Meski kamu sudah berupaya hidup sebaik atau selalu mencari aman, tetap saja masalah akan menghampirimu dari mana saja datangnya. Karena masalah adalah bagian dari proses hidup, yang dengan kata lain membuat kualitas hidupmu bertambah. Tanpa kamu sadari, masalah yang datang silih berganti membuat hidup yang kamu jalani sekarang jadi penuh makna.

Kebanyakan orang menganggap masalah ada bencana. Padahal dari datangnya masalah tersebutlah kamu mengerti bahwa Tuhan masih menyayangi kita, hanya ingin kita lebih memahami hidup dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki. Lari dari masalah itu hanya ketenangan sementara, tapi bagaimanapun kamu tetap harus melihat kenyataannya. Ada sesuatu yang bukan hanya kamu hadapi tapi juga kamu lewati dengan baik, 6 hal ini bantu kamu hadapi masalah dengan berani.

1. Percayalah, Tuhan nggak akan memberikan masalah tanpa jalan keluarnya dan di luar batas kemampuan

Tuhan pasti menyiapkan jalan keluar juga via Www.unsplash.com

Advertisement

Penanda Tuhan masih menyayangimu itu lewat sebuah masalah yang kini kamu hadapi, setidaknya dari masalah tersebut kamu berproses untuk menjadi manusia yang lebih bijaksana kelak. Masalah dan solusi itu sebenarnya berjalan bersisian, tergantung bagaimana kamu berusaha mencari jalan keluarnya yang pasti sudah Tuhan siapkan bahkan sebelum masalah itu terjadi.

Ingatlah bahwa Tuhan nggak akan pernah memberimu masalah di luar batas kemampuan hambanya, berarti masalah yang ada kini masih bisa kamu kendalikan. Pemilik semesta ini hanya menguji mentalmu seberapa pantasnya kamu untuk dibilang tangguh.

2. Kalau hanya diam dan menghindar, kamu nggak akan berkembang. Bergeraklah jadi lebih kuat

Jangan hanya diam via Www.unsplash.com

Diam dan menghindar nggak akan menghasilkan apapun, nggak akan membentukmu jadi apa-apa, nggak akan membuatmu menemukan solusi dari persoalan yang sedang kamu hadapi. Berhentilah menyalahkan keadaan, semakin kamu lari semakin kamu akan terlihat lemah. Inilah kesempatanmu untuk dapat berkembang lebih baik lagi, setidaknya akan selalu ada kebaikan dibalik kenyataan pahit hari ini.

Advertisement

Permasalahan tak akan terurai dengan sendirinya, bergeraklah dengan kepala dingin. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan sekarang agar masalah nggak terlalu membelitmu terlalu erat. Saat kamu mencoba bergerak dan menguraikannya perlahan, saat itulah kamu bisa menemukan titik terang untuk langkah selanjutnya.

3. Jangan merasa nggak mampu. Ingat lagi, kamu punya kelebihan yang sampai saat ini mampu membuatmu bertahan

Jangan merasa nggak mampu via Www.unsplash.com

Di tengah permasalahan yang sedang kamu hadapi sekarang, setidaknya kamu masih punya banyak kesempatan untuk berjuang. Jangan merasa nggak mampu. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang hanya akan mengerdilkan dirimu sendiri, karena hal positif datang dari pikiran yang positif juga. Gimana permasalahan bisa selesai kalau kamu hanya sibuk mengecilkan diri sendiri dan merasa nggak percaya diri?

Manusia itu sudah diberi akal pikiran dan kelebihan masing-masing. Tuhan menciptakan manusia lengkap dengan akal budinya, gunakan hal itu semaksimal mungkin. Yakinlah pasti apa yang ada di sekitarmu bisa menjadi solusi dari permasalahan yang ada. Toh masalahmu nggak hanya terjadi hari ini, tapi yang sudah berlalu pun bisa kamu lewati dengan baik dan buktinya kamu masih tetap bisa menikmati dunia ini sampai sekarang.

4. Jangan pernah mengambil keputusan saat emosimu belum stabil, hal itu bisa jadi pemicu masalah baru

Jangan mengambil keputusan saat sedang emosi via Www.unsplash.com

Kenali emosimu sendiri, karena itu adalah unsur penting penunjang kebahagiaan hidupmu. Fatal sekali akibatnya saat kamu mengambil keputusan saat suasana hati sedang tidak baik. Selain hanya akan membuat tensimu semakin naik dan menimbulkan masalah baru, kamu pun bisa jadi menyesal sendiri nantinya.

Telaah kemampuan dirimu sendiri dan cobalah mengolah emosimu secara matang terlebih dahulu, baru kamu bergerak mengambil keputusan. Secepat apapun kamu harus mengambil keputusan, ada baiknya atur dulu suasan hatimu agar tak termakan emosi.

5. Nggak perlu terlalu jadi beban pikiran saat masalah yang kamu hadapi nggak berpengaruh pada masa depanmu

Jangan terlalu jadi beban pikiran via Www.unsplash.com

Beda orang, beda juga cara menghadapi masalahnya dan beda juga porsi permasalahannya. Sepele atau bukan, tapi ada baiknya kamu menelaah kembali masalah yang kini kamu hadapi agar nggak semakin tenggelam dalam kekhawatiran. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah masalah yang kamu hadapi kini dapat mempengaruhi masa depanmu?

Kalau tidak, sebaiknya jangan terlalu dibesar-besarkan dan jadi beban pikiran, sebelum waktumu terbuang banyak untuk memikirkan masalah yang padahal spele. Namun kalau jawabannya iya, coba pikirkan secara mendalam dan gunakan kreatifitasmu untuk menemukan solusi yang sudah pasti disiapkan Tuhan dari jauh-jauh hari. Jadi kamu nggak perlu khawatir tak punya solusi, toh masalah selalu sepaket dengan jalan keluarnya kok.

6. Setelah masalah itu perlahan surut, kamu kini tak lagi jadi orang yang sama karena keberanianmu telah terpahat

Terbentuk menjadi orang yang berani via Www.unsplash.com

Selalu ada kebaikan dari setiap hal yang kamu anggap menyiksa, anggap saja hal-hal baik itu adalah hadiah. Meski tak berbentuk benda atau materi tapi setidaknya hal itu melekat pada dirimu sendiri untuk menjadi bekalmu kelak di masa depan. Apalagi kalau bukan mental yang semakin tangguh, kamu yang sudah banyak terbentur lalu perlahan terbentuk menjadi jiwa-jiwa yang sabar dan nggak lagi selemah dulu.

Mungkin kamu dulu sudah kepayahan saat menghadapi masalah kecil, tapi kini masalah yang cukup pelik pun bisa dengan tenang kamu hadapi. Kamu bukan lagi orang sama saat masalah mereda dan dari masalah itu pula, lahirlah pribadi yang lebih matang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya