Sudah wisuda dan bingung mau pergi ke mana? Jawabannya: pulang ke rumah saja. Ya, pulang ke rumah merupakan pilihan tepat setelah kamu menyelesaikan pendidikanmu di tanah rantau. Ada banyak kebaikan yang akan kamu rasakan ketika kembali pulang dan berkumpul dengan orang tersayang.

Ingin tahu apa saja kebaikan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan pulang ke kampung halaman? Berikut akan Hipwee paparkan 6 alasannya!

Pulang ke rumah adalah cara jitu untuk menenangkan diri, sebelum kamu dihajar dengan kesibukan yang tak reda-reda di awal karirmu nanti.

pulang ke rumah

pulang ke rumah via www.igoodmorning.net

Advertisement

Kamu berhak untuk mengambil jeda sejenak setelah selesai menamatkan kuliah dan berhasil meraih gelar sarjana. Pulang ke rumah merupakan pilihan tepat yang bisa kamu ambil. Tak perlu menggerutu karena belum kunjung mendapatkan panggilan kerja. Manfaatkan waktu luang yang kamu punya secara maksimal. Kamu bisa bebas melakoni hal yang kamu suka di waktu luangmu ini.

Selalu ingat bahwa semua ada porsi dan masanya tersendiri. Sebelum kamu dihajar kesibukan yang tak reda-reda di awal karirmu nanti, ini merupakan waktu luang berharga yang bisa digunakan untuk memanjakan diri sendiri.

Selain menghemat biaya hidup, kamu bisa mencari tahu bidang pekerjaan apa yang sesungguhnya kamu minati sebelum buru-buru melangkahkan kaki.

pulang ke rumah

pulang ke rumah via maidenmermaid.wordpress.com

Pulang bisa dijadikan cara sederhana untuk refleksi. Kamu bisa memiliki waktu untuk kembali bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup ini. Satu fase dalam hidupmu baru saja terlewati, kini kamu memiliki banyak waktu untuk memilikirkan matang-matang apa yang kamu minati sebelum buru-buru melangkahkan kaki.

Advertisement

Selain itu, dengan pulang ke rumah kamu juga bisa menghemat biaya hidup. Jangan merasa kamu akan memberatkan orangtua, karena mereka justru gembira dengan kehadiranmu kembali di rumah. Namun, tetap saja kamu harus ikut berkontribusi secara nyata. Jangan hanya berpangku tangan dan bangun siang, kamu wajib membantu ayah dan ibu sekuat yang kamu bisa.

Kembali ke kampung halaman sama artinya dengan memangkas habis sifat besar kepala yang kamu miliki. Melihat keberhasilan kawan seperjuangan akan membuatmu berbenah diri.

pulang ke rumah

pulang ke rumah via kocholo.org

Selain momen yang tepat untuk merefleksikan diri sendiri dengan mencari tahu apa yang kamu inginkan di fase hidup yang selanjutnya. Pulang ke kampung halaman juga bisa dijadikan cara jitu untuk memangkas sifat besar kepala yang tanpa disadari mulai tumbuh subur di dalam diri.

Dengan mengetahui serta membandingkan keberhasilanmu dengan kawan seperjuangan, kamu jadi makin tak punya alasan untuk berjumawa. Kamu jadi paham bahwa yang sekarang sudah kamu raih ini masih belum apa-apa. Masih banyak hal dalam dirimu yang butuh perbaikan. Sehingga tak akan ada lagi alasan untuk menyombongkan diri di hari depan.

Kamu akan belajar bagaimana cara untuk menghargai. Mulai dari masa kecil yang membahagiakan hingga pengalaman manis di zaman putih abu-abu yang kembali terkenang.

pulang ke rumah

pulang ke rumah via picssr.com

Pulang ke rumah merupakan cara sederhana untuk bernostalgia. Namun tak hanya sesederhana bernostalgia saja, kamu juga jadi memiliki waktu untuk kembali mensyukuri hal-hal yang singgah di hidupmu ini. Mulai dari masa kecil yang membahagiakan di rumah, sahabat dari kecil hingga dewasa yang selalu setia menemani, hingga masa-masa manis di zaman putih abu-abu.

Hal-hal sederhana macam ini sebenarnya mengajarkanmu arti bersyukur dan menghargai. Kamu bersyukur terhadap apa yang telah Sang Pencipta beri sekaligus menghargai apa yang masih kamu miliki hingga detik ini.

Dengan pulang kampung, kamu bisa sadar betapa banyak yang telah berubah dari dirimu selama ini. Pulang ke rumah justru bisa jadi momen untuk lebih mengenali diri sendiri.

pulang ke rumah

pulang ke rumah via medonthan.net

Selain bernostalgia dan belajar bersyukur serta menghargai, pulang ke rumah bisa makin membuatmu mengenali diri sendiri. Kamu dapat kembali berkaca dan membandingkan dirimu yang dulu dan sekarang. Lihat hal-hal yang sudah banyak berubah dari dirimu sendiri dan lihat sudah sejauh apa perjuangan yang telah kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa mengukur masih berapa jauh jarak antara dirimu dengan target yang kamu tetapkan. Pada akhirnya, hal-hal ini akan akan berhasil berhasil membuatmu makin mengenali diri sendiri.

Inilah waktu berkualitas yang bisa kamu berikan kepada ayah dan ibu. Kamu tak tahu kapan lagi bisa meluangkan banyak waktu untuk berkumpul dengan orang tuamu.

pulang ke rumah

pulang ke rumah via jremembrance.wordpress.com

Yang lebih penting dari segalanya, pulang ke rumah selepas menuntaskan kewajiban di bangku kuliah merupakan penghargaan yang bisa kamu persembahkan kepada ayah dan ibu. Mereka akan bahagia luar biasa ketika tahu bahwa kamu bersedia meluangkan waktumu yang berharga untuk dihabiskan bersama mereka.

Mungkin memang sekarang ini kamu sedang haus-hausnya untuk segera membangun pondasi karir sendiri, namun kamu juga harus ingat seiring bertambahnya usiamu kedua orangtuamu juga akan kian menua. Jika tidak sekarang meluangkan waktu untuk mereka, lalu kapan lagi? Sebelum kamu dihajar dengan kesibukan yang tak kunjung mereda di awal karir, selama kehangatan orang tua masih bisa kamu temukan di tiap sudut rumah.

Sudah siapkah dirimu untuk sejenak pulang ke kampung halaman?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya