosialisasi dengan orang lain. Salah satu caranya kamu bisa menjajal menjadi relawan. Namanya juga relawan. Artinya kamu adalah orang yang bekerja dengan suka rela tanpa mengharapkan imbalan. So, jangan ngerepin gaji ya.

Namun, ada banyak nilai positif yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ini, karena bahagia bukan hanya tentang uang. Nah, berikut Hipwee berikan alasan yang bisa membuatmu yakin buat terjun menjadi relawan.

1.Menjadi Relawan Bisa Memperluas Pergaulanmu, Karena Kamu Bakal Punya Kesempatan Untuk Mengenal Orang-Orang Baru.

Kamu bisa kenalan dengan orang orang dari belahan dunia yang lain via www.hyundaimotorgroup.com

Biasanya, organisasi yang membuka rekrutmen relawan tidak mensyaratkan hal-hal yang spesifik, syarat mutlaknya adalah dia yang mau berkontribusi dan belajar. Jadi, kamu bisa mulai masuk dan menemukan teman-teman ajaibmu disana. Kamu bisa memperluas pergaulanmu dengan berkenalan dengan orang-orang dari background yang berbeda. Kamu mau ikut menjadi relawan pemnafaatan barang bekas? kamu bakal menemukan orang orang seni yang jago berkreasi, kamu juga bakal nemuin orang sosiologi, dan tentunya kamu bisa belajar banyak dari mereka semua.

2. Dengan Menjadi Relawan, Kamu Bisa Melihat Prespektif Baru Yang Sebelumnya Belum Pernah Kamu Tahu

Jalanan rusak begini? Gak ada landasan helikopter pula? via srunaiketapang.blogspot.com

Advertisement

Kamu bisa mendapatkan prespektif baru yang sebelumnya belum pernah kamu lihat, karena akhirnya kamu merasakan gimana terjun langsung pada apa yang selama ini hanya kamu lihat di layar televisi. Ketika kamu menjadi volunteer untuk acara roadshow acara televisi, kamu bakal tahu gimana para public figure tanpa make up. Ketika kamu sibuk mencela pemerintah karena terlambat mengirim bantuan saat bencana melanda, ketika kamu menjajal jadi relawan, kamu bakal tahu gimana susahnya medan yang harus ditempuh untuk hanya mengantar sekardus mie instan.

Menjadi relawan akan menjadikanmu pribadi yang lebih paham situasi lapangan, dan tidak mudah mengutuk keadaan.

3. Kamu Punya Kesempatan Lebih Mengenal Dirimu Sendiri  Dan Lingkunganmu

Volunteering in africa

Relawan itu adalah kerelaan, kamu tidak dipaksa untuk ini dan itu. Kamu bisa mengenal dirimu sendiri, seperti apa sikapmu jika dihadapkan pada masalah-masalah yang ada di depan matamu. Selain itu, dengan terjun sendiri kamu juga jadi lebih tahu seperti apa lingkunganmu. Kamu belajar menjadi lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugasmu untuk saling peduli dengan lingkungan sekitar.

Selain kamu juga bisa mengenal dirimu kamu juga bisa mengembangkan kemampuanmu. Ketika kamu menjajal menjadi relawan bencana, kamu menyadari, wah ternyata kamu punya bakat untuk menghibur orang, membuat anak-anak korban bencana bisa tersenyum bahagia.

4. Secara Kesehatan, Kegiatan Menjadi Relawan Baik Untuk Kesehatan Mental Lho. Karena Bisa Mengurangi Stres Dan Membuatmu Lebih Bahagia.

Kamu aktif bergerak via balanceinme.com

Dalam dunia kesehatan, penelitian menyebutkan orang orang tua yang tetap meluangkan waktunya menjadi relawan akan mempunyai fungsi fisiologis tubuh yang menjadi lebih baik, awet mudah, dan lebih sehat. Namun sebagian besar mereka sudah menjadi relawan sejak masih muda.  Jadi kesehatan yang  mereka dapatkan diakibatkan dari rasa bahagia dan ketulusan yang dihasilkan dari perasaan positif saat membantu oranglain. Karena faktanya, berfikir positif akan mempengaruhi hormon dan membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas. Investasi yang cukup menggiurkan kan, kamu bisa mendapatkan kesehatan batin, baik dia masa muda atau di masa tua.

5.  Menjadi Relawan Juga Menjadi Nilai Plus Untuk Prospek Kerjamu Nanti

Menjadi relawan pelestarian satwa via www.springbrookanimalcarecenter.com

Orang-orang yang menjadi relawan akan mendapatkan peluang berkarir lebih besar. Selain kamu mendapatkan networking  yang luas, kamu juga mendapatkan nilai plus bagi para perekrut pekerjaan. Karena dengan menjadi relawan kamu dinilai cukup berkontributif dan tulus dalam bekerja. Selain itu, menjadi relawan juga akan menambah pengalamanmu dalam banyak hal, kamu berkesempatan untuk menggali informasi sebanyak banyaknya tentang minatmu.

Kamu ingin menjadi guru? Menjadilah relawan pengajar. Kamu berharap bisa kerja di bidang lingkungan? Kamu bisa ikut gabung relawan program restorasi hutan atau daur ulang. Selain itu, ini adalah kesempatan kamu untuk meningkatkan pengalaman kepemimpinan yang ingin dilihat oleh para rekrutmen pekerjaan.

6. Kamu Ingin Menggali Minat dan Bakatmu Lebih Dalam? Kamu Bisa Berkreasi Sepuasnya Di Kegiatan Ini.

Menjadi relawan kesehatan via redcrossyouth.org

Terkadang kita merasa bosan dengan kegiatan yang monoton dan membutuhkan keseimbangan dengan aktifitas yang bisa membuat merasa relaks dan berdaya.  Menjadi relawan adalah cara yang tepat untuk mengembangkan bakatmu dan mempelajarinya. Gak jarang kamu bakal nemuin hobbi baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Kamu suka bermain musik? Kamu bisa gabung dalam pemberdayaan anak-anak penderita kanker. Kamu mengajar bermain gitar. Gak jarang jika anak-anak menyukai caramu, mereka bakal minta kamu mengajari hal lain, seperti teater. Nah, disini kamu bakal mememukan hobbi barumu karena  dengan  kesan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Mungkin saja, kamu bisa membuat band kecil bersama mereka. Who knows?

7. Dengan Menjadi Relawan, Kamu Jadi Tahu Bahwa Uang Bukanlah Segala-Galanya.

Membuat orang lain bahagia via www.handupaustralia.com

Gak jarang, menjadi relawan bisa membuat pikiranmu menjadi terbuka, kamu belajar memahami perbedaan, kamu belajar untuk tulus menolong, berempati, dan tentu saja ini akan membentuk kepribadianmu lebih baik. Kamu belajar, bahwa terkadang bahagia itu bukan hanya soal uang, tapi bagaimana rasanya bahagia membantu orang lain, melindungi binatang dari kepunahan, menolong orang lain yang kesusahan. Pengan tahu rasanya menolong gajah-gajah pedalaman yang sering ditangkap dalam perburuan liar? Pengen tahu rasanya menjadi bagian dalam event internasional? Pengen tahu rasanya membuat tersenyum orang-orang yang sedang berduka karena bencana. Kamu bisa mencoba menjadi relawan dalam banyak hal.

Menjadi relawan memang butuh komitmen dalam diri sendiri untuk mengabdi dan berkontribusi dengan merelakan waktu, tenaga, pikiran, dan jasa kita tanpa dibayar apa apa. Semua itu bukan karena kamu tidak berharga, tapi karena kamu terlalu berharga untuk dibayar dengan sejumlah uang.

Nah, masih belum yakin buat menjajal menjadi relawan? Mulai sekarang kamu bisa mulai searching internet, kamu bakal menemukan banyak sekali lowongan buat jadi relawan. Dijamin, kamu tidak akan pernah menyesal untuk mengulurkan tangan dan memberi kebaikan.

Selamat berkontribusi!
Ingat, karena kamu terlalu berharga untuk dibayar dengan uang.