Artikel ini adalah hasil kolaborasi BOLT! Super 4G LTE-Samsung GALAXY J5 dan Hipwee

Facebook, Twitter, Instagram, pastilah telinga kamu sudah nggak asing dengan nama-nama tersebut. Beberapa tahun belakangan, media sosial memang sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat urban. Bahkan beberapa di antara kamu mungkin ada yang selalu gatel untuk membuka media sosialnya setiap satu jam. Entah untuk mengunggah sesuatu, melihat aktivitas teman lainnya sembari melempar komentar, atau hanya sekedar melihat-lihat.

Hayo ngaku! Pasti kamu juga sering posting hal-hal nggak penting alias nyampah di media sosialmu. Dari posting foto selfie lima kali sehari sampai update status galau tiap dua jam sekali, semuanya bisa dengan mudah kamu lakukan. Padahal, selain hanya untuk mencurahkan isi hati, kamu bisa menggunakan media sosial untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

1. Lewat sosial media, kamu dapat membagi (sekaligus menerima) pengetahuan yang kamu miliki kepada masyarakat luas dengan mudah

Lewat socmed kamu bisa menerima dan membagi pengetahuan dengan mudah via tumblr.com

Sudah tak diragukan kalau media sosial saat ini sangatlah berpengaruh dalam penyebaran berbagai informasi. Kamu dapat pula membagi atau menerima semua informasi yang beredar. Dengan waktu yang singkat, apa yang kamu tampilkan dalam media sosial kamu dapat dibaca dan diedarkan oleh banyak orang. Untuk itu, kenapa enggak kamu gunakan untuk menyebarkan sesuatu yang bermanfaat?

Enggak usah yang aneh-aneh kok. Kamu bisa membagikan apa yang kamu temui dan kira-kira berguna untuk teman media sosialmu. Misalnya saja, jalanan macet yang sedang kamu lewati, warung enak dan murah yang nggak sengaja kamu temukan, atau jalan alternatif dari rumah ke kampus yang tak banyak orang tahu.

Yang perlu kamu ingat dalam berbagi informasi di media sosial, kamu juga harus siap bertanggung jawab. Jadi, kalau informasinya belum benar-benar akurat sebaiknya disimpan dulu deh dari pada jadi penyebar hoax.

2. Memang tampaknya seperti nggak menguntungkan dan hanya sekadar having fun, tapi berbagi kebaikan akan selalu berbalas kebaikan, kan?

Membagi kebaikan akan selalu berbalas kebaikan ‘kan? via instagram.com

Mengunggah tempat wisata yang dikunjungi atau berbagi informasi lainnya melalui media sosial, terdengar sederhana ya? Eh, tapi siapa sangka dari hal sederhana tersebut banyak lho orang yang telah mendapatkan manfaatnya. Bisa saja karena posting-an sederhana tentang tempat pengobatan alternatif di dekat rumahmu ternyata begitu berguna bagi orang lain yang sedang mencari tempat berobat. Berbagi yang bermanfaat di media sosial juga sama dengan berbagi kebaikan. Dan berbagi kebaikan pasti juga akan berbuah kebaikan.

3. Kamu yang punya jiwa kreatif dapat menunjukkan hasil kreativitasmu di media sosial

Kreativitasmu bisa ditampilan di media sosial via instagram.com

Bagi kamu yang memiliki jiwa kreatif, sosial media bisa menjadi sarana untuk unjuk kreativitas. Kamu yang jago desain misalnya, boleh lah memajang beberapa desain kamu di media sosial pribadi.

“Ih, ngapain paling juga nanti kalau bagus pada copas seenaknya. Bayar juga enggak!”

Eits, jangan salah! Dengan banyaknya orang yang membagikan karyamu di media sosial, itu tandanya karyamu mendapat respon yang baik oleh banyak orang. Ada banyak pelaku kreatif yang mendadak terkenal karena rajinposting karyanya di sosial media. Salah satunya seperti Mas Dimboy yang terkenal dengan komik-komik lucunya. Awalnya, mungkin tak banyak yang mengenal Mas Dimboy sebagai seorang kartunis. Melalui karya-karyanya yang terus seliweran di media sosial (dan di-posting orang lain) dan sangat kocak, akhirnya banyak orang yang mulai kenal dengan lulusan seni rupa ITB ini. Sampai saat ini, ada empat puluh ribu lebih follower di akun Instagramnya.

4. Melalui sosial media, kamu juga dapat memulai bisnis sederhanamu

Bisnis sederhana juga bisa kamu mulai via sosial media via instagram.com

Banyak orang yang ingin berbisnis tapi selalu saja terkendala modal. Yang paling sering didengar adalah

“Sewa lokasi usahanya kan mahal…”

Dengan media sosial, kamu memiliki lahan usahamu sendiri secara gratis. Otomatis modal yang kamu keluarkan nggak sebanyak jika kamu menyewa atau beli lahan usaha. Sudah banyak kok cerita-cerita dari orang sukses berbisnis melalui jejaring sosial. Itu bukan hanya sekedar cerita dongeng lho, tapi benar-benar terjadi. Makanya, jangan remehkan kekuatan jejaring sosial yang kamu miliki.

5. Apapun profesimu, media sosial sangat mungkin membuat kamu makin dikenal di bidangmu.

Media sosial memungkinkan kamu makin dikenal di bidangmu via instagram.com

Saat ini, mungkin kamu sudah memiliki pekerjaan tetap dan tidak ingin berbisnis atau pun memajang hasil karya, tapi kamu masih bisa kok menggunakan media sosialmu menjadi bermanfaat. Kamu bisa membagi informasi seputar kehidupan pekerjaanmu yang selalu penuh tantangan. Kamu yang bekerja kantoran sebagai akuntan misalnya, bisa juga membagi dunia kerjamu di media sosial. Eh tapi bukan tentang bos yang galak lho!

Kamu bisa berbagi tentang kendala mengatur pembukuan keuanganan yang sering kamu hadapi. Bagi mereka yang masih belajar untuk menjadi akuntan, informasi ini bisa jadi berguna. Kamu juga bisa membagi tips-tips, seperti cara sederhana membuat laporan keunganan untuk anak kos atau untuk ibu rumah tangga. Semakin banyak kamu berbagi, banyak orang yang semakin kenal dengan apa yang kamu tekuni dan percaya bahwa kamu cukup kompeten di bidang tersebut. Tak sedikit lho, mereka yang tadinya hanya ‘pegawai biasa’ mendapat tawaran untuk menjadi pembicara karena sering berbagi melalui media sosial.

Ragam jejaring sosial pun saat ini sangat banyak dan bisa kamu akses dengan mudah melalui smartphone. Kamu bebas memilih jejaring sosial yang kira-kira pas untukmu. Kamu yang suka menjadi reporter media sosial bisa mencoba Periscope atau kamu yang hobi bermusik bisa mengunggah musik kamu di 8tracks. Dan semua itu, bisa kamu lakukan cukup dengan menggunakan smartphone kamu.

Sebelum menuai hasil, kamu nggak boleh cepat bosan untuk terus berbagi manfaat melalui media sosial. Karena itu, kamu perlu akses internet cepat dan smartphone yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu akan media sosial. Seperti bundling BOLT! Super 4G LTE dan Samsung GALAXY J5 yang memiliki akses internet super cepat nan canggih. Sehingga kamu bisa selalu berbagi berbagai hal yang bermanfaat di media sosial, tanpa kendala jaringan jelek.

Penasaran dengan duet BOLT! Super 4G LTE dan Samsung GALAXY J5? Klik saja di sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya