Setiap orang terlahir berbeda, kamu dan mereka jelas punya keunikan tersendiri. Ada yang dianugrahi keindahan fisik, ada yang dianugrahi keindahan akal pikiran dan ada pula yang dianugrahi keindahan hati. Semua diciptakan berbeda oleh sang pencipta untuk saling melengkapi agar bisa bermanfaat bagi sesama. Jangan pernah merasa dirimu kurang ini, kurang itu.

Syukurilah apa yang kamu punya sekarang, kamu nggak harus membandingkan diri dengan orang lain melulu. Kalau begitu terus, kapan kamu bisa percaya diri dan berani menjadi beda? Toh belum tentu juga kamu sanggup menjalani hidup seperti yang mereka punya, kamu hanya nggak tau beban di balik itu semua. Coba pahami beberapa Hal Ini, biar yakin kalau kamu unik dengan caramu sendiri.

1. Membandingkan perjuanganmu selama ini dengan kesempurnaan orang lain yang hanya kamu lihat dari luar itu nggak adil

Jangan terlalu membandingkan diri via Www.pexels.com

Advertisement

Nggak ada hidup Yang sempurna, sama halnya dengan hidup orang lain yang menurutmu serba enak dan serba mudah. Hidupmu pun juga penuh liku dan banyak perjuangan yang harus kamu tempuh untuk bisa sampai di titik sekarang, perjalananmu nggak mudah. Payah sekali rasanya kalau membandingkan hidup yang kamu punya sekarang dengan hidup orang lain yang menurutmu terlihat sempurna.

Padahal kamu hanya belum tahu, kalau di balik kesempurnaan yang kamu lihat juga banyak perjuangan yang mereka tempuh untuk bisa hidup layak dan terlihat sempurna seperti yang terlihat saat ini. Sadarilah, bahwa hidupmu yang penuh perjuangan pun nggak kalah berharganya.

2. Kalau membandingkan dirimu dengan kelebihan orang lain membuatmu termotivasi, boleh saja. Asalkan nggak melunturkan kepercayaandirimu

Hanya untuk jd motivasi bukan untuk melunturkan rasa percaya diri

Ada baiknya melihat kelebihan orang lain sebagai alat untuk memotivasimu agar menjadi lebih baik, tapi jangan sampai membandingkan secara berlebihan sampai akhirnya kepercayaandirimu pun meluntur karena merasa nggak bisa menjadi seperti apa yang orang-orang inginkan atau merasa tak bisa seperti mereka yang kamu bandingkan.

Advertisement

Mungkin sebaiknya kamu hanya sebatas mengagumi dan jangan sampai membandingkan diri, yang malah akan membuatmu merasa minder. Selagi mengagumi orang lain, tanamkan pikiran positif juga bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Kamu memang nggak setampan atau sekaya dia, tapi kamu pasti punya poin tambahan yang nggak dia punya.

3. Jangan pernah merasa penampilanmu nggak keren, karena nyaman dengan diri sendiri itu jauh lebih penting

Yang lenting nyaman via Www.pexels.com

Mungkin selera fashionmu nggak sekeren mereka. Memadupadankan pakaian saja sering kerepotan, bagaimana mau tampil stylish maksimal? Tapi ini bukan tentang sekeren dan semahal apa yang kamu pakai, tapi tentang bagaimana kamu merasa nyaman dengan apa yang dirimu pakai.

Saat kamu sudah merasa nyaman dengan apa yang kamu pakai, yakinlah pasti kamu jadi lebih percaya diri karena merasa nyaman. Buat dirimu senyaman mungkin, dengan begitu kamu jadi bisa mengenali diri sendiri dengan baik.

4. Karena kamu nggak melulu harus sama dengan yang lain dan ikut kekinian, bukankah berbeda itu istimewa?

Berbeda itu istimewa via Www.pexels.com

Meskipun orang lain terlihat indah, bukan berarti kamu harus terlihat sama indahnya dengan dia bukan? Belum tentu juga orang lain sependapat denganmu dalam memandang sesuatu hal. Kalau kamu ingin sama indahnya, kamu hanya akan terlihat biasa saja. Lalu dimana letak keunikanmu kalau bahkan kamu pun terlihat nggak ada bedanya dengan yang lain?

Saat kamu nggak terlihat sama indahnya, bukan berarti kamu buruk dan nggak menyenangkan. Justru itulah letak perbedaannya, kamu punya sisi yang lain untuk dikagumi dan membuatmu terlihat istimewa karena kamu berbeda.

5. Setidaknya dengan tidak terlalu membandingkan diri dengan orang lain adalah bentuk menghargai diri sendiri

Hargai diri sendiri via Www.pexels.com

Semakin kamu membandingkan diri dengan orang lain, maka kamu pun akan merasa seperti remah-remah rengginang dan nggak ada apa-apanya dengan mereka yang kamu bandingkan itu. Padahal kamu pun juga punya kelebihan yang membuat orang lain terkagum juga, hanya saja kamu yang terlalu fokus membandingkan diri dengan orang lain sampai lupa kelebihan sendiri.

Tidak terlalu membandingkan diri dengan orang lain adalah cara untuk menghargai dirimu, karena kamu tau sejauh apa batas dirimu mampu melakukan hal yang terbaik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya