Sejak kecil, kita selalu diajarkan untuk beraktivitas menggunakan tangan kanan, khususnya untuk melakukan hal-hal yang positif. Namun, ada pengecualian bagi mereka yang terlahir dengan tangan kiri yang lebih aktif atau tangan kidal. Berbeda dengan orang kebanyakan, si pemilik tangan kidal ini justru kerap menggunakan tangan kirinya untuk beraktivitas.

Sebagai kaum minoritas, pemilik tangan kidal yang hanya berjumlah 10 persen dari seluruh populasi penduduk di dunia ini kerap dianaktirikan. Karena memiliki kebiasaan yang berbeda, orang kidal dianggap aneh oleh orang lain. Nggak jarang, mereka juga mendapat stereotip yang kurang menyenangkan, terkait dengan penggunaan tangan kiri yang sering diasosiasikan dengan hal-hal negatif.

Seperti yang telah dilansir dari laman HealthRonald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika Serikat, mengatakan bahwa memiliki tangan kidal merupakan sebuah berkat genetik. Meski ‘berbeda’, inilah beberapa keistimewaan menjadi orang kidal.

1. Orang kidal terbukti memiliki Intelegence Quotient (IQ) di atas 140, bahkan digolongkan sebagai orang cerdas

IQ di atas rata-rata via wallup.net

Dikutip dari laman Independent, Dr Alan Searleman dari St Lawrence University, New York, melakukan penelitian terhadap 1.200 orang untuk mengetes ingatan, kosakata dan pemecahan masalah. Hasilnya, orang kidal lebih banyak memiliki bakat intelektual dengan IQ lebih dari 140, melebihi skor pengguna tangan kanan pada umumnya. Menurutnya, orang kidal mampu mendukung semua sisi kiri tubuhnya untuk melakukan kegiatan fisik. Baik dalam hal kosakata atau berkomunikasi serta mahir mengelola dan menyelesaikan masalah. Meski dalam hal ingatan nggak terlalu bagus, orang kidal sudah bisa digolongkan sebagai orang cerdas berkat IQ mereka yang tinggi.

Advertisement

Hal ini juga dapat dibuktikan dengan fakta bahwa 20 persen anggota Mensa (organisasi orang dengan IQ tinggi di Inggris) memiliki tangan kidal. Orang kidal dipaksa untuk menggunakan kedua sisi otak lebih sering, sehingga memungkinkan mereka lebih mudah untuk menangkap informasi atau hal baru. Asal kamu tahu saja, beberapa penemu terkenal di dunia seperti Einstein dan Newton adalah orang-orang kidal.

2. Orang kidal dipercaya memiliki kemampuan multitasking yang membuatnya lebih kreatif merespon rangsangan dari luar

kreatif dan multitasking via www.pexels.com

Karena terlahir unik, orang kidal mengalami beberapa hal yang berbeda dari kebanyakan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Saat kebanyakan orang menggunakan tangan kanan untuk makan, menulis, dan aktivitas lainnya, orang kidal akan melakukannya dengan tangan kiri. Namun beberapa hal membuat mereka harus beradaptasi dan menggunakan tangan kanan karena tuntutan budaya dan moral. Untungnya, mereka memiliki kemampuan otak yang lebih cepat dan ini mempengaruhi adanya kebiasaan multitasking yang dimiliki orang kidal. Otaknya akan terbiasa untuk mengorganisir sehingga lebih terampil mengerjakan sesuatu.

Belum lagi soal pola pikir yang juga berbeda dengan kebanyakan orang. Bisa dibilang orang kidal akan ‘berpikir divergen’, mereka punya sudut pandang yang berbeda serta mampu mengeksplorasi lebih banyak pilihan untuk menyelesaikan masalah ataupun memutuskan sesuatu. Hal ini tentu menjadi poin penting yang menjadi keistimewaan bagi si tangan kidal.

3. Karena punya kelebihan dalam hal kreativitas, peneliti mengatakan bahwa orang kidal cocok menjadi seniman

cocok jadi seniman via www.tlc.com

Saking kreatifnya, banyak peneliti menilai si tangan kidal ini sangat cocok menjadi seniman. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychology melaporkan, orang kidal cenderung memiliki metode berpikir yang ajaib dan mampu memecahkan masalah dengan caranya sendiri. Seniman terkenal seperti Leonardo Da Vinci dan Michaelangelo juga bertangan kidal. Meski begitu, peneliti menilai selain menjadi seniman, orang kidal juga mampu membuat karya musik, mahir di bidang olahraga bahkan di bidang teknologi informasi.

4. Benar, orang-orang bertangan kidal punya keuntungan dalam bidang olahraga, khususnya tenis, tinju dan baseball

bagus di bidang olahraga tenis via www.healthyyounow.com

Keuntungan di sini bukan tanpa alasan, orang bertangan kidal akan selalu berlatih untuk menghadapi lawan bertangan kanan. Untuk bisa menyeimbangkan kemampuan lawan, nggak jarang orang kidal melatih tangan kanannya juga untuk beraksi. Saat orang kidal kebetulan berhadapan dengan lawan yang sama-sama kidal, mereka nggak akan kesulitan untuk mengimbanginya.

Sebagian besar pemain baseball mampu menggunakan kedua tangannya dalam suatu pertandingan. Mulai dari memakai sarung tangan hingga melempar bola dominan menggunakan tangan kiri. Bahkan beberapa pemain baseball yang kidal memiliki sarung tangan khusus untuk tangan kirinya. Inilah sebabnya orang kidal juga dijuluki ‘southpaws’ yang lahir dari penggambaran pengumpan bola kidal. Selain baseball, tenis juga menjadi cabang olahraga yang menguntungkan bagi si tangan kidal. Rafael Nadal misalnya, ia adalah jagoan tenis dunia yang juga pemilik tangan kidal.

5. Orang-orang kidal bahkan memiliki hari untuk merayakan keunikan mereka sendiri yang jatuh tiap tanggal 13 Agustus

Hari Orang Kidal Sedunia via www.bbc.com

Adalah International Left Handers Day atau Hari Orang Kidal Sedunia, peringatan yang dicanangkan sejak tahun 1996 untuk merayakan keunikan yang dimiliki oleh orang kidal di seluruh dunia. Namun, perayaan tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat di Indonesia mengingat jumlah orang kidal di dunia hanya 10 persen dari seluruh populasi manusia di dunia. Dan di Indonesia nggak mencapai 10 persen populasi orang kidal yang ada.

Dalam perayaan tersebut, orang kidal menyatakan diri sebagai individu yang unik, bukan aneh. Keunikan yang mereka miliki ini melahirkan kelebihan-kelebihan tersendiri, diantaranya memiliki otak yang lebih terstruktur sehingga kemampuan intelegensinya di atas rata-rata. Bukan hanya itu, mereka juga mensyukuri keunggulannya di bidang seni, linguistik, olahraga, dan lain sebagainya.

Terlepas dari kelebihan-kelebihan yang orang kidal miliki, sudah sepantasnya kamu (sebagai orang kidal) bersyukur atas anugrah yang sudah diberikan oleh sang pencipta. Jangan anggap dirimu lemah, tapi juga jangan merendahkan orang lain yang nggak seunik dirimu. Bahkan tokoh-tokoh terkenal seperti Napoleon Bonaparte, Bill Gates, Oprah Winfrey, Obama, dan Jimi Hendrix juga tetap menghargai orang lain meski mereka adalah juga pemilik tangan kidal dengan prestasi membanggakan di masing-masing bidangnya. Menjadi orang kidal bukanlah halangan untuk terus melakukan yang terbaik di hidupmu, sadarilah bahwa kamu istimewa. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya