12 Aturan yang Perlu Kamu Patuhi Demi Hidup yang Lebih Menyenangkan

Kehidupan macam apa yang ingin kamu jalain sebenarnya bergantung pada keputusanmu. Kamu yang menetapkan, menjalani dan bertanggung jawab pada setiap pilihan dalam hidupmu. Bukan hanya kesuksesan yang jadi patokan berhasilnya sebuah kehidupan. Melainkan, bagaimana seseorang bisa menjalani kehidupannya secara “penuh” dan menyenangkan.

Advertisement

Tapi, demi mendapatkan hidup yang lebih menyenangkan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada aturan yang harus kamu ikuti, ada hal-hal yang harus kamu ubah dari kebiasaanmu. Apakah kamu ingin memiliki kehidupan yang nyaman pun menyenangkan, hingga siap bertransformasi sebagai pribadi? Jika iya, 12 aturan ini layak kamu patuhi.

1. Bebaskan Dirimu Dari Penyesalan yang Sudah Lewat. Hiduplah Hanya Untuk Saat Ini

Bebaskan diri dari penyesalan yang sudah lewat

Bebaskan diri dari penyesalan yang sudah lewat via en.wikipedia.org

Lepaskan penyesalan atas masa lalumu, hilangkan rasa takut pada masa depanmu, dan hiduplah di masa ini. Jika saat ini kamu merasa hidup yang kamu jalani terasa berat, bisa jadi itu karena saat ini kamu hidup dalam dua — atau mungkin malah tiga — waktu.

Berhentilah menyesali kesalahan masa lalu. Jangan biarkan ketakutanmu akan masa depan mengecilkan nyalimu. Hidupilah hari ini! Hidup yang sebenarnya adalah hidup yang saat ini sedang kamu jalani — detik ini, menit ini, hari ini.

Advertisement

2. Menumpahkan Duka Tak Berarti Menyerah Pada Keadaan. Justru, Kamu Sedang Jujur Pada Perasaan

hidup tidak selalu baik-baik saja

hidup memang tidak selalu baik-baik saja via joytv.gr

Hidup akan memberimu kejutan. Saat hal itu menjatuhkanmu dan membuatmu ingin menangis, menangislah. Menangislah jika hal itu bisa membuatmu lebih baik, lalu bangunlah dan tegapkan badanmu. Tersenyumlah, dan tunjukkan bahwa harapan itu selalu ada.

Sadarilah bahwa pada satu titik hidup memang tidak akan selalu baik-baik saja. Hal buruk bisa saja terjadi kapanpun dan pada siapapun. Maka dari itu, selalu persiapkan dirimu untuk kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Jadikan hal buruk yang menimpamu sebagai sebuah pondasi yang membantumu untuk tumbuh dan berkembang. Buktikan bahwa dirimu bisa menjadi lebih bijak dan lebih luar biasa dari dirimu yang sebelumnya.

Advertisement

3. Pandanglah Rasa Sakit dan Hal-Hal Buruk Dalam Hidup Sebagai Tempaan yang Untuk Membuatmu Lebih Tangguh

raih hari terbaikmu

raih hari terbaikmu via 8tracks.com

Jika kamu bisa menangani saat-saat sulit dalam hidupmu dengan baik, bisa jadi saat-saat sulit tersebut akan menjadi berkat dan berubah menjadi hari terbaik dalam hidupmu.

Laksana besi yang harus ditempa agar bisa digunakan, keras dan sakitnya kehidupan perlahan akan menempamu menjadi sosok yang tegar dan lebih dapat diandalkan dibanding dirimu yang sebelumnya. Selalu ambil sisi positif dari setiap pengalaman yang kamu dapati dan belajarlah dari pengalaman-pengalaman tersebut.

Ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah merasakan bahagia jika kamu tidak pernah merasa sedih; tidak akan mengerti betapa berharganya kesehatan sebelum jatuh sakit; tidak akan mencecap manisnya keberhasilan jika belum pernah merasa gagal; dan tidak akan pernah merasa indahnya jatuh cinta jika belum pernah tersakiti sebelumnya.

4.  Belajarlah Lebih Peka Mendengarkan Kata Hati

dengarkan kata hati dan intuisimu

dengarkan kata hati dan intuisimu via kieuviet.vn

Biarkan nurani membimbing dan menunjukkan jalanmu. Saat kamu merasa bingung dengan apa yang harus kamu lakukan, maka dengarkanlah hati nuranimu. Tanyakan, apa yang sesungguhnya hatimu paling inginkan. Ikuti suara paling jujur dari hati nuranimu.

Jangan takut mengambil risiko, dan percayai hal apa yang hati kecilmu suarakan. Beranjaklah, lakukan hal yang benar-benar kamu inginkan dalam hidup. Jangan membuat dirimu sendiri menyesal karena kamu kehilangan kesempatan yang datang padamu Kamu hanya punya 1 hidup yang sudah sepatutnya dimaksimalkan pencapaiannya.

5. Tak Perlu Terlalu Jauh Mencari: Jawaban yang Kamu Butuhkan Sesungguhnya Sudah Ada Dalam Diri

terkadang haya dirimu yang bisa menjawab pertanyaanmu

terkadang haya dirimu yang bisa menjawab pertanyaanmu via www.senhordoseculo.com

Tak perlu merumitkan hidupmu dengan mencari jawaban yang sebenarnya ada di dalam dirimu pada orang lain.

Beberapa pertanyaan yang sering menelusup kedalam pikiranmu seperti

apa makna hidupmu, apa yang sebenarnya kamu butuhkan, apa yang kamu inginkan, atau seperti apa kehidupan yang kamu inginkan?

adalah jenis-jenis pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh dirimu sendiri.

Berikan sedikit waktu untuk benar-benar menggali jawaban-jawaban tersebut di dalam dirimu. Lakukan refleksi atas kehidupanmu, ajak dirimu sendiri melakukan senandika. Dengan cara-cara ini, beberapa pertanyaan tentang kehidupanmu akan terjawab dengan sendirinya.

6. Beranikan Diri Keluar Dari Zona Nyaman yang Mengukung Perkembanganmu

tantang status quo yang mengukungmu

tantang status quo yang mengukungmu via caviarnightmares.tumblr.com

Jangan biarkan dirimu terperangkap dalam status quo. Jangan kerdilkan kekuatanmu untuk menjadi yang kamu mau. Buat hidupmu lebih hebat dan lebih berarti, baik bagi orang lain maupun bagi dirimu sendiri.

Mulai bermimpilah jika saat ini kamu belum memilikinya. Coba giati aktivitas dan hobi yang selama ini belum pernah kamu lakukan. Jangan biarkan orang lain mengatur hidupmu. Peganglah kendali penuh atas jalan hidupmu sendiri. Ingat, tidak pernah ada kata terlambat untuk bermimpi dan menantang satus quo yang mengukungmu.

Bekerja keraslah, lakukan hal yang harus kau lakukan, pelihara rasa optimismu dan tetaplah fokus. Ingatlah bahwa tidak ada kerja keras yang berakhir sia-sia dan gapai semua impianmu.

7. Belajarlah Berdamai Dengan Masalah-Masalah yang Ada Dalam Hidupmu

Hilangkan masalah yang menganggumu

Hilangkan masalah yang menganggumu via galleryhip.com

Menggapai mimpi dan menghadapi tantangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak keringat, usaha dan tetes air mata yang harus kamu keluarkan demi menggapai semua mimpimu. Belum lagi masalah-masalah tak terduga dalam hidup yang sering muncul begitu mendadak, tanpa pernah kamu kira sebelumnya.

Saat kamu menemui masalah dalam kehidupanmu, bersiaplah untuk bekerja lebih keras lagi. Cari akar masalah yang membuat hidupmu berantakan dan segera selesaikan. Dengan begitu, kamu akan bisa berdamai dengan hidupmu dan kamupun bisa lebih fokus untuk merajut impian-impianmu.

8. Saat Kamu Mengeluhkan Kekuranganmu, Ada Orang Lain yang Rela Melakukan Apapun Demi Bertukar Posisi Denganmu

syukuri nikmat yang kamu rasakan

syukuri nikmat yang kamu rasakan via welovephotography-0605.blogspot.com

Walaupun banyak masalah dalam hidup, hidup juga tetap menyisakan rasa manis yang bisa kita rasakan setiap harinya. Di sela saat-saat berat yang kamu alami, akan selalu ada hal-hal manis yang bisa membuatmu bersyukur. Bahagia bukan berarti kamu harus memiliki segalanya — bahagia adalah ketika kamu bisa mensyukuri segala nikmat dalam hidupmu. Bersyukurlah, berbahagialah.

Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan merutuki hidupmu. Kebahagiaan tidak akan pernah menghampiri mereka yang tak bersyukur. Ingatlah, ap ayang kamu keluhkan saat ini adalah berkah bagi mereka yang hidupnya jauh lebih kekurangan. Ada orang-orang yang rela menukarkan apapun demi bisa memiliki apa yang kamu punya saat ini.

9. Kejujuran Mungkin Menyakitkan. Tapi Kebohongan Hanya Akan Membuatmu Tersudut

Kejujuran adalah kunci

Kejujuran adalah kunci via quotesberry.com

Jangan rusak hidupmu dengan kebohongan, entah pada dirimu sendiri atau pada orang lain. Kebohongan yang paling kecil sekalipun akan menciptakan kebohongan-kebohongan lain yang membuatnya membesar tanpa kamu sadari.

Utarakan pikiranmu dan ungkapkan isi hatimu yang sebenarnya. Akui perasaanmu pada gadis yang sedang kau taksir, tolaklah suatu hal jika kamu memang tidak menyukainya, atau laporkan dompet yang kau temukan di jalan pada polisi. Kebenaran sekecil apapun yang tunjukkan bisa jadi akan menciptakan perbedaan yang besar. Beranikan dirimu dan hindarkan dirimu dari perasaan menyesal karena tidak bersikap jujur sebelumnya.

10. Kamu Tidak Punya Hak Untuk Menghakimi Orang Lain. Memangnya Sudah Sempurnakah Dirimu?

jangan suka nge-judge orang lain

jangan suka nge-judge orang lain via kattermonran.com

Kebiasaan menghakimi akan membuatmu tidak benar-benar melihat orang tersebut secara utuh. Kamu akan cenderung dibutakan oleh asumsi-asumsi yang telah kamu ciptakan sehingga sisi positif dari orang tersebut tidak akan pernah bisa terlihat. Alasan-alasan lain kenapa kamu harus menghentikan kebiasaanmu ini bisa kamu lihat di dalam artikel ini.

11. Mereka yang Tetap Mendampingi Di Titik Terendah Kehidupan Adalah Mereka yang Layak Dipertahankan

jaga hubungan yang berarti bagimu

jaga hubungan yang berarti bagimu via thoughtsandpics.wordpress.com

1 orang yang tetap berada di sampingmu saat kamu terjatuh, jauh lebih berharga dibanding dengan ratusan orang yang hadir saat kamu sedang berada di puncak. Hubunganmu dengan mereka adalah harta terbesar yang tidak akan pernah bisa tergantikan, dan tak akan ternilai dengan segepok materi.

Saat kamu sudah bisa menemukan kawan, keluarga, dan pasangan yang dengan gigih terus ingin mendampingi meski kamu sedang dalam versi brengsek seorang manusia — bersyukurlah, kemudian jagalah mereka. Orang-orang yang tak meninggalkanmu sendirian dalam titik terendah kehidupan adalah mereka yang layak dipertahankan.

12. Masa Depan Memang Penuh Kejutan. Tapi Hidup Selalu Bisa Direncanakan

terima nasib dan biarkan kehidupan yang membimbing langkahmu

terima nasib dan biarkan kehidupan yang membimbing langkahmu via iamthecause.blogspot.com

Kamu tidak akan pernah tahu tentang masa depan yang akan kamu alami. Kehidupan memiliki caranya sendiri untuk bisa selalu mengejutkanmu, tapi tak perlu takut. Rengkuh dan ambil setiap kesempatan lalu bergeraklah. Buang rasa malas kemduian lakukan hal-hal yang harus kamu lakukan.

Meskipun masa depan adalah misteri yang tak bisa diketahui sebelum dijalani, hidup selalu bisa diatur dan direncanakan. Kamu punya kuasa untuk mengatur ke mana jalan hidup akan membawa. Kamu punya kemampuan untuk menentukan peta hidup yang jadi panduanmu dalam berjalan. Kamu tak pernah kehilangan kendali atas hidupmu, selama kamu mau berusaha.

Hidup ini ibarat roller coaster: naik dan turunnya episode hidup adalah sebuah keniscayaan yang harus dijalani. Jangan hilangkan senyum dari wajahmu, serta tantang kehidupan yang berusaha mengecilkanmu!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta kopi dan pengagum bintang. Traveling, fotografi, design dan musik adalah hal - hal yang sering menyita perhatiannya.

CLOSE