Jangan Menikah Hanya Karena Sudah Diburu Usia, Karena Nikah Tak Semudah Kelihatannya

Perkara “kapan nikah?” sepertinya jadi topik yang tak ada habisnya jika dibicarakan. Khususnya buat kamu yang sudah masuk usia 20-an ke atas. Rasa-rasanya, semesta seperti bersekongkol hingga membuatmu merasa berdosa kalau-kalau sudah umurnya tapi belum menikah juga.

Advertisement

Padahal, kita perlu kembali merefleksi dan bertanya pada diri sendiri. Apa iya kita harus nikah kalau cuma alasan sudah umurnya? Bukankah sebenarnya banyak hal-hal penting yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan masak-masak? Yang pasti, nikah itu bukan wajib belajar, jadi menikahlah tanpa merasa dikejar-kejar oleh usia…

“Eh Ndin, kemaren gue ketemu lagi sama Nina”

“Nina yang mantan lu pas SMA itu?”

“Iya. Dia juga masih sendiri, dan merasa perlu menikah.”

“(((Perlu menikah))) Lalu maksudmu?”

“Aku juga bilang aku cari istri, dia cari suami, pas kan? Dia juga mau kok. Bulan depan aku lamar ke rumahnya.”

Menikah emang kebutuhan, katakanlah untuk mendapat keturunan. Tapi tolong jangan lakukan itu hanya karena paksaan.

harusnya menikah itu bikin bahagia, bukan begini.

Harusnya menikah itu bikin bahagia, bukan begini. via static1.1.sqspcdn.com

Dari ilustrasi di atas, boleh jadi kita beranggapan mereka sengaja dipertemukan karena memang jodoh. Tapi dari sudut pandang lain, kebetulan keduanya sama-sama sendiri, sama-sama terusik dengan omongan orang di sekitar, dan akhirnya memutuskan bersama karena depresi.

Advertisement

Dua minggu pasca lamaran

“Ndin, si Nina nggak berubah tau nggak sih kelakuan buruknya sejak jaman SMA dulu.”

“Hah? Lha lu main lamar aja. Keburu sih, nikah kok kaya dikejar anjing. Terus, nyesel?”

“Ya gimana, takut abis ini malah nggak nemu perempuan lagi.”

“Astaga.”

Konsensus. Ya, begitulah yang terjadi pada masyarakat kita, Indonesia. Dengan sengaja membicarakan apapun tentang orang lain di belakang. Termasuk ketika-menurut-masyarakat, usianya sudah masuk usia menikah, namun belum juga ada tanda-tanda menuju kesana. Jangankan tanda-tanda, pasangan aja ndak punya.

Peduli amat sama orang lain. Iya sih kita hidup bermasyarakat, tapi dengan atau tanpa menikah, hidup kita masih terus berjalan kok!

Advertisement
kata siapa belum menikah bikin kehidupan kita berantakan?

kata siapa belum menikah bikin kehidupan kita berantakan? via static.oprah.com

“Eh, lu tau si Winda anak keduanya pak RT itu nggak?”

“Oiya, tahulah. Umurnya tahun ini sudah masuk kepala 3 kan. Kok dia nggak pernah kelihatan jalan sama cowo sih?”

“Iya ya ampun, cantik padahal. Kasian kalo sampe jadi perawan tua.”

Ya begitu. Namanya ibu-ibu rumpik, kurang kerjaan buk? Menikah bahkan di kitab manapun itu jadi sunnah, bukan kewajiban. Jadi, dengan atau tanpa pernikahan kehidupan juga masih akan tetap berjalan. Bukan, bukan mengajari untuk tak peduli lagi pada ikatan sakral bernama pernikahan. Tapi kan jauh lebih kasian, kalau ikatan itu dilangsungkan terus-terusan tanpa ada cinta yang mendasar? Lebih baik jangan…

Karena menikah itu bukan wajib belajar, jadi jangan lantas kamu merasa terkejar hingga siapa pun yang datang langsung disambar.

nikah bukan wajib belajar buk..Nggak ada batas waktunya

nikah bukan wajib belajar buk..Nggak ada batas waktunya via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Persis seperti ilustrasi pembuka tadi. Tentang ketakutan nantinya tak kan dipertemukan dengan lawan jenis lagi. Akhirnya, pasca dilangsungkannya lamaran atau pernikahan, malah mengeluh kalau kriteria pasangan tak seperti yang diharapkan. Bukan, bukan ngajarin atau nganjurin pacaran juga. Tapi tahapan saling mengenal sebelum menikah itu juga penting, biar nggak ngerasa kaget, apalagi sampai menyesal.

Ada yang bilang, usia 19-21 itu tahapan seseorang memiliki pertanyaan “Gue siapa?”. Selanjutnya di usia 22-24, ketika dia bertanya “Lu siapa?” kepada pasangan atau lawan jenisnya, tahap penjajakan. Nah, setelahnya nih yang rawan bahaya. Katakanlah usia 25-30 atau bahkan lebih, dia bakal bilang “Yuk ah, siapa aja.” Ahhhh…artinya siapapun cewe atau cowo, dengan kata lain lawan jenisnya yang juga tertekan karena omongan orang sekitar untuk menikah karena usia, akan merasa “saling melengkapi” dengan melangsungkan pernikahan. Alangkah sayangnya jika itu terlaksana tanpa dilandasi adanya perasaan.

Menikah itu tentang siap dan mantap, jangan sampai kamu menjalani rumah tangga dengan gagap.

belum bisa ngatur waktumu? yakin mau nikah?

belum bisa ngatur waktumu? yakin mau nikah? via ghk.h-cdn.co

Sebelum menikah, berilah pertanyaan ini kepada dirimu sendiri: Apakah kamu sudah mempersiapkan sebuah momentum sebesar ini ? Apakah kamu sudah membekali diri dengan berbagai ilmu untuk menyongsong sebuah prosesi teramat sakral ini? Jika jawabnya belum, tundalah sekiranya kamu sudah mantap.

Menikah itu bukan tentang siapa yang lebih cepat. Tapi yakinlah, Tuhan sudah pilihkan waktu dan seseorang yang paling tepat. Jangan tergesa lantaran telingamu sudah panas membara, akibat omongan dari para tetangga. Pantaskan dirimu dulu, bukan saja untuk jodohmu kelak, tapi fokuslah memperbaiki diri di hadapanNya.

Jangan gegabah dan beralasan untuk ibadah. Percuma tampan, punya jabatan, dan mapan. Apa artinya kalau kamu nggak nyaman?

Nyaman itu kalau kamu sudah banyangin menua bareng dia

Nyaman itu kalau kamu sudah banyangin menua bareng dia via www.strongmarriagenow.com

“Lu ngapain sih Bi mau nikah cepet? Masih umur 28 ini, cowo pula.”

“Orang tua gue Ndin. Terus kemarin gue ikut pengajian juga, ngerasa kesindir gitu sama omongan ustadznya. Katanya, apalagi yang ditunggu, usia sudah waktunya, jabatan ada, udah mapan pula.”

“Tapi lu ngeluh soal kelakuan buruk calon istri gitu? Aneh!”

“Ya nggak papa, nanti mungkin akan kebiasa. Niatnya kan ibadah bro…”

Ibadah sih ibadah, sekaligus menghindarkan kamu dari yang namanya zinaaah. Tapi itu bukan satu-satunya alasan juga buat kamu buru-buru, hingga lupa mempertimbangkan semua hal matang-matang. Janganlah Bang kamu jadikan anjuran agama sebagai alasan untuk buru-buru menikah. Apalagi kalau sejatinya kamu nge-dumel di belakang soal keburukan-keburukan perempuan yang kamu anggap jodohmu itu. Kamu nggak ingin ketergesaan membuatmu salah memutuskan pilihan kan? Persiapan menikah itu bukan hanya persoalan mendaftar di KUA saja!

Percayalah, perkara menunda pernikahan itu bukan berarti kamu “di situ-situ saja”…

karena seleksi itu sah-sah saja

karena seleksi itu sah-sah saja via www.alphatucana.co.uk

Keinginan untuk berumah tangga itu pasti selalu ada, tapi alasan ini juga nggak bisa kamu gunakan untuk buru-buru cari pasangan lalu nikah. Camkan dibenakmu, nikah itu bukan ikut-ikutan. Nikah itu tentang persiapan. Termasuk siap-siap memilah para calon jodoh.

Jadinya, jangan maksa kalau ternyata pasangan yang kamu anggap jodoh ternyata tidak memiliki klik di perasaan. Tundalah dulu. Pasanganmu sekarang tak selalu jodohmu kelak. Rasakan baik-baik apa “klik” itu benar-benar sudah ada dalam hubungan kalian. Menunda untuk menikah bukan berarti kamu stuck “di situ-situ saja,” kamu cuma nggak ingin kemapanan pun jadi alasan untuk tergesah-gesa.

Jodoh itu perkara waktu kawan, tak usahlah merasa terburu-buru. Tentang siapa yang lebih dulu, misalkan itu adikmu, bukan berarti menjadi masalah besar kan? Hingga kemudian kamupun sembarangan memilih pasangan. Memang tak mudah, mulailah berbenah, dan perbanyak sedekah.

“Menikah itu mudah kok.”

“Iya, menurut lu. Yang susah itu cari JODOHnyaaaaaaa…”

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Rajin menggalau dan (seolah) terluka. Sebab galau dapat menelurkan karya.

112 Comments

  1. Christina Maria Nastiti Wasisto berkata:

    yang paling berat itu permintaan dari orang tua.. gak lepas juga dari pandangan masyarakat sih.. belum lagi kedapetan undangan nikah dari kerabat yang jauuuhh lebih muda dari kita dan kita belum nikah.. cercaan makin menjadi2.. hahaha..

  2. Lie Lingga berkata:

    setuju banget dach!!!!

  3. Carina Emank Maniz berkata:

    betul banget nie…ada kejadian nyata soalnya orang nikah yang buru-buru trus cerai karena mertuanya jahat n suaminya ternyata ga punya ketegasan…. so makanya, yang penting itu fokus menjalani kehidupan dengan lebih baik biar ntar juga dapat pasangan yang baik juga…itu.. 🙂 semua indah pada waktunya kok…

  4. Sunny Huang berkata:

    Yuk buruan join hanya di http://maenpoker .com/?ref=doraemonnzz78
    dengan deposit 20rb free 10rb ( khusus new member )
    dan bonus deposit 10%..
    bonus roll 0.3
    bonus reff 10%
    yukk gan buruan daftar selama promo berlangsung
    nikmati berbagai hadiah lainnya.
    info lebih lanjut :
    PIN BB 5EE6E096
    WA +639055435599

  5. NaeeLa Diana El-Ghazali berkata:

    Wah kesindir bgt ni,,
    Tp gmna y udh tinggal hitungan hari aq mau nikah hasil dr perjodohan,,smpai skarang klik j blom ada apa lg rasa nyaman,,
    Cm kaya dh g ada pilihan mundur.
    Jd mhon doa j lah,,wujud dr birrul walidain,,smoga bs jd yg terbaik dunia akhirat.,,Aamiin.

  6. Icha Veronika berkata:

    karena cinta bukan dicari tapi ditumbuhkan ?

  7. Florenzia Liangz berkata:

    SELAMAT SORE

    http://www.GUDANGPKR.com/13 sedang mengadakan event ANGPAO dan festival game akhir tahun.
    yuk gabung bersama kami dan para master lain yang sudah bermain lama di gudangpoker caranya gampang.

    @ Daftar gratis, 1 rekining bisa bikin bermacam ID. bahkan ribuan ID

    @ Bonus bermain referal sebesar 50% tanpa bermain anda tetap menang dari referal. bukan hanya itu potongan meja hanya 2% Seumur Hidup

    @ Gratis chip di berikan setiap hari dengan cara ikuti kuis like and share setiap hari yang di adakan http://www.gudangpkr.com/13

    @ Available play atau dapat bermain di ANDROID dan IOS

    @ Event Angpao Gratis Tukar Point menjadi uang atau chips

    @ MINI GAMES RED N BLACK dan Big Or Small ( bermain minimal chips Rp 2.000 ) yuk !!

    @ Kumpulkan juga poin bermain anda sebanyak – banyaknya dari sekarang.
    kumpulkan sebanyak-banyaknya poin anda di event yang akan datang karna, dan nantikan event kami yang akan datnag berikutnya.

    Segera mainkan tentunya hanya satu satunya poker online terbaik terpercaya
    Memberikan banyak lebih nya dan event menarik untuk setiap hari nya

    http://www.gudangpkr.com/13
    SELAMAT SORE

    http://www.GUDANGPKR.com/13 sedang mengadakan event ANGPAO dan festival game akhir tahun.
    yuk gabung bersama kami dan para master lain yang sudah bermain lama di gudangpoker caranya gampang.

    @ Daftar gratis, 1 rekining bisa bikin bermacam ID. bahkan ribuan ID

    @ Bonus bermain referal sebesar 50% tanpa bermain anda tetap menang dari referal. bukan hanya itu potongan meja hanya 2% Seumur Hidup

    @ Gratis chip di berikan setiap hari dengan cara ikuti kuis like and share setiap hari yang di adakan http://www.gudangpkr.com/13

    @ Available play atau dapat bermain di ANDROID dan IOS

    @ Event Angpao Gratis Tukar Point menjadi uang atau chips

    @ MINI GAMES RED N BLACK dan Big Or Small ( bermain minimal chips Rp 2.000 ) yuk !!

    @ Kumpulkan juga poin bermain anda sebanyak – banyaknya dari sekarang.
    kumpulkan sebanyak-banyaknya poin anda di event yang akan datang karna, dan nantikan event kami yang akan datnag berikutnya.

    Segera mainkan tentunya hanya satu satunya poker online terbaik terpercaya
    Memberikan banyak lebih nya dan event menarik untuk setiap hari nya

    http://www.gudangpkr.com/13

  8. Khansa AbdRahman berkata:

    Nikah memank g harus buruh2 yg penting mampu menjaga diri dr perbutan zina n sejenisnya… tp insyaallah nikah karna niat u ibadah… insyaallah berkah… itu janji Allah…. karna yg menumbuhkn cinta kasih dlm sebuah hububgan itu Allah… lihatlah ketika sofia dinikahi oleh rasulullah sofia bgitu membencix…tp lama kelamaan ada cinta tumbuh diantara mereka… smpe2 sofia bgtu mencintai rasulullah… intix mau cari jodoh pilih yg baik agama n ahlakx… klo yg baik agama n ahlakx.. klo dy tdk mencintaimu maka dy ttp akn memuliakanmu

  9. Febian Rizki berkata:

    Tanya saja kesiapan mental masing2, luruskan niat nikahnya.
    Bukannya jodoh, rejeki dan mati sdh ada yg ngatur?
    Klu mmng jodoh kg lari kemana, jodoh itu unik semakin dicari dan dikejar semakin menjauh tp klu sdh dtng dan mmng sdh waktunya .. Ga ada yg bisa menghalangi.

    Nb: berdua lebih baik drpd sendiri

  10. Arul Craig berkata:

    Kutip "Janganlah Bang kamu jadikan anjuran agama sebagai alasan untuk buru-buru menikah. "

    Hahaaaha mungkin emang beda Keyakinan., atau kurang wawasan Agama. :p

CLOSE