Artikel ini adalah hasil kerja sama Hipwee dengan UNIQLO

Umur 25 sering dianggap sakral bagi banyak orang. Di usia ini konon semua tetek-bengek drama masa muda harusnya sudah terselesaikan. Kamu pun lebih siap menghadapi tantangan.

Karena itu, sebelum masuk ke usia yang masuk kategori    sakral ini, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. 5 hal baru ini semestinya sudah pernah kamu rasakan. Karena apa artinya hidup tanpa hal baru untuk dirayakan?

1. Cobalah menggeluti pekerjaan sesuai kata hatimu. Tak perlu cari untung dulu. Yang penting kamu pernah memperjuangkan passion-mu

Yang penting kamu pernah berjuang demi passionmu

Yang penting kamu pernah berjuang demi passionmu via blog.edwardsuhadi.com

Kamu tidak akan muda dan bisa qualified untuk melamar berbagai pekerjaan selamanya. Di satu titik umur akan ada tantangan yang berbeda. Posisi entry level sudah tidak lagi bisa kamu masuki. Usiamu menuntut untuk punya pengalaman dan hanya bisa diterima di posisi senior. Kamu mesti jadi yang terbaik di bidangnya untuk menempati posisi top management yang gila tantangannya.

Sayang, di umur yang berharga ini tidak semua orang mau memanfaatkan kesempatan yang dimiliki. Beberapa dari kita memilih langsung settle dengan masuk ke korporasi. Impian paling jujur macam jadi pelukis, penulis, sampai mengembangkan hobi menjahit tidak pernah diikuti. Agar tak ada pertanyaan yang muncul di akhir hari, kenapa passion ini tidak kamu jalani? Paling tidak kamu pernah mencoba. Kalau pun gagal itu lain cerita.

2. Selalu sisihkan pendapatanmu jadi 5 bagian. Untuk makan, belajar, investasi, rekreasi, sampai menjamu teman

Apapun yang terjadi selalu sishkan pendapatanmu jadi 5 bagian

Apapun yang terjadi selalu sishkan pendapatanmu jadi 5 bagian via www.hipwee.com

Li Ka Shing, seorang pengusaha developer di Cina yang juga jadi salah satu pria terkaya di dunia mempunyai metode khusus untuk menjaga pemasukannya. Dia selalu membagi pemasukannya jadi 5 bagian.

  • Untuk kebutuhan sehari-hari
  • Uang untuk meningkatkan kemampuan diri
  • Menyisihkan uang demi berinvestasi
  • Dana hiburan dan rekreasi
  • Juga dana sosial untuk menjamu kawan yang bisa membuka banyak koneksi.

Dengan pengaturan uang ala Li Ka Shing ini pengeluaranmu akan lebih terarah dan bisa jelas dilihat ke mana keluarnya. Tak perlu lagi ada kebutuhan yang tak terpenuhi karena lupa menyisihkan dana.

3. Jajal sense bisnismu dengan membuka usaha baru. Banyak pelajaran yang bisa didapat dari situ

Jajal sense bisnismu dengan menjajal buka usaha baru

Jajal sense bisnismu dengan menjajal buka usaha baru via payspacemagazine.com

Membuka usaha sendiri akan memberimu banyak pelajaran dalam waktu singkat. Dari sini kamu akan belajar bagaimana mempercayai insting dan membentuk rencana rasional yang menghindarkanmu dari rugi. Bagaimana menciptakan konsep usaha yang tak hanya disukai, namun juga bertahan lama dan sustainable untuk terus dijalani.

Sebelum masuk ke usia 25 tak ada salahnya menjadikan membuka usaha sendiri sebagai impian yang harus sudah dipenuhi. Sebab, setelah itu siapa tahu kamu tak lagi bisa mengambil risiko karena sudah ada pasangan dan keluarga yang juga harus dijaga hidupnya?

4. Dunia terlalu luas untuk dihabiskan hanya di atas meja kerjamu. Angkat koper, berkemas, pergilah ke tempat baru

Angkat keril, lalu pergilah

Angkat keril, lalu pergilah via blkroom.wordpress.com

Kewajiban sebagai orang dewasa memang tak bisa ditinggalkan begitu saja. Ada deadline yang menanti. Waktu cuti yang harus diirit-irit sampai akhir tahun nanti. Belum lagi tuntutan klien dan berbagai tekanan kerja yang terus menghantui. Tapi, bukan berarti kamu tak berhak untuk melihat dunia dengan hasil kerja kerasmu. Terlalu merugi jika tak kamu sisihkan budget dan waktu untuk mengunjungi tempat baru,

Sekali setahun, jadwalkan sepekan untuk mengunjungi berbagai tempat dalam bucket lists-mu. Rinjani, Kepulauan Derawan, atau bahkan Puncak Kinabalu? Semua menunggu kakimu. Datanglah sebelum jerat usia makin menghadang langkahmu.

5. Bukankah hidup akan membosankan dengan gaya yang itu-itu saja? Sesekali cobalah merombak gaya rambut, pakaian, sampai kacamata agar lebih segar dipandang mata

Ubah gaya. Agar lebih enak dipandang mata

Ubah gaya. Agar lebih enak dipandang mata via www.gfucrescent.com

Jika selama ini kamu nyaman dengan gaya kasual, cobalah merombak penampilan dengan menambahkan sedikit aksesori feminin yang membuatmu terlihat lebih anggun. Tinggalkan dulu jeans dan kaus polos sementara. Ganti dengan kardigan dan rok floral print yang membuatmu terlihat berbeda.

Bukan cuma gaya berpakaian saja. Mengubah gaya rambut sampai model kacamata akan membuatmu lebih segar dan menimbulkan aura yanglain dari biasa. Inilah saat bereksplorasi suka-suka. Sebab, barangkali selepas usia 25 kamu tak lagi punya waktu untuk mengubah penampilan karena sudah sibuk dengan tanggung jawab sebagai orang dewasa.

Umur 25 konon memang sakral. Untuk itu, ada beberapa hal yang mesti kita tuntaskan. Lunas menjajal hal-hal baru ini akan memberimu ketenangan.

Bukan cuma hal-hal baru dalam hidup yang harus dituntaskan. Mendatangi event baru juga bisa menawarkan banyak pengalaman. Seperti event seru yang layak kamu datangi di tanggal 16 Oktober ini. #NewUNIQLOPIM1 menawarkan pengalaman baru untuk menemukan pakaian simpel dan berkualitas khas UNIQLO di store baru UNIQLO di PIM 1.

Setelah membuka 9 cabang di Jakarta, kini UNIQLO kembali membuka store barunya di Pondok Indah Mall 1 Jakarta. Asiknya, store baru ini punya koleksi yang lebih lengkap, pilihan harga yang lebih beragam, sampai ada Disney Collectionnya juga lho. Jadi, tunggu apa lagi? Rayakan hidup lewat hal-hal baru dengan datang ke #NewUNIQLOPIM1.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya