Setiap kali tahun baru tiba, media sosial manapun akan ramai dengan postingan bertagar #Resolusi. Mulai dari yang sesepele baca buku seminggu sekali, sampai resolusi besar seperti menikah, wara-wiri di timeline semua orang. Meski hanya sekadar resolusi, kenyataannya hal itu dapat meningkatkan dirimu menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya. Namun dari begitu banyak #resolusi yang kamu posting setiap tahunnya, berapa yang berhasil kamu wujudkan? Hehehe

Pasalnya, kegagalan mewujudkan resolusi yang sudah diposting itu tidak selalu karena halangan dan rintangan. Banyak juga kok yang sekadar ditulis di media sosial, tanpa ada usaha untuk mewujudkannya. Ujung-ujungnya, tahun 2018 sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Sayang banget ‘kan? Padahal bila benar-benar diusahakan, tentunya hidupmu akan benar-benar naik kelas setiap tahunnya. Nah, biar mimpimu nggak sekadar jadi tagar resolusi di medsos, coba deh lakukan hal-hal ini.

1. Nggak ada salahnya ceklis resolusi yang sukses terealisasi dan yang belum. Sambil pertimbangkan kembali, mau diusahakan lagi nggak di tahun depan?

Check! via www.pexels.com

Advertisement

Satu hal pasti yang wajib kamu lakukan ketika tahun akan berganti yaitu mengingat-ingat kembali apa saja resolusi yang sudah sukses dilakukan dan apa saja yang belum kesampaian. Untuk resolusi yang sukses, cari tahu apa yang perlu dilakukan: dilanjutkan atau perlu ditingkatkan?

Sementara untuk resolusi yang gagal, cari tahu penyebabnya. Sebuah kegagalan pasti ada sebabnya bukan? Pergantian tahun artinya hari-hari baru datang. Peluang baru kesuksesan bisa kamu dapatkan asal kamu jeli menangkapnya. Nah, dengan mengetahui kesalahan atau penyebab kegagalan di masa lalu, pastinya kamu akan lebih teliti dan dewasa lagi dalam mengejar kesempatan ini.

2. Pernah gagal interview kerja atau apply beasiswa? Sekarang saatnya cari cara untuk sukses melewatinya tanpa mengulang kesalahan yang sama

Belajarlah dari kegagalan~ via 123rf.com

Kalau tahun lalu kamu sulit mencari kerja atau gagal apply beasiswa, maka tahun ini kamu harus berusaha mewujudkannya. Kamu bisa mencari tahu penyebab kegagalanmu itu. Apakah karena deadline pendaftaran yang mepet jadi kamu kurang persiapan atau atau mungkin essay-mu kurang realistis. Intinya dari kesalahan yang kamu lakukan, kini saatnya memperbaiki dan meraih hasil yang lebih baik lagi.

3. Daripada sibuk bikin caption dan hashtag, coba sekarang lakukan perubahan dari hal kecil. Misalnya buat diri lebih bahagia dengan menyapa orang sekitar

Senyuum… 🙂 via www.pexels.com

Advertisement

Nggak ada salahnya kamu menyibukkan diri dengan medsos, asalkan apa yang kamu lakukan di kenyataan tetap berjalan lancar dan tidak mengganggu aktivitas. Nah, kamu bisa melakukan perubahan dari hal kecil dahulu karena dapat membuat dirimu lebih bahagia.

Nggak usah muluk-muluk dengan berusaha bikin NGO atau aktivitas sosial yang skalanya luar biasa, cukup dengan hal kecil seperti menyapa dan tersenyum pada orang sekitarmu saja sudah bisa membuat perubahan berarti dalam hidupmu. Ingat, satu senyumanmu sangat berarti buat orang lain. Apa sih yang lebih lebih membahagiakan daripada melihat orang di sekitarmu bahagia?

4. Les, belajar bahasa asing baru atau coba hal-hal baru biar skill-mu meningkat dan hidupmu beneran naik kelas juga perlu lho

belajar via www.pexels.com

Daripada kamu terlalu lama terjebak nostalgia terus, coba sekarang lakukan berbagai perubahan bagi diri sendiri. Misalnya saja lakukan hal-hal yang bisa menambah keterampilanmu. Contonya les masak, belajar bahasa asing baru, atau bikin resolusi untuk jalan-jalan agar menambah pengalaman dan memperbaiki diri menjadi lebih baik. Dangan skill baru yang menunjang hidupmu, tentu kamu bakal naik level dari tahun lalu!

5. Satu hal pasti yang tidak boleh hilang yaitu percaya pada diri sendiri. Taklukan Ragumu #RaihSuksesmu

Taklukan Ragumu #RaihSuksesmu via www.pexels.com

Setiap apa yang kamu lakukan pasti ingin sukses dan berjalan lancar. Untuk itu, kamu harus bisa sukses melewati keraguan yang ada dalam diri dengan melawannya. Memang sih jalan menuju kesuksesan itu tak mudah. Ada banyak jurang dalam dan tebing yang curam yang harus kamu taklukan. Ada kalanya pula kamu terjatuh serta gagal dalam perjalananmu, tapi bukan berarti perjuangan hidupmu berhenti di situ. Kegagalan di masa lalu jangan dijadikan patokan. Ingat, tahun ini ada 365 peluang. Jadi, Taklukkan Ragumu #RaihSuksesmu.

Sayang sekali kalau resolusi kamu hilang begitu saja dan tidak terealisasi. Daripada hanya sibuk tebar-tebar tagar resolusi di medsos, lebih baik coba wujudkan dengan meng-upgrade diri sendiri. Kamu jadi beneran naik kelas deh!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya