Setiap orang terlahir dengan kepribadian yang berbeda. Ada yang ramah, sombong, pelit, dermawan, dan sifat lainnya. Hal itu membuat kamu harus pandai beradaptasi dengan orang-orang sekitar, mulai dari keluarga sendiri hingga teman-teman. Oleh karenanya, seni dalam berkomunikasi sangat penting agar hubungan kalian berjalan baik. Sayangnya setiap orang nggak sama, ada saja hal dalam diri mereka yang bikin kamu sebal.

Entah karena mereka pernah menyakitimu atau pribadinya yang kurang kamu sukai, mau nggak mau jadi bete karenanya. Sebenarnya kamu udah sering mencoba menghindar biar nggak berinteraksi sama mereka, sayangnya lingkup pertemanan, pekerjaan, atau keluarga bikin kamu sulit merealisasikannya. Sehari-hari kamu harus bertemu dan berurusan dengannya.

Demi ketenangan jiwa dan terhindari dari gejala stres, Hipwee telah merangkum 7 cara elegan yang bisa kamu terapkan. Langsung saja yuk simak!

1. Tanggapilah obrolan dia sekadarnya saja. Nggak perlu jawab panjang-panjang, yang penting “ngena”

tanggapi sekadarnya saja via www.nbc.com

Kamu harus pandai mengatur strategi agar nggak banyak berkomunikasi sama dia. Kalau kamu memang udah nggak menyukai seseorang, lantas jangan memaksa diri untuk menanggapi obrolannya dalam waktu lama. Cukup jawab sekadarnya saja dengan pernyataan yang tepat. Dengan begitu dia bakal berhenti mengajakmu mengobrol lagi. Lebih baik dirimu disebut orang yang to the point tanpa basa-basi daripada hatimu kelamaan berpura-pura, ‘kan?

2. Biasakan saat interaksi jangan senyum lebar, cukup tipis saja. Biar dia sadar ada jarak

Advertisement

atau sunggingkan senyum begini juga boleh via myuclablog.tumblr.com

Lingkunganmu dengannya memang dekat, lalu tanpa disadari bikin kamu sering berpapasan atau ada interaksi kecil sama dia. Saat seperti ini kamu nggak perlu pasang senyum lebar karena percuma juga nggak bakal berpengaruh terhadap rasa sebal itu. Cukup sungingkan senyum tipis saja udah bagus lho. Karena kalau tersenyum lebar malah bikin dia merasa kamu tak ada masalah sama dia. Kalau udah begini yang ada dia betah berinteraksi sama kamu. Karena kamu inginnya nggak ada interksi apapun sama dia, jangan deh senyum lebar.

3. Baiknya sih kamu hafalin rutinitas dia. Bukannya kepo, tapi ini demi kamu supaya nggak sering bertemu dia

nggak sampai difotoin juga ._. via www.chickensmoothie.com

Jangan anggap remeh cara elegan untuk menghindari teman satu ini. Dengan mengetahui segala rutinitasnya, intensitas bertemu dengan dia tanpa disadari bisa diminimalisir. Makanya, mulai dari sekarang coba kamu hafalkan jadwal kegiatan dia biar bisa mengantisipasi keberadaannya. Bukannya kepo sih, tapi ini biar kamu nggak sering bertemu dia.

4. Usahakan kamu selalu sibuk dengan apapun. Dijamin pasti dia sungkan mau berinteraksi sama kamu

sibukkan dirimu via www.businessinsider.com

Cara elegan lainnya agar nggak banyak interaksi dengannya, kamu harus coba menyibukkan diri kapanpun ketika ada dia. Entah sibuk bekerja maupun membaca, pokoknya kamu harus sibuk deh. Kalau kamu udah menerapkannya, dijamin dia jadi sungkan mau bertanya, minta tolong, atau mengajak ngobrol kamu. Duh, syukur deh ~

5. Unfriend, block, atau hide saja dia dari medsos kamu. Kalau nanti dia nanya, jawab saja: Masa sih?

unfriend dia dari medsos kamu via www.laineygossip.com

Di era digital seperti sekarang, belum sah kenal rasanya kalau nggak “berteman” via media sosial (medsos). Lingkungan kamu dan dia telah memaksa dirimu untuk berteman via medos itu. Hal ini membuat kamu jadi bete kalau buka medsos karena isi timeline kamu pasti ada dia. Oleh karena itu, lebih baik kamu unfriend, block, atau hide saja biar kamu tenang kalau buka medsos. Dia mungkin akan bertanya, lalu tinggal menjawab saja: Masa sih? Selanjutnya terserah kamu mau ngelesnya apa, misalnya kepencet atau akun medsos kamu eror. Hehe.

6. Selalu balas pesannya telat dan singkat. Biar dia nggak sering menghubungimu

nanti dia jadi sebal sama kamu via celebmafia.com

Salah satu hal yang bikin kamu kesal sama teman sendiri adalah ketika temanmu balas pesan kamu lama. Kamu yang ingin segera mendapat jawaban jadi tertunda karena teman tak kunjung membalas. Lalu, kenapa kamu nggak terinspirasi untuk melakukannya juga? Siapa tahu dengan kamu membalas pesan teman yang nggak kamu suka itu dengan waktu yang lama dan kalimatnya singkat, bisa jadi dia nggak sering lagi menghubungimu. Tertarik?

7. Pakai earphone adalah yang paling sederhana. Dia bakal mikir 2x buat ajak ngobrol kamu

selalu gunakan earphone ke mana-mana via id.pinterest.com

Cara sederhana lainnya yaitu jangan pernah meninggalkan headset kemanapun kamu pergi. Nggak harus mendengarkan musik, cukup pura-pura juga bisa kamu lakukan. Dijamin deh dia pasti sungkan untuk mengganggu dirimu yang lagi asik mendengarkan musik (padahal sih bohong).

Dari banyaknya teman yang kamu miliki selalu saja ada yang menyebalkan. Entah karena kepribadiannya atau omongannya yang nggak nyambung sama kamu, ternyata bikin nggak nyaman. Kamu pun memilih untuk menghindari supaya nggak stres, sayangnya keberadaanmu dengannya sulit dipisahkan. Kalau udah begini kamu harus menerima dengan lapang dada dirinya di sekitarmu. Paling tidak buatlah dia sadar kalau ada hal yang nggak kamu sukai darinya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!