Dalam beberapa kisah sukses yang pernah Hipwee tulis merantau jadi kunci penting keberhasilan. Zhang Xin, wanita Cina yang kekayaannya melebihi Donal Trump merubah nasib setelah merantau ke Inggris. Begitu pula dengan Tadashi Yanai, Founder Uniqlo asal Jepang. Tadashi Yanai bahkan telah terbiasa merantau ke banyak negara selagi muda.

Di Indonesia tradisi merantau juga sudah tidak asing dijumpai. Etnis Minangkabau adalah suku yang terkenal dengan kebiasaan merantaunya. Kenapa sih mereka yang berani merantau kebanyakan berhasil jadi orang sukses? Apakah memang pergi keluar dari tempatmu tumbuh diperlukan untuk mencapai keberhasilan? Kali ini Hipwee akan memaparkan alasan pentingnya merantau buat kamu-kamu yang sedang berjuang untuk sukses.

1. Mendobrak Kenyamanan yang Melenakan

Keluar dari zona nyamanmu via 1.bp.blogspot.com

Pergi keluar dari tempat asalmu sama dengan menantang diri untuk keluar dari zona nyaman. Selama ini kamu tumbuh dan berkembang di tempat itu. Berani taruhan, kamu pasti sudah hapal di luar kepala arah jalan dan titik-titik macetnya. Kamu sudah tidak lagi perlu bersusah payah mencari informasi agar tidak hilang arah. Kalau selamanya begini bisa-bisa kamu nggak berkembang.

Ketika pindah ke tempat baru, kenyamanan macam itu tidak akan lagi kamu temui. Kamu akan terpaksa menyesuaikan diri dengan jalanan kota baru tersebut. Menghapal rute kendaraan umum, menyesuaikan diri dengan rasa makanan yang masih terasa aneh di lidah. Mereka yang berani merantau adalah pribadi yang tidak pernah mau merasa puas dengan kenyamanan yang dimiliki.

2. Merantau Menawarkan Kesempatan yang Lebih Luas

Advertisement

Ada kesempatan yang lebih luas via 2.bp.blogspot.com

Beberapa tempat memiliki peluang untuk memberikan kesempatan yang lebih beragam buatmu. Kamu merasa di kota asalmu susah mengembangkan industri kreatif? Cobalah pindah ke Bandung atau ke Jogja. Ingin berkarir jadi eksekutif muda? Jakarta dan Surabaya bisa jadi pilihan tepat.

Jika kamu merasa kota tempatmu tinggal sekarang tidak mendukung impian terbesar dalam hidup, barangkali ini saatnya kamu mempertimbangkan untuk mengepak tas dan pindah dari situ. Carilah tempat baru yang suportif bagi jalan kesuksesan yang ingin kamu tempuh.

3. Belajar Jadi Pribadi yang Punya Daya Juang

Lebih tahu makna berjuang via www.washingtonpost.com

Selamanya di rumah, apalagi terus tinggal bersama orang tua akan membuatmu merasa tidak perlu berjuang untuk hidup. Toh makan udah ada yang ngurus, tempat tinggal juga disedian. Kamu bisa menggunakan uang yang kamu peroleh untuk  senang-senang aja, deh.

Walau terkesan menggiurkan, hal ini tidak lain adalah lumpur hisap yang secara perlahan membunuhmu. Kamu bisa tumbuh jadi orang yang pasrah aja sama keadaan. Padahal mereka yang sukses adalah mereka yang punya semangat juang menggebu. Coba deh, beranikan diri untuk keluar dari rumah. Berdiri diatas kaki sendiri, jangan lagi minta bantuan keluarga dan rasakan perjuangan hidup yang sebenarnya.

4. Bisa Bertanggung Jawab Terhadap Kebebasan

Party boleh, tapi tanggung jawab juga harus jalan via 8tracks.imgix.net

Semakin dewasa, kamu tentu ingin punya otonomi bagi diri sendiri kan? Kamu sudah merasa cukup mampu untuk mengatur dirimu sendiri. Kapan harus pulang, bagaimana merawat diri saat sakit, hingga menentukan bagaimana jalan hidupmu kedepan.

Merantau akan memberikan kamu kebebasan yang selama ini diidamkan. Udah nggak ada lagi aturan domestik yang harus kamu ikuti. Di lain pihak, kebebasan ini juga sepenuhnya jadi tanggung jawabmu. Ketika udah nggak ada lagi aturan rumah yang mengikatmu, kamulah yang harus punya rem sama diri sendiri. Intinya semua ada di kamu. Apakah kamu bisa memanfaatkannya demi kesuksesan, atau kebebasan justru jadi penyebab keruntuhan karirmu.

5. Melatih Kamu Lihai Beradaptasi

Membuat kamu lihat beradaptasi via www.timlo.net

Hal yang gak kalah berguna dari merantau adalah kesempatan untuk terekspos oleh budaya yang asing. Kamu bisa jadi sangat fasih berbicara dalam bahasa daerahmu, tapi di rantau kamu akan menjelma makhluk asing yang nggak paham sama pembicaraan orang-orang di sekitar. Kamu nggak akan punya pilihan selain belajar beradaptasi dengan kultur baru tersebut.

Kemampuan beradaptasi adalah skill yang wajib dimiliki sama kamu yang mau sukses. Dalam jalan menuju keberhasilan kamu akan banyak bertemu dengan orang dari berbagai latar belakang. Sebagai pribadi kamu harus pintar-pintar menyesuaikan diri dengan semua orang, sebab kamu tidak akan tahu darimana pintu kesuksesanmu terbuka. Nah, merantau akan mempersiapkanmu jadi orang dengan kemampuan adaptasi yang baik.

6. Membuatmu Menghargai Arti Keluarga

Kamu akan sadar betapa pentingnya arti keluarga via lh6.googleusercontent.com

Hipwee pernah menulis salah satu alasan kenapa etnis Tionghoa bisa jadi super kaya adalah karena mereka bisa menemukan keseimbangan antara karir dan keluarga. Walau gila-gilaan bekerja, mereka tidak melupakan pentingnya posisi keluarga dalam hidup. Dengan meninggalkan keluargamu dan pergi merantau, kamu akan bisa melakukan hal yang sama.

Tinggal jauh dari keluarga akan membuatmu sadar bagaimana selama ini mereka benar-benar menyayangimu dengan tulus. Setelah tidak lagi tinggal seatap dan kerap terserang rindu kamu akan meluangkan waktu untuk menghubungi ayah-ibumu. Merantau membuka matamu, bahwa satu-satunya tempat kamu bisa diterima tanpa pretensi ya cuma di keluarga.

7. Menawarkan Suasana Baru

Merantaulah ke Papua, kamu akan menemui pemandangan macam ini via 4.bp.blogspot.com

Merasa sumpek di kotamu sekarang karena rutinitasnya begitu-begitu terus setiap hari? Merasa udah nggak ada tantangan yang cukup menarik buatmu? Jika ini yang kamu rasakan memang sudah saatnya kamu melangkahkan kaki keluar dan mulai merantau. Banyak hal lain yang bisa kamu dapatkan diluar sana, loh!

Hidup di tempat baru, beradaptasi dengan kultur baru, bahkan berjuang ditengah kemacetan jalanan asing akan menghujanimu dengan tantangan yang pastinya tidak akan membosankan. Setiap hari kamu akan menghadapi kejutan-kejutan kecil yang menantang adrenalin. Merantau memang pilihan tepat bagimu yang cepat bosan, atau memang ingin hidup dengan suasana baru.

8. Membuatmu Benar-Benar Tahu Apa yang Kamu Mau

Dian Pelangi, Fashion Designer yang juga merantau via 1.bp.blogspot.com

Merantau bisa membuka matamu atas hal yang benar-benar ingin kamu lakukan dalam hidup. Di tempat asal, bisa jadi kamu sudah merasakan panggilan untuk melakukan hal itu. Namun pendapat orang-orang terdekat dan norma sosial terkadang jadi penghalang. Memutuskan pergi dan menetap di tempat baru, dimana nggak ada orang yang secara personal kenal denganmu akan membantumu berpikir lebih bebas.

JK Rowling contohnya, dia baru menemukan bahwa menulis adalah panggilan hidup setelah pindah dari Porto ke Edinburgh. Kalau dia nggak merantau, bisa jadi serial terkenal Harry Potter gak akan pernah muncul. Memutuskan merantau akan memberimu waktu yang lebih lapang untuk menentukan renjanamu (passion). Kalau sudah tahu apa yang dimau, sukses pasti lebih mudah diraih kan?

9. Memperluas Jejaring Pergaulanmu

Membuat jejaringmu lebih luas via 4.bp.blogspot.com

Di artikel tentang alasan dibalik kekayaan Etnis Tionghoa  Hipwee pernah menulis tentang budaya “Guan-Xi” yang berarti membangun jejaring dan mempertahankan hubungan baik demi kepentingan kedua belah pihak. Yup, kesuksesan memang nggak bisa dilepaskan dari kemampuan untuk membangun dan menjaga jaringan dengan orang lain.

Kalau kamu selalu tinggal di tempat yang sama, bagaimana kamu bisa memperluas jejaring pergaulan? Mau banget seumur hidup cuma kenal orang dengan tipe yang sama terus? Jika kamu benar-benar berniat sukses, pindah ke tempat baru akan membuka kesempatan untuk mengenal orang baru. Kamu akan dihadapkan pada mereka yang sifatnya jauh berbeda dari kawan-kawan yang selama ini biasa kamu temui. Intinya sih jangan menutup diri dan tetaplah bergaul dengan siapapun.

10. Kamu Akan Lebih Berani Mempercayai Insting

Lebih percaya kata insting via lostintravelsblog.com

Jauh dari kenyamanan dan dukungan sosial yang selama ini ada dibelakang punggung akan melatih kepekaan terhadap instingmu sendiri. Setiap mengambil keputusan, kamu akan bertanya pada diri sendiri: “Apakah memang yang aku lakukan ini sudah tepat?”. Jika sebelumnya kamu bisa minta pendapat keluarga atau teman-teman, sekarang kamu cuma punya insting yang bisa diikuti.

Dan memang, berani mengikuti insting adalah kualitas yang penting dimiliki oleh mereka yang sukses. Wu Yajun, wanita terkaya di Asia sudah membuktikannya. Begitu pula dengan Mikitani, sang pendiri Rakuten yang berani mengikuti kata hati untuk keluar dari pekerjaan yang sudah mapan. Keyakinan macam ini gak akan bisa kamu dapatkan kalau gak pernah berani merantau.

Nah, itu tadi 10 alasan kenapa kamu perlu merantau jika benar-benar ingin sukses. Masih mau takut-takut keluar dari zona nyamanmu?