Jalan Hidup Setiap Orang Itu Beda, Jangan Cepat Pusing Kalau Lihat Orang Lain Sukses Duluan

Jalan hidup sukses

Semua orang pasti punya banyak banget goal atau tujuan dalam hidup masing-masing. Mulai dari hal-hal yang sepele, hingga yang krusial banget karena menyangkut tentang masa depan. Salah satunya yang kerap jadi impian adalah kata sukses. Dapat dipastikan bahwa hampir semua orang menginginkan tujuan yang satu itu. Makanya nggak heran jika banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kesuksesan. Cara-cara itupun bermacam-macam, entah dari segi pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan berbagai macam faktor lainnya.

Advertisement

Masalahnya, mau sekeras apapun kita berusaha, terkadang kesuksesan nggak kunjung tiba di depan mata. Alih-alih bisa melihat hasilnya, yang ada malah semakin kesel sendiri setiap lihat orang lain yang udah sukses duluan. Bahkan nggak jarang kita merasa bahwa perjuangan kita ini lebih keras dari mereka. Tapi kenapa sih ya, kok bisa-bisanya mereka sukses duluan? Rupanya, jalan hidup masing-masing orang itu nggak sama lo. Jangankan kamu dengan orang lain yang nggak dikenal, kamu dengan orang tuamu sendiri aja udah beda kok. Coba deh, tenangin dulu hati kamu sambil mengevaluasi diri sendiri, kira-kira ada apa lagi yang kurang.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang, bisa dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Barangkali memang usahamu belum sekeras itu

Ilustrasi kesuksesan via www.etcconsult.com

Melihat dari berbagai kasus yang sudah-sudah, jalan kesuksesan seseorang itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa dari luar ataupun eksternal, tapi bisa juga dari dalam diri kamu sendiri. Ada yang masuk akal, tapi nggak sedikit juga yang malah bikin heran. Pernah dengar kan, ada pepatah konyol mengatakan bahwa, “Orang pintar itu seringkali bisa kalah dengan orang yang untung-untungan”. Ternyata kalimat itu bukan hanya bualan belaka lo, ada banyak banget kasus di luar sana yang serupa. Lucu nggak sih rasanya, kamu udah belajar mati-matian sampai nggak kenal waktu, eh ternyata kalah sama yang punya koneksi orang dalam. Mau kesel pun juga nggak bisa ngapa-ngapain, karena memang itulah bagian dari kejamnya dunia kerja, bagian dari pahit manisnya kita hidup di dunia ini. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mendobrak kemustahilan itu sendiri.

Coba sesekali luangkan waktu untuk diri sendiri, mengingat hal apa aja yang udah kamu lakukan selama ini. Perjuangan apa aja yang udah kamu usahakan belakangan ini. Kemudian bandingkan dengan usaha orang lain yang sama-sama berangkat dari titik nol. Kalau dirasa memang masih kurang, berarti usahamu belum keras banget. Masih ada waktu buat berjuang lagi kok, yang namanya perjuangan itu nggak ada kata terlambat.

Kalau kamu terlalu membanding-bandingkan dengan kesuksesan hidup orang lain, ya kamu bakal capek sendiri karena merasa nggak pernah bisa mencapai kedudukan tersebut

Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain via smallbizgrowth.net

Selain melihat kembali perjuangan diri sendiri, kamu juga perlu paham bahwa membanding-bandingkan kesuksesan diri sendiri dengan orang lain itu terkadang jatuhnya nggak baik. Setiap menengok ke kanan, kamu bakal lihat orang yang lebih sukses dari segi ekonomi. Giliran menengok ke kiri, kamu pusing melihat pasangan hidup orang lain yang kamu anggap lebih cakep. Belum lagi ketika menengok ke atas dan kamu bakal lihat orang-orang yang larinya udah jauh banget. Intinya, membanding-bandingkan kesuksesan diri sendiri dengan orang lain itu nggak bakal ada habisnya. Kamu harus punya target untuk diri sendiri, nanti jika suatu saat kamu sudah mencapai target tersebut, kamu juga boleh kok memuji diri sendiri atau bahkan memberikan reward apapun itu.

Percayalah bahwa nggak ada sedikit perjuanganpun yang akhirnya bakal sia-sia, usahamu bakal terbayar lunas meskipun jawabannya nggak selalu datang dengan cepat

Semua perjuangan itu ada harganya via www.mywellnesshub.in

Kejutan Tuhan itu terkadang memang nggak pernah datang dengan cepat, seringkali terlambat di saat kamu udah berada di titik hampir menyerah. Cara kerja-Nya pun juga seringkali unik banget, kamu diberi cobaan dulu sampai benar-benar lelah dan pasrah nggak tahu mau ngapain lagi, di saat itulah kabar baik datang kepadamu. Percaya deh, nggak ada sedikitpun perjuangan yang bakal terbuang sia-sia. Selalu ada jawaban dari perjuangan yang kamu minta, sekalipun itu datang dengan terlambat. Tuhan juga butuh waktu kok buat ngasih jawaban sama umat-Nya.

Mulai sekarang, kamu nggak perlu semakin pusing jika lihat orang lain yang udah sukses duluan. Sebab pada hakikatnya jalan hidup setiap orang itu memang berbeda-beda. Hidup itu nggak selalu tentang balapan, tapi tentang perjuangan. Dan, nggak ada perjuangan yang bakal mengkhianati hasil akhir. Semangat yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE