Pernahkah dalam menjalani kehidupan kamu merasa lelah? merasa semua orang pergi meninggalkanmu satu persatu bahkan mereka yang paling kamu cintai sekalipun? Atau mungkin pernahkan kamu merasakan gagal berkali-kali, jatuh bangun yang tak ada habisnya, dan segala sesuatu yang kamu perjuangkan secara mati-matian harus berhenti di tengah jalan begitu saja karena tak ada semangat lagi?

Jika jawabanmu adalah iya, maka berarti kita sama. Kita semua pernah mengalami hal-hal mengerikan dalam hidup kita, ditinggal orang yang kita cintai, kehilangan pekerjaan, merasa kesepian dan masih banyak lagi. Aku mengerti kok kalau masing-masing orang berbeda dalam menghadapi masalah yang sedang menimpanya. Kita semua pernah jatuh pada fase tersebut. Setidaknya aku masih percaya bahwa setiap masalah yang kita hadapi pasti membawa suatu pelajaran.

Advertisement

Berbicara memang selalu mudah, namun kuberi tahu sesuatu, menyerah itu bukan pilihan lho! Kamu adalah manusia yang kuat, yang akan berguna satu sama lain dalam kehidupanmu nanti. Percaya kan jika setelah ada badai pasti ada pelangi? Jika tidak percaya akan pelangi, cukup percaya saja bahwa tidak selamanya badai akan terus terjadi, bukankah begitu?

Nanti jika suatu saat kamu merasa kelelahan di tengah jalan, berhentilah sejenak untuk beristirahat, kamu hanya lelah, dan istirahat bukan berarti menandakan jika kamu adalah manusia yang lemah, semua orang butuh yang namanya sejenak untuk berhenti, mengumpulkan tenaga lalu berdiri lagi. Dan jikalau nanti setelah beristirahat namun kamu tetap merasa lelah, yuk coba perhatikan hal-hal ini.

1. Jangan malu untuk mencari teman bercerita dan berkeluh kesah, setidaknya bebanmu bisa sedikit lebih ringan

bercerita bersama teman via unsplash.com

Cobalah untuk terbuka dengan orang lain, jangan memendam masalahmu sendiri. Aku tahu kamu orang yang kuat, namun berbagi cerita dengan orang lain tak ada salahnya juga kan? Ceritakan yang memang harus perlu diceritakan saja agar kamu merasa tidak menanggung masalah-mu sendirian.

2. Coba mencari hiburan di tengah kesedihan, kamu mungkin perlu membuat waktumu berkualitas

me time via unsplash.com

Advertisement

Sesekali kamu perlu membuat waktu untuk dirimu sendiri yang berkualitas, pergilah ke luar, cari udara segar, atau mungkin jika memang perlu, ambil waktu untuk kamu pergi bermain, merasakan interaksi dengan lingkungan sekitar dan alam. Percayalah hal-hal itu akan membuatmu merasa lebih tenang kok.

3. Lelahmu ini jelas butuh pelarian. Tapi jangan lupa cari pelarian yang positif, agar semangatmu kembali bangkit

menulis sebagai pelarian via unsplash.com

Siapa sih yang nggak butuh pelarian? Semua orang butuh mengekspresikan apa yang sedang dirasakannya entah itu senang atau gembira bahkan marah dan sedihpun juga. Cobalah untuk menuliskan apa yang tengah kamu rasakan, bercerita dengan dirimu sendiri, menulis dapat membuat orang merasa lebih tenang dalam menghadapi kesedihannya kok. Bahkan, banyak penulis yang menghasilkan karya bagus di saat mereka sedang bersedih. Siapa tahu kan kesedihanmu dapat dituangkan dengan indah?

4. Setelah semua perjuangan yang sudah kamu lewati, masa iya diakhiri dengan menyerah semudah ini?!

jangan berhenti berjuang via unsplash.com

Aku tahu kamu telah menghadapi hal-hal yang berat di hidupmu. Tapi ingatlah di luar sana ada orang-orang yang begitu menyayangimu sepenuh hati, menanti atas kebahagiaanmu. Jadi ambillah jatah sedihmu secukupnya. Jangan berhenti berjuang untuk dirimu sendiri dan untuk orang-orang yang mencintaimu. Dan ketika pikiran untuk menyerah itu datang, coba renungkan kembali.

Berani mati itu mungkin terdengar hebat, namun berani untuk hidup itu terdengar lebih hebat lagi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya