Wanita seringkali diidentikan dengan hal-hal yang rumit. Mereka menyukai hal-hal yang detail dan mendekati sempurna, bhkan mulai dari dandanan hingga perkara memilih model tampilan. Akibatnya, banyak wanita yang justru mengabaikan hal-hal lain yang sebenarnya lebih penting.

Nah, hal itu berbeda dengan sosok-sosok yang Hipwee pilih kali ini. Tanpa ribet mengurusi berat badan atau kecantikan saja, mereka justru mampu memancarkan kecantikan lewat apa yang dimilikinya. Mereka punya inner beauty yang akan nampak dalam setiap penampilan sehari-hari.

1. Memiliki masa kecil yang kurang menyenangkan, tak membuat Oprah Winfrey dewasa patah arang. Dia justru terus berkembang dan memberi inspirasi pada banyak orang.

Oprah Winfrey, perempuan inspiratif dunia via tamaraimages.com

Lahir di keluarga yang terbilang kurang mampu, membuat Oprah kecil hidup pas-pasan bersama keluarganya. Kehidupan masa kecil hingga remajanya yang banyak mengalami polemik hingga hampir menghancurkan hatinya. Namun, tak ada kata menyerah dan minder dalam dirinya untuk berusaha lebih baik. Selain itu, isu rasisme pun tak sekalipun membuatnya patah semangat atau ingin menyerah. Nah, salut bukan? Baca biografi lengkap Oprah Winfrey di sini.

2. Sosok wanita kuat dan tegar lekat dalam dirinya. Anggun C. Sasmi, rocker wanita yang cantik nan eksotis kelahiran Indonesia.

Anggun C. Sasmi, rocker wanita yang baik hati via jawapos.com

Advertisement

Siapa yang tidak kenal Anggun C. Sasmi? Penyanyi beraliran rock ini sudah sering wira-wiri di TV nasional sebagai public figure atau juri acara pencarian bakat. Talenta Anggun dalam bernyanyi memang tak perlu diragukan lagi. Suara emasnya berhasil “membius” warga Indonesia, Perancis, serta negara-negara lainnya. Nah, jika kita menilai lebih jauh, Anggun selalu diidentikan dengan sosok yang kuat dan tegar sebagai wanita. Sering tampil tanpa perlu make up dan dandanan yang berlebihan, Aggun tetap jadi sosok idola.

3. Alberthiene Endah, wanita murah senyum ini selalu terlihat energik. Tak hanya piawai menulis, dia juga seorang penyayang binatang.

Alberthiene Endah, penyayang binatang via twitter.com

Wanita kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 16 September ini memang patut menjadi panutan. Ia tak pernah terlihat cemberut atau jutek, sunggingan senyum selalu terpancar dari wajahnya. Selain menjadi penulis hebat, Endah sapaan akrabnya, juga menjadi dog rescuer atau penyelamat anjing yang terlantar. Kecintaannya terhadap anjing ditunjukkan dengan 10 anjing dari berbagai ras yang ia pelihara dengan baik di rumahnya. Tak hanya anjing, hewan-hewan terlantar lain selalu ia rescue bersama rekan-rekannya.

“Kita akan berjuang untuk hentikan aksi penyiksaan satwa. Sadisme yang juga teror publik. Ada atau tidak si owner, abuse tak bisa dibenarkan.

Alberthiene Endah, Book Author & Dog Rescuer

4. Siapa tak kenal dengan Tri Risma Harini? Kondisi sebagai walikota wanita tak membuat nyalinya ciut menghadapi rintangan-rintangan dalam menjalankan tugasnya.

Ibu Tri Risma Harini, sosok pejuang hebat via nasional.tempo.com

Bu Risma, itulah panggilan akrab walikota Surabaya yang juga walikota terbaik nomor 3 di dunia. Pembawaannya yang berani dan tegas banyak menginspirasi sosok wanita Indonesia, hal ini mengisyaratkan bahwa wanita bukan kaum lemah dan pantas untuk berjuang demi kehidupan yang lebih baik. Bu Risma juga mengajarkan kita bahwa mempergunakan sisa hidup dengan berbuat baik lebih berharga dibanding sekedar berfoya-foya.

5. Dari sekian banyak wanita yang minder dengan tubuh gempal, Adele justru bangga dan mampu berkarya dengan maksimal.

Adele, sosok anti minder via fanpop.com

“Orang-orang sibuk berkomentar mengenai berat badanku. Tapi aku tak ingin sedikitpun merubah bentuk badanku karena aku yakin mereka tak pernah melihat apa yang aku lihat.”

Adele, International Singer

6. Tak pernah terlihat melenggang dengan make up berlebihan, Desy Anwar menunjukkan bahwa satu-satunya yang dibutuhkan wanita adalah kecerdasan.

Desy Anwar, news anchor teladan via gabolehbaca.wordpress.com

Lahir di Minangkabau, sosok Desy Anwar mulai dikenal saat menjadi presenter di salah satu TV nasional. Pembawaanya yang kalem dan tenang membuat Desy menjadi wanita Minangkabau yang berkharisma. Cerdas, lugas dan santai adalah tiga hal yang sangat melekat padanya. Ia seakan menggeser istilah “cantik itu harus seksi” atau “cantik berarti pakai baju bagus” yang mungkin sudah dipercaya banyak wanita di luar sana.

Well, betapa beruntungnya kita bisa mengenal sosok-sosok luar biasa di atas. Berarti sudah nggak zaman dong kalau kalian para cewek masih ribet soal penampilan. Toh, inner beauty itu lebih penting dan bertahan lama bukan?