Buku adalah jendela dunia,

kamu bisa membuka jendela itu dengan membaca.

Bagi sebagian kamu, membaca mungkin jadi aktivitas yang menjemukan. Belum apa-apa kamu udah malas untuk membuka buku, jangan menyentuhnya, melihat tumpukan buku saja kamu sudah fobia. Alasannya sih beragam, dari mulai topik bacaan yang nggak menarik, hingga kamu merasa sukar untuk memahami isinya. Untuk yang disebutkan terakhir, sebenarnya bukan sukar, tapi kamu hanya belum tahu saja cara membaca efektif yang memudahkanmu untuk paham. Karenanya kali ini Hipwee bakal merangkumkan trik membaca yang efektif, biar kamu nggak malas lagi membaca.

1. Selamatkan dirimu dari membaca perkata, baiknya cermati kata-kata penting saja

Jangan baca perkata ya. via www.pinterest.com

Membaca perkata terbilang menguras waktu dan membuatmu mengulang bacaan. Sebaiknya cobalah membaca dengan teknik scanning. Yakni teknik membaca yang mengutamakan kata-kata yang memuat informasi penting atau unik. Lho, lalu kata-kata lainnya bagaimana? Bukannya itu bikin kamu gagal paham? Tenang, Guys. Karena otak kita punya kemampuan yang luar biasa untuk mencari kesenjangan informasi. Kamu nggak akan gagal paham hanya karena melewatkan beberapa kata saja, sebab otakmu akan mencoba merangkainya hingga jadi suatu informasi yang utuh.

2. Akan sangat menguras waktu jika membaca beberapa kalimat berulang-ulang, karenanya gunakan pointer sebagai pengarah mata

Pointer-nya kece. via www.pinterest.com

Advertisement

Penggunaan penunjuk seperti misalnya pulpen atau pensil, berguna untuk mengarahkan matamu saat membaca. Membantumu konsentrasi dan nggak bolak-balik mengulang bacaan. Sangat disayangkan kalau kamu sampai mengulang kembali paragraf atau bagian yang sebenarnya nggak penting-penting amat.

3. Membaca bagian awal dan akhir setiap paragraf, membantumu untuk paham. Bila kamu hanya punya sedikit waktu

Baca awal dan akhir setiap paragrafnya aja. via www.emaze.com

Udah malas membaca, ditambah buku bacaannya berupa textbook. Hmm, dapat dipastikan kamu enggan membaca meski satu paragraf pun. Karena kamu udah terlanjur malas duluan. Sebenarnya masih ada cara untuk menumbuhkan semangat baca. Khusus buat kamu yang pada dasarnya males banget baca textbook, biasakan untuk membaca awal dan akhir setiap paragraf saja.

Apalagi jika topik textbook itu sebenarnya udah cukup akrab denganmu. Udah, baca di awal dan akhir setiap paragraf saja. Karena nggak mungkin ‘kan kalau kamu menampung semua informasi dalam satu textbook. Pastikan, informasi yang benar-benar penting saja yang kamu pahami.

4. Membaca sambil beraktivitas lain justru mengganggu konsentrasi, jangan pernah baca sambil nonton TV

Nah, baca kaya gini nih yang disarankan. via readingwonderland.tumblr.com

Kalau ingin membaca cepat dan efektif, multitasking jelas dilarang. Jangan biarkan konsentrasimu terganggu dengan hal-hal lain di luar bacaan. Menonton TV atau mendengarkan radio sembari membaca, baiknya jangan. Fokus saja membaca buku yang tengah kamu genggam. Karena multitasking akan membagi konsentrasimu. Baca dulu aja, nonton TV-nya ntar lagi.

P.S: Jangan juga baca buku sambil stalking-in sosmed-nya gebetan! Duh, bisa-bisa kamu gagal fokus.

5. Bacalah dalam keadaan tenang dan kurangi menggumam. Karena tujuanmu bukan untuk menghapal, melainkan paham

Asyik banget kan bacanya? via www.theodysseyonline.com

Banyak dari kamu yang ngerasa jauh lebih asyik kalau membaca sambil menggumamkan kata-katanya. Tapi, tahukah kamu ini cukup memakan waktu. Padahal sebenarnya kamu tetap bisa memahami isi bacaan tanpa harus melafalkannya. Membaca sambil dilafalkan memang nikmat. Tapi, jika kamu tengah membaca cepat, baiknya jangan. Kamu boleh baca sembari menggumamkan kata-kata, saat kamu tengah membaca karya sastra. Heheheh…  ‘Kan asyik tuh, baca antologi puisi sambil dilantangkan bait-baitnya.

6. Siapkan beberapa pertanyaan sebelum membaca, apa yang ingin kamu tahu dari buku itu. Supaya tidak membuang waktu

Siapkan beberapa pertanyaan lebih dulu. via www.pinterest.com

Cara ini berguna agar kamu lebih fokus untuk mencari informasi yang benar-benar kamu butuhkan. Cara ini biasa diterapkan oleh para guru agar muridnya lebih mudah memahami bacaan dalam waktu cepat. Dengan kata lain, kamu membaca untuk mencari jawaban dari hal yang belum dan ingin kamu ketahui. Kamu pun nggak bakal buang-buang waktu untuk melihat informasi yang tidak kamu butuhkan.

7. Pastikan mata berjarak 30 cm dari bukumu. Tak hanya itu, pencahayaan yang tepat juga membantumu

Jangan kedeketan juga bacanya… via bookreadersnetwork.tumblr.com

Yup, atur jarak mata dengan bacaanmu sebesar 30 cm. Itu adalah jarak terbaik untuk membaca. Selain itu, pencahayaan yang prima juga bikin kamu nyaman untuk membaca dengan efektif. Kalau pencahayaannya oke, kamu pun bakal betah berlama-lama membaca buku. Hihihi…

8. Latih terus kemampuan bacamu dengan sering-sering membaca buku

Sering-sering baca buku. via thefreebooks.tumblr.com

Sering-sering baca buku supaya kemampuan membacamu makin terlatih. Kamu juga bisa melatih kemampuan membacamu dengan software bernama Spreeder.com. Software yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan. Tertarik? Kamu bisa klik link ini untuk info tentang Spreeder lebih lanjut. http://www.spreeder.com/

Membaca adalah cara untuk membuka jendela dunia. Karenanya latihlah kemampuan membacamu agar lebih cepat dan efektif. Praktikkan ya cara-cara ini biar kamu nggak males baca lagi. Happy reading, Guys!