Inggris adalah salah satu negara yang populer sebagai tempat menimba ilmu. Kualitas pendidikannya yang sudah nggak perlu diragukan lagi. Berbagai ragam disiplin ilmu pendidikan tersedia di sana. Selain itu, negerinya yang klasik dan cantik jadi semakin menambah pesona bagi kamu yang memang ingin berkuliah di sana.

Meski perjuangan keterima di universitas di sana tidak mudah, belum lagi kamu harus berjuang dapetin beasiswa, mimpi bersekolah di Inggris pantas kamu perjuangkan. Agar tetap bersemangat untuk tinggal di Inggris sambil berkuliah, beberapa alasan ini mungkin bisa membantumu meneguhkan hati.

1. Kalau kuliah di Inggris, kamu nggak perlu panik mempersiapkan dua bahasa asing. Cukup English aja!

Kamu hanya perlu belajar bahasa Inggris aja! (Ajah???) via renaldyrerenz.blogspot.com

Salah satu hal yang bisa kamu syukuri saat kuliah di Inggris adalah nggak perlu repot mempelajari 2 bahasa asing. Semisal kamu kuliah di Jerman dan kuliah di kampus yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris, maka selain harus fasih bahasa Inggris, setidaknya kamu harus menguasai bahasa Jerman untuk percakapan sehari-hari. Begitu pun jika kamu kuliah di Belanda, setidaknya harus juga mempelajari bahasa Belanda agar bisa maksimal dalam belajar.

P.S: Di negeri Ratu Elizabeth ini, tes bahasa Inggris yang berlaku adalah IELTS (International English Language Testing System). Nah, nilai IELTS minimal yang harus kamu penuhi biasanya 6,5.

2. Ngomong dengan aksen British bikin kamu serasa tinggal di Hogwarts. Ala-ala Harry Potter dan kawan-kawan gitu deh!

Advertisement

Kamu fans berat Harry Potter? Senang banget mendengar tokoh-tokohnya ngobrol? Jika demikian, kamu cocok banget kuliah di Inggris. Kalau kamu kuliah di Inggris, selamat menikmati aksen British yang khas ya. Percaya atau nggak, bicara bahasa Inggris dalam aksen British yang klasik, bikin kamu serasa jadi bangsawan ketika menggunakannya.

3. Belajar di Inggris membuatmu menghargai keberagaman. Populasi mahasiswa asing di Inggris adalah salah satu yang terbanyak di dunia

Kamu akan belajar menghargai keberagaman. via www.youthmanual.com

Inggris dikenal sebagai salah satu negara dengan populasi pelajar asing terbanyak di dunia. Mahasiswa asing yang menimba ilmu di Inggris datang dari berbagai negeri di seluruh dunia, dari Malaysia hingga Madagaskar. Dari Lithuania hingga Ghana. Karenanya, ini sebuah kesempatan emas buatmu untuk berbaur dengan teman-teman dari negara lain yang berbeda budaya, ras, suku, dan agama denganmu. Kamu pun akan belajar untuk menghargai keberagaman.

4. Meski terkenal kejam dan tega soal nilai, dosen di kampus-kampus Inggris paling menyenangkan ketika diajak diskusi

Meski disiplin, para dosen di kampus-kampus Inggris cukup asyik untuk diajak diskusi kok. via www.youtube.com

Kalau kuliah di Inggris, jangan harap kamu akan mendapat dispensasi soal nilai. Yup, dosen-dosen di Inggris terkenal cukup disiplin soal tugas dan nilai. Ketika nilaimu jatuh lantaran putus cinta misalnya, jangan harap kamu bakal dimaklumi! Ujian ya ujian, putus cinta sih deritamu sendiri aja! Akan tetapi, dosen di Inggris sangat terbuka soal diskusi. Yup, apa pun yang belum kamu pahami dari perkuliahan, bisa dengan leluasa kamu tanyakan. Mereka pun akan menjelaskan dengan senang hati, hingga kamu paham. Tuh, asyik kan?