Jujur saja, begitu lulus kuliah pikiranmu pasti dibayangi oleh bayangan indah langsung diterima bekerja, masuk perusahaan keren, dapat gaji besar, dan mendapat segala benefit lainnya. Pokoknya lancar dan enak banget, lah. Nggak ada yang salah dari bayangan keinginanmu itu. Toh siapa sih yang nggak pengen hidupnya selancar itu?

Namun kenyataan tidak selalu berjalan sesuai harapan. Kamu harus bersaing dengan fresh graduate lainnya untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Belum lagi jika kamu harus bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman, harapanmu untuk bisa diterima di perusahaan impian bisa menguap ke udara.

Bayanganmu langsung dapat pekerjaan saat pertama mengirim lamaran dirobohkan paksa oleh realita. Nyatanya puluhan kali kamu mengirim lamaran, mentok balasan cuma panggilan magang

Ke sana-ke mari mencari lowongan via unsplash.com

Boleh-boleh saja kamu punya harapan buat langsung diterima perusahaan besar dengan modal CV yang menurut kamu udah keren banget. Tapi, seringnya modal CV cakep saja itu nggak cukup. Pengalaman bekerja, setidaknya magang, selama kuliah bisa jadi pertimbangan bagi para HRD saat melihat CV kamu. Kalau ternyata perusahaan yang menerima kamu justru memberikan kesempatan untuk magang terlebih dahulu, nggak perlu berkecil hati. Kamu bisa ambil kesempatan itu kok. Nggak ada salahnya menambah pengalaman dan kemampuan lewat magang, kan?

Pengenmu sih datang pagi dan pulang teng-go biar bisa nongkrong bareng teman-temanmu. Nyatanya, rutinitasmu justru datang, lembur, repeat!                                                         

Kopi jadi teman setia setiap lembur via unsplash.com

Saat kamu baru memasuki dunia kerja pasti kamu akan kaget dengan realita yang ada di sana. Meskipun tertera jam kantormu dari jam 9 pagi hingga 17 sore, faktanya ada banyak beberapa pekerjaan yang tidak bisa ditinggal begitu saja meskipun jam kantor sudah usai. Alhasil, mau nggak mau kamu harus menyelesaikannya sesuai permintaan atasan a.k.a lembur. Tidak sedikit fresh graduate yang mengeluhkan ini lalu menjadi alasan untuk resign dan memilih pekerjaan yang menurutnya bisa lebih ‘santai’. Kalau ini kamu alami, coba deh kamu belajar time management. Paling tidak, meskipun harus lembur, kehidupan di luar kantor jadi nggak terganggu.

Sudah punya pemasukan sendiri bikin kamu overexcited dengan membayangkan bisa makan di tempat yang keren. Realitanya, karena harus hemat pola makanmu nggak jauh dari semasa kuliah dulu

Pengen salad dapat lalap via unsplash.com

Yang terbiasa makan siang ‘seadanya’ waktu kuliah, pasti berharap bisa makan yang lebih fancy dengan uang sendiri yang didapatkan dari gaji. Tapi, nggak semua bisa merasakan itu. Meskipun sudah punya pemasukan sendiri, ada banyak faktor yang menuntutmu untuk tetap irit meski sudah bisa cari uang sendiri. Pada akhirnya, polanya kembali lagi seperti waktu kuliah. Awal gajian masih bisa gaya dengan makan mewah, di tengah bulan mulai pilih-pilih jajanan, sampai akhirnya di tanggal tua harus mencari-cari uang yang terselip di saku atau tas. Duh, nasib…

Pada akhirnya, ini cuma salah satu fase pendewasaanmu. Meski nggak sesuai dengan realita, kamu pasti bisa kok menghadapinya

Jalani pekerjaan sepenuh hati biar cepat sukses via unsplash.com

 

Mungkin kamu jengah dengan realita kehidupan kerjamu yang nggak sesuai dengan ekspektasi awal selepas lulus kuliah dulu. Tapi kamu masih muda, anggap saja ini sebagai salah satu fase pendewasaanmu. Daripada kecewa dan mundur teratur, kamu harus belajar merayakan setiap progress-mu. Karena dari setiap kemajuan yang dibuat, kamu jadi tahu mana yang kurang, mana yang bisa dikembangkan, dan mana yang bisa membuatmu makin nyaman menjalani pekerjaan.

Nah biar tambah nyaman menjalani pekerjaanmu, coba deh nikmatin yang lembut-lembut kayak Nextar Brownies Cookies dan Nextar Nastar Cookies. Rasa nanas dan cokelat asli yang lembut di mulut bikin Nextar cocok jadi snack anak muda yang sesuai antara ekspektasi dan kenyataannya. Soalnya bisa dinikmatin kapan aja, mau pas kamu kerja, santai, bahkan pas liburan juga. Kalo kamu bisa ngerayain setiap progress kamu bareng Nextar, berarti kamu udah layak jadi Nextar Generation! Generasi yang selalu positif saat menghadapi apapun. Jadi biarpun kenyataan ga selalu sesuai dengan ekspektasi, selalu bisa kamu jalanin dengan penuh semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya