Kehidupan setelah kuliah terkadang jauh dari ekspekstasi. Kamu yang berharap bisa segera punya uang sendiri supaya bisa beli ini dan itu sesuka hati, kadang harus menelan kecewa karena ternyata penghasilanmu masih minim. Yah, gaji untuk seorang freshgraduate memang biasanya hanya cukup untuk diri sendiri.

Tapi ketika sudah kerja, tentunya hidupmu juga harus berubah. Jika kamu minta, memang orangtuamu pasti akan terus memberikan. Tapi malu dong kalau kamu masih terus-terusan minta kiriman dari orangtua. Jadi, meskipun gajimu belum seberapa, kamu juga harus mulai belajar mengatur keuangan. Hal-hal di bawah ini sebaiknya kamu beli sendiri kalau sudah kerja, tanpa harus berharap lagi kepada orangtua.

1. Laptop yang menemanimu selama kuliah sudah punah. Saatnya kamu membeli baru yang sesuai dengan kemampuanmu

Laptop baru demi kemudahan kerjamu via favim.com

Laptop yang kamu punya sejak awal mahasiswa juga ada batas kerjanya. Kalau sekarang sudah punah, setelah menemanimu menulis skripsi yang berdarah-darah, itu sudah wajar. Saat membiarkannya istirahat dengan tenang dan mencari penggantinya. Berhubung kamu sudah kerja, sebaiknya kamu mulai menabung dan membeli laptop dengan uangmu sendiri. Pilih laptop yang sesuai denganmu, artinya yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kantongmu. Sensasi berhasil membeli barang pribadi dengan gaji yang kamu sisihkan habis-habisan nggak akan tergantikan lho.

2. Punya kendaraan pribadi akan memudahkan mobilitasmu. Beli motor toh bisa pakai sistem cicilan per bulan

Punya motor biar gampang ke mana-mana via arantan.wordpress.com

Advertisement

Apa kamu ingat tentang demo taksi dan angkutan umum di Jakarta beberapa bulan yang lalu? Saking kompaknya mereka, demo itu berhasil membuat para pekerja kelabakan karena tidak tahu harus memakai transportasi apa. Itulah sebabnya, punya kendaraan pribadi itu memang perlu. Agar selalu bisa diandalkan dalam situasi-situasi darurat saat kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri.

Untuk memudahkan mobilisasimu, motor juga perlu, agar kamu nggak tergantung dengan angkutan umum. Dengan punya motor, jangkauanmu juga semakin luas. Toh sekarang membeli motor tidak sesulit dulu. Dengan uang lima ratus ribu kamu sudah bisa membawa motor pulang dengan sistem cicilan. Kalau nggak bisa yang baru, bisa yang secondhand. Tak perlu gengsi, yang penting fungsi.

3. Selama ini baju dan sepatu jadi tanggungan orangtua. Kalau sudah kerja, apa kamu tidak malu masih melirik dompet mereka?

Koleksi baju dan sepatu hasil kerja keras sendiri via favim.com

Saat masih kuliah, baju, dan sepatu menjadi tanggung jawab orangtuamu. Wajar, karena kamu memang belum punya penghasilan. Karena itu, saat butuh, kamu bisa langsung bilang bahwa kamu butuh uang. Tapi sekarang? Malu dong. Sudah lulus, sudah kerja, dan sudah punya penghasilan sendiri, masa masih nodong orang tua untuk memenuhi kebutuhan pribadimu sendiri. Lalu apa bedanya kamu yang sekarang dengan kamu yang mahasiswa?

4. Hobi baca buku? Atau melukis? Atau bermusik? Apapun hobimu, sudah saatnya kamu beli semua itu dengan uangmu sendiri

Hobimu adalah tanggungjawabmu sendiri via tofutyklein.tumblr.com

Setiap orang punya hobi khusus. Kalau kamu punya hobi misalnya baca buku, melukis, nonton film, ataupun menciptakan musik dan lagu, pastinya kamu butuh dana sendiri untuk mengakomodasi kesukaanmu. Karena kamu sudah bekerja, ada baiknya kamu memakai uangmu sendiri untuk membeli barang-barang yang jadi pemuas hobimu. Meski kamu sudah bekerja dan sebagian besar waktumu habis untuk kantor, jangan sampai hobi kamu tinggalkan.

5. Belajar tanggung jawab pada dirimu sendiri mulai sekarang. Dana khusus beli make-up dan keperluan harian perlu kamu alokasikan

Tambah koleksi make-up pakai dana pribadi via www.kamdora.com

Barang-barang pribadi sehari-hari juga harus kamu pikirkan. Mulai dari odol, sabun, sampo, make up, sampai parfum, masa itu masih harus jadi tanggung jawab orangtuamu? Terutama bila kamu tinggal jauh dari orangtua, kebutuhan sehari-hari itu jangan sampai luput dari perhatianmu. Dengan berusaha memenuhi kebutuhan harianmu seniri, itu artinya kamu sudah belajar untuk bertanggungjawab dengan hidupmu sendiri. Toh, nggak selamanya kamu bisa bergantung pada orangtua bukan?

6. Sebagai anak kos kamu juga butuh hiburan yang murah meriah. Sisihkan uang untuk beli TV, biar tetep update informasi!

Punya TV sendiri di kos kan asyik via theskyyends.tumblr.com

Semua orang pasti butuh hiburan, sementara hiburan untuk setiap orang juga berbeda. Ada orang yang mencari hiburan dengan pergi ke tempat-tempat yang disuka dengan banyak biaya. Tapi sebagai anak kos yang baru saja mulai bekerja, mungkin kamu hanya bisa mengakses hiburan yang mudah dan murah. Televisi adalah salah satu caranya. Punya televisi di kosan bisa lumayan mengurangi kepenatan lho. Tapi jangan minta ke orangtua juga. Nabung saja sedikit demi sedikit, biar makin puas saat nonton nanti karena hasil jerih payah sendiri.

7. Traveling bisa meredakan stres sekaligus menambah pengalaman hidup. Mulai nabung dari sekarang ya, biar bisa liburan segera

Mulai berburu paket traveling murah meriah via www.huffingtonpost.com

Dulu saat masih mahasiswa kamu stres mikirin kuliah dan skripsi. Saat sudah bekerja, kamu stres juga memikirkan pekerjaan yang tak habis-habis. Memang kamu butuh piknik. Traveling adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan selagi masih muda dan sendiri. Karena nanti kalau sudah berkeluarga, kamu akan susah lagi untuk melakukannya. Tapi nggak lucu banget kalau kamu nodong mama papa untuk membiayai travelingmu. Karena itu, beli paket traveling termasuk salah satu hal yang harus kamu pikirkan sejak mulai punya penghasilan.

8. Di dunia ini HP sudah jadi kebutuhan primer. Nggak perlu yang terbaru atau tercanggih, yang penting mengakomodasi kebutuhanmu

Kalau dulu, fungsi HP hanyalah untuk telepon dan berkirim SMS. Tapi seiring perkembangan zaman, fungsi HP juga ikut berkembang. Sekarang ponsel dituntut untuk bisa jadi alat baca buku, kamera foto, tempat internetan, main game yang super canggih, dan menyimpan file-file penting pekerjaan. HP menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus kamu beli dengan uangmu sendiri.

Dengan mulai mencukupi kebutuhan pribadi, itu artinya kamu sedang belajar bertanggung jawab pada kebutuhan diri sendiri. Di situ sebenarnya kamu sudah setingkat lebih dewasa. Kamu yang dulu tahunya cuma minta dan minta, sekarang sudah tahu bahwa uang itu tidak datang sendiri, melainkan dicari setengah mati. Dengan begitu, kamu juga akan lebih menghargai apa yang kamu miliki. Selamat berjuang mengatur gaji sendiri ya, guys! 🙂