Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh Sekolah Vokasi UGM. Tempat kuliah yang memberimu kemampuan aplikatif demi memenangkan persaingan di dunia kerja.

Menentukan jurusan kuliah tentu bukan perkara mudah. Keputusan yang satu ini akan mempengaruhi masa depanmu, menentukan jalan yang akan ditempuh hampir di seluruh hidupmu. Sebab itu, keputusan yang tidak remeh ini perlu dipertimbangkan sebaik mungkin.

Dari sekian banyak pilihan universitas dan jurusan di luar sana, nama UGM tentu akrab di telinga bukan? Universitas tertua di Indonesia yang terbukti telah banyak menghasilkan lulusan berkualitas ini memang tak perlu diragukan lagi jawaranya. Tapi bukan cuma kualitas lulusan dan jurusaannya saja, UGM juga punya keunikan lain yang layak kamu coba. Apalagi kalau bukan Sekolah Vokasi dengan segala kelebihannya?

Di artikel ini Hipwee akan paparkan apa spesialnya Sekolah Vokasi UGM, dan kenapa memilih kuliah di sana adalah salah satu keputusan terbaik yang bisa kamu ambil dalam hidup. Penasaran gak kenapa?

1. Universitas lain boleh memenuhi kepalamu dengan berbagai teori. Tapi cuma Sekolah Vokasi UGM yang membekalimu kemampuan praktis untuk bekerja nanti

Cuma Sekolah Vokasi yang memberimu pengalaman kerja seperti di industri

Cuma Sekolah Vokasi yang memberimu pengalaman kerja seperti di industri via ugm.ac.id

Sebenarnya tujuan akhir dari kuliah adalah mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi ‘kan? Empat tahun masa kuliah adalah waktu paling tepat mengembangkan diri, menggembleng diri sekeras mungkin agar kelak siap menghadapi hal-hal yang sama tiap hari.

Namun seberapa banyak teman-temanmu yang mengeluh materi kuliah mereka tidak terpakai di dunia kerja? Berapa banyak kawanmu yang merasa 4 tahun masa kuliahnya tak digunakan sebagaimana mestinya?

Penyesalan yang sama tidak akan kamu rasakan saat memilih kuliah di Sekolah Vokasi UGM. Dengan sistem 60% praktek dan 40% teori Sekolah Vokasi UGM benar-benar memberimu landasan kuat untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. Dosen-dosennya pun bukan dosen biasa. Praktisi langsung yang didatangkan untuk mengajarmu. Bahkan di semester depan ada praktisi dari Jerman yang akan turut mengajar.

Di semester akhir, kamu pun diwajibkan magang di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional demi mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Sekolah Vokasi UGM mengerti: pendidikan bukan cuma soal menghapal textbook dan berbagai materi. Pengembangan prestasi dan hobi juga jadi hal yang diperhatikan di sini

UKM berkuda, voli dan lainnya jadi kebanggan SV UGM

UKM berkuda, voli dan lainnya jadi kebanggan SV UGM via ugm.ac.id

Sekolah Vokasi UGM tak hanya terkenal karena kepiawaiannya membentuk mahasiswa jadi siap kerja. Prestasi mahasiswanya diberbagai lini juga layak jadi pertimbanganmu kenapa harus menjajal kuliah di sini.

Situasi kuliah yang kondusif, fokus pada pengembangan skill, plus banyaknya UKM yang tersedia memberimu banyak pilihan untuk mengembangkan hobi sekaligus mendulang prestasi. Oke-nya prestasi sekolah Vokasi sudah terbukti dari prestasi mahasiswa Sekolah Vokasi UGM yang jadi peraih 2 medali emas dan 1 perak di Kompetisi Robot Internasional di Amerika.

Bukan cuma itu,  berbagai cabang olah raga, seperti Badminton, Atletik, Tenis, Sepak Bola, Taekwondo, Karate, Tenis Meja, Berkuda, Renang, Hoki, Catur, Bola Basket, Bola Volley, dan sebagainya, serta cabang-cabang seni seperti Tari Tradisional, Band, Vocal Group, Fotografi, Seni Lukis dan lain-lain, berhasil menyumbangkan medali bagi Sekolah Vokasi UGM. Beberapa atlet Vokasi UGM juga berhasil menjuarai kompetisi mahasiswa tingkat nasional mewakili UGM, dan bahkan tingkat internasional, misalnya Sea Games.

3. Lewat Sekolah Vokasi UGM, proses mencari pekerjaan tak akan terasa mengerikan. Vocational Development Centre yang punya 200 MoU dengan berbagai industri menenangkan hati menghadapi persaingan

Di SV UGM mencari pekerjaan tak semengerikan yang dikira

Di SV UGM mencari pekerjaan tak semengerikan yang dikira via ugm.ac.id

Setelah lulus kuliah, takutkah kamu merasa bingung dan hilang arah sebab tak tahu harus mendaftar kerja di mana? Tenaaaang, perasaan macam ini tak akan kamu rasakan di Sekolah Vokasi UGM. Sekolah Vokasi UGM punya Vocational Development Centre (VDC) yang akan membantumu meniti karir di perusahaan impian.

Setiap tahun, VDC akan menyelenggarakan job fair yang mendatangkan perwakilan langsung dari berbagai perusahaan dan industri. Selepas lulus kamu tinggal ikut rekrutmen langsung deh di sini, tanpa perlu repot seleksi sendiri.

Oke nya lagi, Sekolah Vokasi UGM juga sudah punya 200 MoU dengan berbagai perusahaan bergengsi dari berbagai industri yang bahkan memungkinkanmu sudah mendapatkan pekerjaan sebelum lulus.

Bahkan banyak perusahaan yang protes pada kami karena kehabisan lulusan Sekolah Vokasi UGM yang bisa direkrut. Ini bisa jadi bukti betapa dihargainya lulusan Sekolah Vokasi UGM di dunia kerja.”, ujar salah satu dosen Sekolah Vokasi UGM.

4. Di Sekolah Vokasi UGM cita-cita bekerja atau kuliah ke luar negeri juga bisa diwujudkan. Jepang, Korea Selatan, Singapura, sampai Amerika Serikat serasa dekat teraih tangan

Jepang dan Korea terasa dekat di tangan

Jepang dan Korea terasa dekat di tangan via ugm.ac.ida

Setiap tahunnya, Sekolah Vokasi UGM rutin mengirimkan mahasiswa untuk magang atau mengikuti training ke Jepang dan Korea Selatan. Sejauh ini Sekolah Vokasi UGM sudah berhasil mengembangkan kerjasama dengan Kawasaki Ashi Jepang untuk program magang, bekerja sama dalam program studi lanjut ke Yellow River Conservancy Technical Institute di kota Kaifeng, Cina, sampai mengirimkan mahasiswanya untuk summer training program ke Amerika.

Bahkan karena keahlian yang dimiliki, bukan tak mungkin kamu juga bisa bekerja di negara-negara tersebut, lho! Jepang dan Korea adalah 2 negara yang potensial merekrutmu jadi pegawai selepas lulus dari Sekolah Vokasi UGM.

5. Kamu berminat jadi wirausaha dan ogah cuma jadi karyawan saja? Sekolah Kewirasuhaan SV UGM jadi jawabannya!

Sekolah kewirausahan di SV UGM bisa jadi jawaban wirausahamu

Sekolah kewirausahan di SV UGM bisa jadi jawaban wirausahamu via ugm.ac.id

Bekerja sama dengan Mandiri University, Bank Mandiri — Sekolah Vokasi UGM berusaha menjawab kebutuhan pendidikan bagi calon wirausahwan muda.

Pada tahun 2015, dikumpulkan 100-200 mahasiswa SV-UGM yang berminat serius menggeluti dunia entrepreneurship. Mereka saat ini digembleng langsung oleh dosen-dosen SV-UGM yang punya latar belakang wirausaha. Bekerjasama dengan pengajar/instruktur kewirausahaan dari Bank Mandiri (Mandiri University), serta akan mendatangkan sosok-sosok sukses di dunia bisnis nasional untuk menginspirasi mereka.

Dalam program ini Mahasiswa diwajibkan memulai bisnisnya, dan di-coaching oleh para pembimbing. Mereka harus terjun langsung membuka sebuah bisnis, dan dibimbing minimal selama 1 tahun, serta akan diakui sebagai bagian dari Mata Kuliah Kewirausahaan dan Soft-Skill di Transkrip Nilai Akhir. Diharapkan,  setelah selesai mengikuti program ini mereka akan memiliki sebuah bisnis yang prospektif untuk dikembangkan bagi masa depan.

Mau tahu kisah perjuangan mahasiswa Sekolah Kewirausahaan SV UGM? Telusuri kisah perjuangan mereka di artikel ini.

6. Sebagai Kampus Kerakyatan, UGM terkenal murah dalam memberi beasiswa. Tak perlu khawatir perkara dana, setidaknya ada 60 beasiwa tersedia demi membantumu meringankan biaya

Ada 60 beasiswa yang bisa meringankan beban biayamu

Ada 60 beasiswa yang bisa meringankan beban biayamu via ugm.ac.id

Merasa tak mungkin kuliah karena keterbatasan dana? Tenang, sebenarnya UGM sudah berhasil menyediakan banyak sekali beasiswa bagi mahasiswa, baik yang didapatkan dari hasil kerjasama dengan berbagai pihak, stakeholder maupun dan alumni.

Selain PBUTM, UKT-1 dan UKT-2, program beasiswa ini dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban biaya studi.

Tidak hanya beasiswa bagi yang tidak mampu secara ekonomi, namun juga tersedia beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Sssstt…lihat deh di tabel di bawah ini, SV-UGM juga menyediakan beasiswa khusus.

Data beasiswa di SV UGM

Data beasiswa di SV UGM via ugm.ac.id

Dari data yang berhasil Hipwee kumpulkan, sekitar 30% mahasiswa UGM (termasuk mahasiswa Sekolah Vokasi UGM) berhasil mendapatkan beasiswa ini. Setiap bulannya, kamu akan mendapatkan minimal 400 ribu rupiah untuk membantu meringankan bebean pengeluaran. Lumayan banget ‘kan jika dibadingkan dengan kebutuhan hidup di Jogja?

Ini belum termasuk mahasiswa dari PBUTM dan Bidik Misi, loh!

7. Last but not least, hey ini UGM guys! Nama besarnya tak ada duanya. Kurang bangga apa kalau bisa diterima dan kuliah di sana?

Nama besar UGM tak ada duanya. Yakin tak tergoda?

Nama besar UGM tak ada duanya. Yakin tak tergoda? via ugm.ac.id

Sekolah Vokasi-UGM merupakan bagian resmi dari universitas tertua di Indonesia ini. Diterima masuk sebagai mahasiswa SV-UGM, maka artinya diterima masuk sebagai keluarga UGM. Jejaring kuat alumni UGM akan memberimu banyak kemudahan, baik selama proses kuliah pun saat sudah terjun di dunia kerja nanti.

Sebagai universitas yang telah berdiri lama (sejak 1949), UGM memiliki banyak fasilitas serta sejarah panjang yang telah mengakar kuat dan menjulang tinggi dengan reputasi internasional. Suasana kampus dan jejaring UGM dengan kiprah Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) akan memperkuat penciptaan lulusan yang unggul dan bermartabat.

Kurang bangga apa lagi waktu ditanya, “Kuliah di mana?” kamu bisa jawab dengan bagga,

 “Sekolah Vokasi UGM, dong!”

Tertarik ingin menjajal salah satu keputusan terbaik seumur hidup dengan masuk ke Sekolah Vokasi UGM? Prosedur Pendaftaran  dan Jadwal Tanggal Pendaftaran, bisa langsung kamu lihat di www.pmb.sv.ugm.ac.id

Pembayaran Biaya Pendaftaran akan dilayani mulai 10 April – 10 Juni 2015, Pendaftaran Online tgl 10 April- 11 Juni 2015. Pelaksanaan ujiannya akan dilangsungkan pada 14 Juni 2015.

Kalau mau tanya-tanya langsung aja mention @infopmb_svugm dan @sv_ugm, telepon ke 0274-588-999, atau, bisa juga tanya-jawab via email ke pmb.sv@ugm.ac.id. Kamu juga bisa langsung menghubungi kontak person di Bapak Suparyanto : 0822-9911-3359

Sampai ketemu di UGM!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya