Beberapa hobi anak muda milenial seringkali dianggap remeh orang dan dihadiahi komentar “kurang kerjaan”. Padahal hobi yang ditekuni di waktu luang dan sering dianggap kurang kerjaan ini bisa jadi potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Mereka nggak tahu saja kalau hobi anak muda zaman sekarang cukup kreatif dan bisa bikin sukses kalau dikerjakan dengan tekun!

Membungkam omongan haters memang nggak semudah membalikan telapak tangan. Selain bersabar menunggu waktu yang akan menjawab, usaha maksimal juga harus dilakukan. Lantas, kegiatan apa saja yang sering dikatain kurang kerjaan, padahal berfaedah di masa depan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Coba-coba makeup baru, sering dibilang keganjenan. Mereka nggak tahu saja kalau kamu bisa nyambi MUA amatiran

bisa nyambi MUA amatiran via www.pexels.com

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Pepatah satu ini mengobati rasa bete kamu gara-gara omongan haters. Mentang-mentang doyan dandan, kamu malah diejek keganjenan karena senang banget makeup-an. Padahal kesenanganmu sama kosmetik ini bikin kamu suka diandalkan sama teman untuk mendandani mereka. Tanpa sadar kamu sudah jadi MUA amatiran yang pendapatannya lumayan. Kalau terus ditekuni, bisa jadi kamu akan sukses di bidang tersebut. Ingat, zaman sekarang MUA udah jadi profesi yang menjanjikan lho.

2. Suka bikin hand lettering saat sedang bosan? Skill ini unik dan nggak banyak yang bisa

bikin hand lettering via www.pexels.com

Karya hand lettering sekarang ini lagi banyak banget dipakai orang. Bukan cuma sebagai pajangan yang mengisi kekosongan di dinding rumah, kantor, atau kafe, hand lettering bisa menjadi penyemangat bagi siapapun yang lihat. Kamu tinggal mengasah skill hand lettering sambil cari banyak inspirasi kata-kata uniknya, maka hobi ini lambat laun layak buat kamu bisniskan. Apalagi masih segelintir orang yang bisa. Potensi suksesnya masih terbuka lebar.

3. Corat-coret di dinding bikin kamu diomelin. Tapi nggak lagi kalau kamu jadi seniman grafiti

Jadi seniman grafiti via id.pinterest.com

Di zaman sekarang, sudah banyak lho ruang dan tembok kosong yang memang disediakan bagi kamu yang ingin berkarya. Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan kalau corat-coret tembok ini kurang kerjaan. Mereka bilang hobi ini identik dengan buang-buang uang dan kenakalan. Padahal, apalah arti sebuah tembok tanpa adanya grafiti. Terlebih, grafiti bisa menjadi salah satu cara menuangkan kreativitas untuk mengritik suatu hal demi perubahan yang lebih baik. Apalagi kalau karya grafitimu apik, bisa-bisa kamu dilirik buat jadi seniman gratifi profesional dengen pendapatan yang menjanjikan.

4. Suka modifikasi motor sampe bentuknya “nggak jelas”? Kelak kamu bisa bisnis chopper motor yang nilainya ratusan juta

motor chopper yang bernilai ratusan juta via unsplash.com

Kabar baik buat kamu yang senang bongkar-pasang motor. Kebiasaan ini kalau lama-lama kamu tekuni, bisa menjadi ladang usaha menjanjikan. Ya, hobi modifikasi motor seperti chopper bisa bernilai ratusan juta kalau diseriusi. Kamu bisa kepoin dari sekarang modifikasinya yang sudah ada kayak gimana, lalu cari sesuatu yang beda untuk mencerminkan ciri khas modifikasi chopper ala kamu. Mereka yang dulu meremehkan kini malah terkesima nggak percaya dengan karya keren kamu.

5. Ngumpulin barang bekas dengan niat mendaur ulang jadi sesuatu benda yang keren!

membuat kerajinan tangan via unsplash.com

Ibarat ketemu mie rebus saat lagi hujan deras, seperti itulah kira-kira rasa bahagiamu ketika mengumpulkan barang-barang bekas. Bagimu, barang bekas bukan sampah yang bisa dibuang gitu aja. Dengan keterampilan kerajinan tangan yang dimiliki sejak zaman sekolah, kamu bisa mendaur ulang barang bekas tersebut. Nggak cuma buat pribadi, olahan barang bekasmu ini juga bisa menghasilkan uang. Nah kalau hobi ini kamu geluti dengan serius, kerajinan tanganmu ini punya potensi buat dipasarkan di luar negeri lho!

6. Betah nonton K-Drama marathon dikatain kurang kerjaan. Duh, dunia freelancer dengan bayaran lumayan bisa bermula dari sini, lho

nonton drama Korea lama-lama bikin kamu lancar bahasanya, lho via unsplash.com

Kamu sudah khatam sekali tiap nonton K-Drama dikatain kurang kerjaan. Mereka kerap julid ke kamu karena mengisi hari dengan K-Drama marathon saat lagi senggang. Justru, nonton K-Drama itu tak sekadar nonton sambil buang-buang waktu saja. Toh, kamu belajar bahasa Korea dari hal itu yang ujung-ujungnya peluang menjadi freelancer serba Korea bisa kamu lakukan.

7. Gonjreng-gonjreng gitaran malah disebelin. Menjadi seorang pencipta lagu ‘kan bisa berawal dari sini

bisa jadi pencipta lagu ~ via unsplash.com

Meski zaman sudah modern, ternyata masih saja ada orang-orang yang julid kalau kamu lagi gonjreng-gonjreng gitaran. Menurut mereka, kebiasaan ini sama sekali nggak keren dan tak berfaedah. Cuma bikin suasa sekitar berisik dan ganggu orang. Duh, sedih ya melihat realita yang kayak gitu. ‘Kan dari sering main gitar merupakan awal dari ciptakan lagu dan aransemen musik.

Karena itu kamu jangan minder dulu saat ada orang yang ngatain kamu kurang kerjaan. Asal kamu tekun dan pantang menyerah, kesuksesan bisa datang dari sana. Nah, kalau kamu masih galau dan bingung soal gimana bikin hobi dan kreativitasmu ini jadi lebih terarah, nggak usah panik. Ada AXIS Pop Up Station yang bisa jadi wadahmu mengembangkan hobi dan kretivitas.

Bareng AXIS Pop Up Station, kamu bisa bebas ikutan talk show KOL, sharing session bareng komunitas dan profesional, sampai seru-seruan kolaborasi di workshop seperti art, photo, journalist, dan beauty bloggerNggak cuma ilmu yang semakin nambah, tapi juga kesempatan untuk membuat project baru yang melibatkan banyak pihak.

AXIS Pop Up Station digelar di 9 kota besar sejak 10 Agustus 2018 lalu dan terbuka untuk seluruh anak muda. Buat kamu yang ada di Jakarta, AXIS Pop Up Station sudah dibuka sejak 10 Agustus kemarin yang sudah dimeriahkan oleh event AOV, beauty and fashion, kelas fotografi sampai crafting. Kemeriahan ini bisa kamu ikuti sampai 30 Agustus besok. Nah event yang tak kalah seru juga bisa kamu temui bareng AXIS Pop Up Station di 9 kota lainnya! Yuk gabung jadi #GenerAction yang terus berkarya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya