Bagi anak muda, usia 20-an awal adalah salah fase di mana mereka mulai diserbu dengan berjuta tanya mengenai masa depan. Fase usia 20-an awal dinilai sebagai fase dimana kesuksesan dan kegagalanmu bisa diprediksi darinya. Kebanyakan orang berkata bahwa saat seseorang mencapai fase usia 20-an awal, dia harus mulai bekerja keras demi masa depan yang lebih cerah nantinya.

Lantas bagaimana dengan anak muda yang usianya yang sudah masuk angka 20-an, tapi masih saja belum menemukan tujuan hidupnya? Jangankan tujuan hidup, mau ngapain setelah ini saja kadang masih bingung. Apakah anak muda yang seperti itu tak mungkin bisa sukses di masa depan?

Memang sih kesuksesan itu lebih baik dibangun sejak muda, tapi bukan berarti kamu yang masih belum tau tujuan bakal gagal juga

Berbicara mengenai kesuksesan memang harus dikaitkan juga dengan usaha keras sedari muda. Dari berbagai contoh yang sudah ada, para tokoh sukses dunia banyak yang memang sudah fokus menggeluti satu dunia dan mendapatkan sukses dari passion-nya. Kamu bisa lihat Walt Disney, Bill Gates, hingga Steve Jobs. Mereka sedari muda sudah memfokuskan diri pada satu tujuan.

Namun tak berarti bahwa kamu yang masih belum menemukan tujuan di usia 20-an akan menjadi sosok yang gagal. Mereka yang sukses itu bisa menggabungkan antara passion dan cita-cita. Kalau passion-mu saja belum kamu temukan, tentu kamu belum bisa mengawali langkah suksesmu juga, kan? Ketika kamu nanti sudah menemukan passion jalanmu, pintu kesuksesanmu juga akan terbuka, kok.

Daripada mencemaskan masa depan, bukankah lebih baik kamu mengeksplorasi bakat dan minatmu dulu? Siapa tau suksesmu berasal dari situ

Advertisement

Mikir keraas!!! via positivetruth.com

Banyak anak muda yang merasa sedikit panik kala di usianya yang sudah mulai masuk angka 20-an, tujuan hidup tak kunjung ditemukan. Jangankan tujuan hidup, passion yang benar-benar dicintai saja belum bisa ditentukan. Lantas karena panik, biasanya orang jadi salah langkah dalam menentukan karier setelah lulus dari bangku perkuliahan.

Karena kepanikanmu soal masa depan tak akan membantu menunjukkan jalan, lebih baik kamu menenangkan dirimu sembari menjelajahi lagi bakat dan minatmu. Mumpung usiamu masih di ranah 20-an. Kalau kamu punya bakat dan minat di bidang menulis, ya menulislah. Kalau punya skill yang bisa dikembangkan di bidang games, ya main game dan tekunilah tren dan teknologinya. Alih-alih khawatir berlebihan tentang masa depan, mengembangkan bakat dan minat bisa jadi jalan suksesmu di masa depan nanti.

Sesungguhnya sukses tak datang dalam waktu semalam. Karena itu, jangan patah semangat kalau di usia sekarang kamu belum keliatan sukses juga

Sukses gak datang semalam. Kamu perlu usaha via www.washingtonpost.com

Silahkan tanya kepada setiap orang yang kamu pandang sukses di seluruh dunia, jawaban mereka pasti sama. Bagaimanapun juga, kesuksesan bukanlah hal yang bisa datang dalam waktu semalam. Butuh usaha keras agar sukses tersebut bisa kamu dapat. Jadi pasti wajar kalau di usia 20-an kamu masih bingung mau ngapain.

Kamu tak perlu patah semangat dulu meski belum menemukan jalan kesuksesanmu. Merintis jalan kesuksesan kan memang tidak gampang. Tenang saja, seiring dengan berjalannya waktu, kamu juga pasti akan tau kok jalan suksesmu ada di mana.

Sukses itu bukan soal lomba siapa yang duluan. Meski sekarang belum menemukan tujuan, kamu tetap bisa kok sukses di masa depan

Sukses itu bukan balapan via www.theselfemployed.com

Setiap orang punya jalan yang berbeda untuk bisa sukses. Ada yang sedari kecil sudah terlihat bakatnya untuk jadi orang yang sukses, ada yang baru terlihat sukses setelah berusaha keras di masa muda, ada juga yang suksesnya baru bisa kelihatan di ketika usianya sudah sangat dewasa. Semua sudah ada jalan ceritanya masing-masing.

Jadi meski sekarang kamu masih belum menemukan tujuan dan jalan untuk bisa sukses, kamu tak perlu gundah. Sukses itu bukan perlombaan tentang siapa yang bisa sukses duluan, tapi tentang bagaimana caramu mendapat dan menikmati kesuksesan yang kamu raih di masa depan. Kalau sekarang belum keliatan suksesnya, dengan terus berusaha suksesmu juga pasti akan datang kok. Toh usia 20-an itu masih terbilang muda juga, kan.

Meski tidak lebih cepat teman-temanmu, suksesmu nanti bisa jadi lebih matang karena buah dari pengalaman dan perhitungan

Yang penting kan sukses via ironman.wikia.com

Karena memang semakin bertambahnya usia, pengalaman yang kamu dapat juga akan semakin bertambah. Dari pengalaman-pengalaman itu kamu jadi bisa menentukan arah dengan tepat nantinya. Tak lagi asal memilih jalan, kamu bahkan bisa menciptakan kesuksesan yang bermanfaat bagi banyak orang.

Meski teman-temanmu yang lain sudah menentukan tujuan hidupnya di usia 20-an, itu bukan jaminan bahwa mereka pada akhirnya akan lebih sukses dari kamu. Bisa jadi malah kesuksesanmu yang berdasarkan pengalaman, perhitungan dan pengamatan yang tak tergesa-gesa malah mampu mengalahkan kesuksesan mereka. Lagipula, tak selamanya standar kesuksesan orang itu sama dari satu orang ke orang lainnya.

Kamu yang memang belum bisa menentukan arah tujuan hidupmu di usia 20-an tak perlu risau. Usiamu itu masih muda, masih ada banyak waktu bagimu untuk memikirkan segalanya. Toh kalau berbicara mengenai jalan hidup, setiap orang kan pasti berbeda. Di kala berbicara soal sukses, tiap orang juga pasti punya pandangan masing-masing juga. Gak perlu risau ya anak muda! 🙂