Kehadiran YouTube sebagai pusat penikmat video lambat laun semakin menggeser peran televisi dari dunia anak muda. Bila dulu generasi 90an sudah mandi dan duduk manis di depan TV mulai jam 6 di hari Minggu pagi untuk nonton tayangan kartun akhir pekan, kini anak muda lebih asyik menonton youtube di gadgetnya masing-masing.

Memang tak bisa disangkal, YouTube memberikan kemudahan untuk mencari tontonan. Kamu tak dipaksa menonton sinetron karena di jam-jam tertentu semua stasiun TV memang menayangkan sinetron yang ceritanya sama. Kamu bebas mencari channel favoritmu sendiri, dan bahkan kamu bisa membuat channelmu sendiri. Kurang asyik apa coba?

Nah, buat kamu pengunjung setia YouTube, kali ini Hipwee akan merangkum channel-channel YouTube yang harus bin wajib kamu subscribe karena isinya keren dan bisa membantumu upgrade diri. Yuk langsung ke nomor satu!

1. Segala pertanyaan sepele dan aneh (tapi penting) tentang hidup sehari-hari bisa kamu cari jawabannya di channel “Kok Bisa

Kenapa? via www.youtube.com

“Kenapa kamu bisa gatal?”

“Apakah kita bisa dimata-matai?”

“Apa yang terjadi bila tiba-tiba matahari lenyap?”

“Mengapa kita kerja 8 jam sehari?”

Advertisement

Niatnya sungguh mulia, yaitu untuk membangkitkan rasa ingin tahumu mengenai segala hal di dunia. Di sini kamu bisa mencari tahu tentang hal-hal sepele yang sering kita anggap bodoh ataupun dungu, namun mereka bisa menjelaskan dengan konkrit dan masuk akal. Kalau kamu kepo terhadap sesuatu, langsung saja tinggalkan pertanyaan, supaya nanti mereka jawab dengan video. Bertanya apa saja boleh, kerena prinsip dari channel Kok Bisa ini adalah nggak ada pertanyaan bodoh, ya asal kamu nggak bertanya kenapa jodohmu belum datang juga.

2. Kalau pertanyaanmu agak berat, kamu bisa main ke The School of Life. Nggak perlu baca buku yang halamannya ratusan itu

Sekolah kehidupan via www.youtube.com

Di dalam hidup yang absurd tapi berharga ini mungkin kamu menyimpan banyak pertanyaan yang tak sempat kamu cari tahu sendiri lewat buku-buku. Bila channel Kok Bisa membantumu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ringan dan sepele, The School Of Life akan membantumu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berat berkaitan dengan kehidupan, seperti misalnya mengapa kematian membuat kita ketakutan atau siapa kamu yang sebenarnya. Bahkan untuk kamu yang penggemar filsafat, kamu bisa menyimak kuliah filsuf-filsuf keren seperti Jacques Derrida atau Auguste Comte. Sama seperti sekolah pada umumnya, The School Of Life juga punya kurikulum lho.

3. Cari tahu ide-ide hebat untuk kehidupan yang bisa kamu kembangkan di “Fight Mediocrity”. Ilustrasinya yang kece, bikin kamu nggak akan bosan

How to be a man? via www.youtube.com

Dari namanya saja sudah terlihat, kalau tujuan dari channel ini adalah untuk membuat hidup kita sebagai kaum medioker menjadi hebat dengan ide-ide hebat nan kreatif.  Main ke channel Fight Medicrity, kamu diajak untuk memaknai ulang waktu yang kamu miliki di dunia, bagaimana kamu harus memanfaatkan setiap detiknya, canggih dalam mencari kesempatan, dan bagaimana kamu bisa menjadi orang yang semakin berkualitas setiap harinya dengan ide-ide hebat mengenai kehidupan. Di sini kamu juga bisa menyimak review buku yang populer. Semuanya dikemas dalam video ilustrasi yang unik dan jelas, jadi kamu nggak akan bingung. Apalagi bosan.

4. Kalau kamu mau sekadar cari hiburan main aja ke channel “Lastday Production”. Videonya selalu bikin ketawa, sekaligus menyentil di saat yang sama

Lastday production via www.youtube.com

Youtube yang ini cocok kamu tonton di jam istirahat ataupun sepulang kerja. Lastday production akan menghiburmu yang lelah dengan kisah-kisah lucu yang membuat tertawa tapi juga menyentil kehidupan kita sehari-hari. Kamu akan diajak melihat ke kehidupan sehari-hari, tentang orang yang selalu pura-pura kaya, tentang kehidupan anak muda sekarang yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, dan banyak hal lucu lain bila dipaparkan tapi memang menjadi keseharian. Beberapa video nggak hanya membuatmu tertawa, tapi jadi juga mikir di saat yang sama.

5. Cameo Project” bisa juga jadi tempat kamu menghibur diri. Problematika keseharian yang dikemas dengan gaya komedi, otomatis bikin kamu hepi

Cameo Project via www.kapanlagi.com

Satu lagi channel yang bisa memberimu hiburan di kala penat datang. Cameo Project membahas tentang hal-hal keseharian seperti tipe-tipe bos yang ngeselin, atau kelakuan pembeli supermarket, dan tipe-tipe dosen dan mahasiswa. Pokoknya Cameo Project adalah tempat yang tepat untuk membunuh kebosanan. Kamu nggak perlu berpikir keras atau menyiapkan apapun untuk nonton video-video kreatif mereka. Yang penting siapkan waktu untuk tertawa saja 😀

6. Kalau kamu masih kuliah dan stress mau ujian, atau sudah sarjana tapi masih bingung mau apa, rajin-rajin nonton videonya “Thomas Frank”. Siapa tahu masalahmu bisa terselesaikan

Thomas Frank via 1080.plus

Channel milik Thomas Frank ini adalah teman yang cocok untuk kamu yang masih kuliah. Kebanyakan ikut organisasi, salah jurusan, sistem kebut semalam yang nggak bisa ditinggalkan, dan berbagai problematika mahasiswa, jangan down dulu. Karena Thomas Frank akan memberimu tips-tips bagaimana cara belajar, mengingat materi dengan mudah, mengatur waktu, dan hal-hal berguna lainnya. Thomas Frank yang terkenal dengan akun podcastnya @CollegeInfoGeek ini juga akan memberikan rekomendasi buku yang berguna. Buat kamu yang sudah bukan mahasiswa, tetap bisa nonton kok. Terkadang Thomas Frank membagikan pandangan uniknya seperti  Stop Trying To Find You Passion atau How To Focus On Your Priorities And Narrow Down Your Interest.

7. Di channel “Vsauce”, kamu bisa belajar berbagai ilmu pengetahuan dengan gaya yang asyik punya. Asyik, dan makin pintar!

Vsauce via www.youtube.com

Konsep Vsause ini mirip-mirip dengan Kok Bisa dan The School of Life, yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin berjubelan di kepalamu. Bedanya, Vsause lebih menekankan pada bidang ilmu pengetahuan. Kamu yang hobinya belajar, dan mencari tontonan menghibur sekaligus menambah pengetahuan, Vsause adalah tempat yang tepat. Kamu bisa mendapatkan berbagai video pengetahuan seperti tentang kesehatan otak dan penyakit Alzheimer’s atau apakah sebenarnya bumi memang datar? Materinya disampaikan dengan cara yang renyah dan mudah dicerna. Tapi karena durasi videonya lumayan panjang, sebaiknya kamu siapkan waktu khusus untuk berselancar di sana.

8. Kalau kamu pecinta kuliner, channel “Moinblog” ini adalah tontonan yang pas buatmu. Banyak resep unik yang akan kamu dapatkan dari sana

Duh, jadi lapar~ via www.youtube.com

Channel Moinblog ini digawangi oleh duasahabat yang terpisahkan dan hobi ngomongin makanan, Adtya Verdana yang tinggal di Jerman dan Vendryana yang tinggal di Jakarta. Meskipun mereka tinggal di lokasi yang berbeda, Moinblog tetap bisa memberimu berbagai tips-tips jalan-jalan kuliner dan resep-resep masakan baru. Buat kamu yang hobi masak, atau sedang belajar masak demi memikar hati calon mertua, boleh banget nih mengikuti channel yang satu ini supaya kemampuan masukmu meningkat dan semakin bervariasi.

9. Inspirasi tentang kehidupan, pekerjaan, sampai soal percintaan dari orang-orang hebat di seluruh dunia bisa kamu simak di channel “TED Talks”.

Tedx adalah sebuah komunitas internasional yang fokus untuk menyebarkan berbagai ide-ide positif ke penjuru dunia. Sementara TED Talks, adalah konferensi yang diselenggarakan oleh TED untuk memberi waktu bagi orang-orang hebat dari seluruh dunia untuk bicara di hadapan public, mengutarakan ide briliannya, dengan gaya yang sesuai dengan dirinya. Topik-topik yang diangkatpun beragam. Ada yang tentang ilmu pengetahuan, ada yang tentang ide-ide kecil untuk memotivasi diri sendiri. Di Indonesia sendiri sudah ada TED Talks lho. Pembicaranya antara lain seperti Ridwan Kamil, Anies BAswedan, dan Sujiwo Tejo.

10. Biar kreativitasmu meningkat drastis, subscribe channel Tobikin. Kamu akan dapat beragam tips membuat ini itu yang mungkin nggak pernah terpikirkan olehmu

Membuat powerbank darurat via www.youtube.com

Tobikin adalah channel anak Indonesia yang isinya tentang tutorial untuk menciptakan lifehacks-lifehacks sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan tips dan trik mulai dari yang sepele banget seperti Cara membawa botol air mineral dengan tali, sampai yang paling kreatif seperti cara membuat jam dinding dari talenan. Mulai dari yang konyol seperti cara membuat sendok makan darurat, sampai yang serius seperti cara mengecek gula darah. Sampai saat ini, Tobikin sudah punya lebih dari 200 video tutorial lho.

Asalkan dimanfaatkan dengan benar, Youtube bukan hanya memberikan hiburan, tapi juga tempat untuk belajar banyak hal. Sekarang belajar nggak harus di sekolah dengan membaca banyak buku pelajaran. Banyak video-video tutorial yang bisa kamu akses di Youtube dengan mudahnya. Youtube menjadi media baru tempat anak muda belajar sekaligus berkarya. Rugi kalau nggak memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Ada lagi nggak channel YouTube berfaedah favoritmu yang belum kesebut? Yuk share di kolom komentar!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!